Sukses

7 Alasan Medis di Balik Keringat Berlebihan, Wajib Waspada

Berkeringat terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat mengindikasikan masalah medis.

Liputan6.com, Jakarta Berkeringat merupakan ciri metabolisme tubuh berjalan normal. Berkeringat adalah respons alami terhadap kondisi tertentu, seperti cuaca hangat, aktivitas fisik, stres, dan perasaan takut atau marah. Saat berolahraga berkeringat merupakan hal biasa. Namun, keringat yang menetes pada aktivitas biasa di kantor atau makan siang bersama keluarga, merupakan tanda keringat berlebihan.

Berkeringat terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat mengindikasikan masalah medis. Berkeringat bersamaan dengan gejala lain juga dapat mengindikasikan kondisi kesehatan tertentu. Keringat berlebih dapat dijelaskan dalam pandangan medis. Kondisi ini dapat menandakan sebuah gangguan kesehatan tertentu.

Maka dari itu penting untuk mengetahui alasan mengalami keringat berlebih. Agar lebih waspada, berikut alasan medis keringat berlebih yang berhasil Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, Rabu(15/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Alasan umum keringat berlebih

Keringat yang keluar pada tubuh bukanlah hal yang buruk. Ini adalah proses yang sepenuhnya normal yang membantu mengatur suhu inti Anda. Saat tubuh Anda memanas, ia mengeluarkan keringat melalui kulit. Saat keringat menguap, ia mendinginkan tubuh Anda, jelas Dr. Debra Jaliman MD, asisten profesor dermatologi di Fakultas Kedokteran Icahn di Mount Sinai New York City.

Semakin panas tubuh, karena hari sangat cerah, berolahraga, atau di bawah tekanan stres, semakin banyak pula Anda berkeringat. Saraf juga dapat memicu produksi keringat, itulah sebabnya Anda mungkin merasa telapak tangan Anda terasa basah saat Anda sedang wawancara kerja atau kencan pertama.

3 dari 6 halaman

Seberapa jauh berkeringat dikatakan normal?

Orang berkeringat dalam jumlah berbeda, tergantung pada DNA mereka. “Gen Anda menentukan berapa banyak kelenjar keringat yang Anda miliki. Kebanyakan orang memiliki antara dua dan empat juta, ”kata Dr. Jaliman. Tapi ketahuilah, memiliki lebih banyak kelenjar keringat bukanlah hal buruk. Orang-orang dengan kelenjar keringat lebih sedikit bisa menghasilkan kelembaban yang sama banyaknya dengan kelenjar yang lebih banyak.

Jika Anda tinggal di daerah panas atau banyak berolahraga, Anda akan lebih banyak berkeringat daripada seseorang yang perlu memakai sweater bahkan di musim panas. Keringat yang tidak normal adalah keringat yang keluar pada waktu dan keadaan biasa seperti berada di ruangan yang tidak panas, tidak melakukan aktivitas berat atau bahkan saat tidur.

4 dari 6 halaman

Penyebab keringat berlebih

1. Obat

Menurut Mayo Clinic, beberapa obat, termasuk antibiotik tertentu, beberapa obat tekanan darah, beberapa obat psikiatris, dan bahkan suplemen OTC dapat menyebabkan Anda berkeringat ketika Anda tidak melakukan aktivitas berat.

2. Tiroid yang hiperaktif

Menurut American Thyroid Association, jika kelenjar kecil berbentuk kupu-kupu di leher Anda ini memproduksi hormon tiroksin tingkat tinggi, metabolisme Anda akan meningkat, membuat Anda merasa panas setiap saat.

3. Makanan

Berkeringat mungkin merupakan respons terhadap makanan yang Anda makan juga. Jenis keringat ini disebut keringat gustatory. Itu dapat diprovokasi oleh makanan pedas, minuman berkafein, termasuk soda, kopi, dan teh dan minuman beralkohol.

4. Menopause

Fluktuasi hormon yang berhubungan dengan menopause juga dapat memicu keringat. Wanita menopause sering mengalami keringat malam dan berkeringat saat hot flashes.

5 dari 6 halaman

Penyebab keringat berlebih

5. Emosi dan stres

Emosi dan kondisi berikut ini juga bisa membuat Anda berkeringat. Kondisi emosi dapat meliputi marah, takut, rasa malu, kegelisahan, dan stres emosional.

6. Penyakit kronis

Penyakit jantung, paru-paru dan beberapa jenis kanker mungkin juga menjadi penyebabnya, lapor Mayo Clinic, tetapi Dr. Jaliman mencatat bahwa jika salah satu dari kondisi ini menyebabkan keringat berlebih, Anda lebih cenderung memperhatikan gejala lain terlebih dahulu.

7. Hyperhidrosis

Diagnosis medis yang paling umum untuk keringat berlebih adalah hiperhidrosis. Kondisi ini merupakan disfungsi pada sistem saraf pusat yang menyebabkan tubuh menghasilkan apa yang terasa seperti kucuran keringat. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Dermatology Journal, sekitar 15 juta orang menderita kondisi ini, itu biasanya mempengaruhi tangan, kaki, ketiak, dan wajah. Stres dan kegugupan dapat memperburuk masalah.

Bagaimana Anda tahu jika Anda memiliki hiperhidrosis? "Jika Anda berjabat tangan dengan orang lain dan tangan Anda basah, itu berlebihan," kata Dr. Jaliman. “Pasien yang memiliki hiperhidrosis memberi tahu saya kaki mereka berkeringat, bahwa antiperspirant tidak bekerja, dan itu mempengaruhi rutinitas sehari-hari mereka. Itu tidak dibayangkan. "

6 dari 6 halaman

Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi keringat berlebih?

Jumlah keringat yang normal biasanya tidak memerlukan perawatan medis. Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk membuat diri Anda lebih nyaman dan meminimalkan keringat Anda:

- Kenakan beberapa lapis pakaian tipis yang memungkinkan kulit Anda bernapas.

- Lepaskan lapisan pakaian saat tubuh memanas.

- Ganti pakaian yang berkeringat untuk mengurangi risiko infeksi bakteri atau virus.

- Minumlah air atau minuman olahraga untuk menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang dari keringat.

- Oleskan antiperspiran atau deodoran ketiak untuk mengurangi bau dan mengontrol keringat.

- Hindari makanan yang meningkatkan keringat Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini