Sukses

Ini Cara Meningkatkan Privasi dan Keamanan Instagram Agar Tak Mudah Diretas

Liputan6.com, Jakarta Kaum milenial mana yang tak kenal Instagram. Jejaring sosial ini makin digemari banyak orang. Pada 2018 lalu, Instagram mengklaim telah mengantongi 1 miliar pengguna di seluruh dunia.

Seperti kebanyakan platform media sosial, Instagram bisa menjadi pedang bermata dua. Di satu sisi, menggunakannya adalah cara yang bagus untuk berbagi dan mengekspresikan diri.

Tetapi di sisi lain, ini bisa sama efektifnya dengan kompromi privasi dan keamanan data pribadimu. Untungnya, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk melindungi akun Instagrammu dari sasaran para peretas.

Jika kamu pengguna Instagram, ada baiknya untuk lebih memperhatikan keamanan privasi akunmu. Hal ini untuk meminimalisir peretasan yang merugikan.

Berikut cara meningkatkan privasi dan keamanan Instagram yang berhasil Liputan6.com rangkum dari Smartphone Gadgethacks, Kamis (16/5/2019).

2 dari 7 halaman

Aktifkan Otentikasi Dua Faktor

Salah satu hal termudah yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan keamanan Instagram adalah mengaktifkan otentikasi dua faktor atau Two-Factor Authentication. Langkah ini mengharuskan kamu menambahkan nomor telepon ke akunmu.

Dengan otentikasi dua faktor, kamu akan memerlukan kata sandi dan one-time passcode (OTP) untuk masuk ke akun Instagram. OTP ini dikirimkan ke ponselmu dalam bentuk pesan singkat ketika kamu mencoba masuk. Pada prinsipnya, peretas akan dicegah mengakses akunmu kecuali mereka juga memiliki akses fisik ke ponselmu.

Untuk mengaktifkan otentikasi dua faktor, buka tab profil di aplikasi Instagram, ketuk tombol menu di kanan atas, dan pilih "Pengaturan"/"Settings" di bagian bawah. Lalu, pilih "Privasi dan Keamanan"/ "Privacy and Security," dan pilih "Otentikasi Dua Faktor"/"Two-Factor Authentication."

Ketuk tombol "Mulai"/ "Get Started", lalu geser slide "Pesan Teks"/ "Text Message." Kode akan dikirimkan ke nomor teleponmu melalui pesan teks. Kamu juga dapat memilih untuk mengaktifkan opsi "Aplikasi Otentikasi"/"Authentication App" yang sebenarnya merupakan metode otentikasi dua faktor yang lebih aman.

3 dari 7 halaman

Lihat Aktivitas Akun Sebelumnya

Instagram menyimpan catatan aktivitas akun penting, seperti kata sandi baru, email lain, dan semua info masuk dan keluar. Jika ada perubahan yang dibuat tanpa sepengetahuanmu, di sinilah kamu bisa mengetahuinya.

Untuk mengakses aktivitas sebelumnya, buka pengaturan dalam aplikasi dan pilih "Akses Data" di bawah hasil "Privasi dan Keamanan". Kamu dapat melihat perubahan privasi akun, perubahan kata sandi, login, logout, riwayat pencarian, dan banyak lagi. Jika kamu melihat login yang tidak masuk akal atau aktivitas tidak biasa lainnya, cara terbaik adalah segera mengubah kata sandi.

4 dari 7 halaman

Hentikan Aplikasi Pihak Ketiga dari Mengakses Akunmu

Jika kamu pernah menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memantau siapa yang tidak mengikutimu atau membagikan fotomu pada platform kencan, kamu mungkin juga secara tidak sengaja memberikan informasi akun Instagramu dengan pihak tersebut.

Meskipun tidak semua aplikasi pihak ketiga melakukan ini, mereka memang berpotensi menyukai foto, mengomentari posting, dan mengunggah sesuatu dari akunmu tanpa kamu sadari.

Meskipun kamu berhenti menggunakan aplikasi dan layanan pihak ketiga, mereka masih dapat mengakses akunmu, jadi penting untuk menemukan aplikasi "resmi" ini dan mencabut izin aksesnya.

Cara menghentikan akses aplikasi pihak ketiga ini adalah dengan mengakses https://www.instagram.com/accounts/manage_access/ melalu browser ponsel atau dekstopmu. Setelah itu pilih "Revoke Access" untuk menghentikannya.

5 dari 7 halaman

Hapus Info Kontak Tertentu dari deskripsi akun

Kamu mungkin ingin membagikan informasi seperti nomor telepon dan media sosial di kolom deskripsi akunmu, karena ingin terhubung dengan orang-orang. Namun, tahukah kamu bahwa siapa pun dengan yang menyimpan nomormu atau yang telah menambahkanmu di Facebook dapat dengan mudah menemukan akun Instagrammu?

Mereka dapat dengan mudah melacakmu melalui fitur Find Friends atau Follow Facebook Friends. ika kamu menghapus nomor telepon dan memutuskan tautan Facebookmu dari Instagram, pengguna lain akan kesulitan menemukan akunmu. Berikut caranya:

Hapus nomor telepon:

Instagram –> Profile –>Edit Profile –> Phone (Remove)

Putuskan Tautan Facebook:

Instagram –> Profile –> Menu –>Settings –> Account –>Linked Accounts –> Facebook –>Unlink Account

6 dari 7 halaman

Jadikan Akun Pribadi

Untuk privasi maksimal, sebaiknya atur akun dalam mode private. Akun publik apa pun dapat diakses oleh siapa saja, yang dapat menyebabkan foto dan videomu disalin oleh catfishers dan individu jahat lainnya.

Namun, privasi memang bersifat opsional. Jika akunmu benar-benar akun pribadi, tak ada salahnya untuk mengaturnya menjadi akun pribadi yang hanya dapat diakses oleh orang terdekat.

Masuk ke pengaturan, ketuk "Privasi Akun" di bagian "Privasi dan Keamanan", dan aktifkan "Akun Pribadi." Setelah diaktifkan, hanya mereka yang kamu setujui untuk mengikutimu yang dapat melihat kontenmu.

7 dari 7 halaman

Gunakan Instagram dengan Bijak

Selain solusi teknologi, ada beberapa pilihan pribadi yang dapat kamu buat untuk melindungi informasi pribadi saat ber-Instagram ria. Pertama, ingat bahwa apa pun yang kamu poskan (bahkan dengan akun pribadi) dapat diakses oleh orang lain. Jangan memposting gambar yang mungkin akan kamu sesali di kemudian hari, atau gambar yang mengungkapkan informasi pribadi.

Kedua, ketahuilah bahwa profil Instagrammu tidak perlu diisi sepenuhnya. Jangan mengungkapkan kepada orang lain informasi yang tidak diperlukan. Selain itu manfaatkan fitur blokir pengguna jika kamu menemukan akun mencurigakan atau berbahaya.

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Potret Cantik Aida Noplie, Kekasih Delon yang Berstatus Janda
Artikel Selanjutnya
5 Gaya Pemeran Ipeh Si Entong yang Disebut Mirip Park Shin Hye