Sukses

Tak Hanya Dikonsumsi, Ini 7 Manfaat Bawang Merah untuk Kehidupan Sehari-hari

Tak hanya untuk keperluan dapur, bawang dapat digunakan sebagai kebutuhan lain

Liputan6.com, Jakarta Bawang merah biasa digunakan sebagai penyedap andalan berbagai hidangan. Bawang merah biasa digunakan sebagai campuran bumbu atau lauk.

Biasanya bawang merah direbus, digoreng, tumis, atau dimakan mentah. Rasanya berkisar dari ringan dan manis hingga tajam dan pedas, tergantung pada varietas.

Bawang merah memiliki beberapa manfaat kesehatan, sebagian besar karena tingginya kandungan antioksidan dan senyawa yang mengandung belerang. Bawang merah memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi dan telah dikaitkan dengan pengurangan risiko kanker, menurunkan kadar gula darah, dan meningkatkan kesehatan tulang.

Namun rupanya selain dikonsumsi dalam olahan makanan, bawang merah dapat bermanfaat untuk hal lain. Tak hanya untuk keperluan dapur, bawang dapat digunakan sebagai kebutuhan rumah lain mulai dari mengobati luka hingga menghilangkan bau tertentu.

Berikut manfaat bawang merah untuk keperluan sehari-hari yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (15/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Hilangkan karat dan bau cat baru

Cat baru

Warna cat baru di kamar tidur Anda tampak hebat, tetapi baunya membuat Anda terjaga sepanjang malam. Apa yang dapat dilakukan?

Tempatkan setengah potongan bawang merah di piring di satu sisi ruangan, dan setengah lainnya di sisi lain ruangan. Ini akan menyerap bau cat dalam beberapa jam.

Karat

Lupakan menggunakan wol baja atau bahan kimia keras. Ada cara mudah menghilangkan karat dari pisau dapur atau alat logam Anda. Gosokkan bawang pada permukaan berkarat hingga karat luruh dan bilas dengan air. Komponen bawang yang sama yang memberikan rasa tajam akan membantu melonggarkan kotoran dan sisa makanan.

3 dari 8 halaman

Mengusir nyamuk

Nyamuk di dalam rumah cukup menganggu ketenangan. Apa lagi nyamuk merupakan salah satu pembawa penyakit seperti DBD dan malaria. Gigitan nyamuk akan meninggalkan bekas-bekas yang gatal menyebalkan.

Meskipun Anda dapat menggunakan anti nyamuk seperti losion. Bahan kimia di dalamnya diserap melalui kulit dan dapat menyebabkan iritasi kulit.

Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan bawang merah. Ada beberapa opsi berbeda, Anda dapat mengirisnya dan menaruhnya ke dalam mangkuk berisi air, meletakkannya di atas meja atau benda lain di dekat Anda untuk mengusir serangga. Atau Anda dapat menggosokkan bawang langsung ke kulit Anda.

4 dari 8 halaman

Atasi sengatan lebah

Disengat lebah bisa jadi agak menyakitkan. Sementara mengoleskan es ke sengatan dan minum obat penghilang rasa sakit dapat membantu, itu biasanya membutuhkan waktu lebih lama daripada efek positif yang akan Anda terima dengan mengoleskan bawang.

Jika Anda mengalami pertemuan yang tidak menyenangkan dengan seekor lebah, ambil salah satu irisan bawang dan letakkan di area tempat Anda disengat. Trik ini tidak benar-benar mengobati sengatan, namun hanya menghilangkan rasa sakit, jadi jika Anda alergi terhadap lebah atau sengatan serangga lainnya, pastikan untuk mencari perhatian medis sekaligus.

5 dari 8 halaman

Cabut serpihan kayu dari kulit

Jika Anda sering bekerja dengan kayu, Anda tahu betapa menyakitkannya pekerjaan itu, karena Anda pasti akan mendapatkan serpihan menusuk jari atau permukaan kulit lain. Mengeluarkannya bisa sangat menyakitkan, dan karena sering kali sangat kecil, mereka tidak mungkin dilepaskan dengan tangan kosong. Tetapi bawang bisa datang untuk menyelamatkan, karena mereka sangat efektif untuk menghilangkan serpihan-serpihan yang sulit dicabut.

Yang Anda butuhkan untuk obat yang tidak biasa ini adalah bawang dan beberapa selotip. Potong bawang menjadi dua, dan letakkan salah satu bagian di atas area di mana serpihan tertanam di kulit. Gunakan selotip untuk menahan bawang dengan erat di atas area. Biarkan selama sekitar satu jam sebelum dilepas dan erpihan akan terangkat.

6 dari 8 halaman

Meringankan luka bakar dan jerawat

Luka bakar

Ahli pengobatan rumah di The People's Pharmacy mengklaim bahwa jus bawang segar adalah balsem yang sempurna untuk luka bakar segar, dan bahkan akan membantu mencegah lepuh. Kata kuncinya: Segar.

Jerawat

Campur bawang merah, oatmeal, dan madu dalam blender dan oleskan pasta pada bekas jerawat dan jerawat Anda. Solusi Cepat menyarankan untuk mendiamkan masker DIY ini selama sepuluh menit sebelum mencuci wajah Anda. Campuran masker bawang umum lainnya adalah 1 kuning telur, 1 sendok makan minyak zaitun, 2 sendok makan jus bawang, dan 2 sendok makan jus mentimun.

7 dari 8 halaman

Atasi insomnia

Percaya atau tidak, bawang sangat menakjubkan, mereka bahkan dapat membantu menyembuhkan insomnia. Ini jelas yang aneh, tapi pasti berhasil. Cukup potong bawang mentah dan ambil lima hingga sepuluh napas dalam-dalam aroma sesaat sebelum tidur di malam hari.

Untuk hasil yang optimal, masukkan ke dalam stoples kaca atau kantong jenis Ziploc, dan letakkan di samping tempat tidur Anda, hirup aromanya sesaat sebelum Anda ingin tertidur.

8 dari 8 halaman

Tingkatkan mood

Bawang bahkan dapat membuat Anda dalam suasana hati yang lebih baik dan meningkatkan kesehatan mental Anda. Itu karena, ketika mereka dicampur dengan protein yang sudah ada dalam sistem tubuh, komponen belerang mereka berfungsi untuk merangsang produksi asam amino di otak.

Proses ini membantu memastikan berfungsinya sistem saraf sehingga insiden dan gejala stres, depresi, dan masalah mental lainnya pada akhirnya diminimalkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini