Sukses

5 Manfaat Gula Merah untuk Kesehatan, Salah Satunya Redakan Nyeri Haid

Ini manfaat gula merah untuk kesehatan tubuhmu.

Liputan6.com, Jakarta Gula merah merupakan salah satu alternatif pemanis yang biasa digunakan untuk menambah cita rasa di dalam makanan atau minuma. Gula merah ini merupakan salah satu pemanis alami yang cukup populer di Indonesia. Pemanis alami yang terbuat dari nira pohon kelapa.

Nira sendiri merupakan cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon dari keluarga palma seperti kelapa, aren, dan siwalan. Di balik rasa manisnya yang khas ini, ternyata banyak manfaat gula merah yang belum diketahui oleh sebagian orang. Ya, dalam gula merah dipercaya mengandung beberapa nutrisi dan vitamin yang diperlukan tubuh.

Berikut ini, Lipuatn6.com, Kamis (16/5/2019) telah merangkum dari berbagai sumber menganai manfaat gula merah yang ternyata baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, jangan ragu lagi untuk mengganti pemanis makanan atau minuman kamu dengan gula merah ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kandungan Nutrisi yang Terdapat di Gula Merah

Beberapa studi menyebutkan bahwa di dalam gula merah terdapat beberapa kandungan seperti vitamin C, kalium, fosfor, magnesium, kalsium, seng, zat besi, tembaga, beberapa fitonutrien, polifenol, flavonoid, dan anthocyanidin.

Tidak hanya itu, gula merah juga dipercaya mengandung sejumlah nutrisi lain berupa vitamin B inositol yang mempu membantu perasaan dan membuat tubuh lebih kuat serta berstamina.

Nah, dengan beberapa kandungan nutrisi yang terdapat di dalam gula merah ini, maka tidak heran kalau gula merah memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

3 dari 5 halaman

Manfaat Gula Merah untuk Kesehatan Tubuh

Bisa Meredakan Nyeri Haid

Bagi setiap perempuan, setiap bulannya pasti mengalami yang namanya datang bulan atau haid. Tak jarang haid membuat beberapa perempuan mengalami nyeri yang sangat hebat. Nah, untuk meredakan nyeri saat haid, kamu bisa memanfaatkan gula merah ini.

Cara meredakan nyeri haid dengan gula merah adalah dengan mengonsumsi sedikit gula merah utuh lalu dilanjutkan dengan istirahat yang cukup. Perlahan, nyeri karena haid ini akan berkurang.

Agar nyeri haid cepat reda, kamu bisa membuat rambuan dari gula merah dan kunyit. Caranya, parut kunyit dua rimpang, peras, dan campur dengan satu gelas air. Masak air bersamaan dengan 20 gram gula merah hingga mendidih. Tunggu pati dari kunyit mengendap, lalu minum ramuan kunyit dan gula merah ini.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Untuk mendapatkan sistem pencernaan yang sehat, cobalah untuk mengganti gula pasir pada minuman atau makanan sehari-hari dengan gula merah ini. Cara ini cukup membantu kamu untuk mendapatkan sistem pencernaan yang sehat serta terawat. 

4 dari 5 halaman

Bisa Mencegah dan Mengobati Jerawat

Mencegah dan Mengobati Jerawat

Kalau kamu memiliki masalah dengan jerawat yang membandel dan sukar untuk diatasi, kamu bisa memanfaatkan gula merah sebagai masker ataupun mengonsumsinya secara teratur setiap hari.

Beberapa nutrisi yang terkandung di dalam gula merah sangat dipercaya mampu mengatasi dan mencegah munculnya jerawat di wajah ataupun tubuh.

Mencegah Anemia

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kalau gula merah memiliki kandungan zat besi yang baik. Oleh karena itu, gula merah dipercaya mampu mengatasi masalah kurang darah atau anemia.

Kamu bisa mengonsumsi gula merah ini setidaknya 1 gram setiap harinya agar bantu kamu untuk mendapatkan tubuh yang sehat serta jauh dari masalah anemia.

5 dari 5 halaman

Juga Dapat Mencegah Asma

Mencegah Asma

Di beberapa studi menyarankan agar penderita asma mengonsumsi gula merah alami untuk mengatasi sakitnya. Sifat anti alergi yang terdapat di gula merah menjadi salah satu alasan utama mengapa gula merah ini dikatakan bisa mencegah bahkan menyembuhkan penyakit asma.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.