Sukses

Ciri Telur Sudah Tak Layak Konsumsi, Segera Buang Agar Tak Timbulkan Penyakit

Penting untuk memastikan Anda memasak menggunakan telur segar.

Liputan6.com, Jakarta Telur adalah satu dari sekian banyak makanan yang diklasifikasikan sebagai makanan super. Telur kaya akan nutrisi dan protein. Telur berukuran besar mengandung 77 kalori, dengan 6 gram protein berkualitas, 5 gram lemak dan sejumlah karbohidrat.

Sangat penting untuk menyadari bahwa hampir semua nutrisi terkandung dalam kuning telur, sementara putih telur hanya mengandung protein.

Telur biasanya disimpan pada suhu ruang atau di dalam kulkas. Telur yang disimpan di dalam kulkas akan lebih bertahan lama dibanding telur yang berada di suhu ruang. Hal ini yang membuat banyak orang menyimpan telur dalam jangka waktu amat lama di dalam kulkas. Namun jika sudah terlewat lama, telur jadi tak layak dikonsumsi.

Seiring waktu, kualitas telur mulai menurun karena kantong udara di dalamnya semakin besar dan putih telur semakin menipis. Sebelum menyiapkan hidangan telur favorit Anda, penting untuk memastikan Anda memasak dengan telur segar. Jika Anda tidak ingat berapa lama telur tersimpan, ada beberapa cara mengetahui sebuah telur masih layak atau tidak untuk dikonsumsi.

Jika telur sudah tak layak dikonsumsi, segera buang agar makanan Anda tak terkontaminasi bakteri. Berikut cara mengetahui telur yang sudah tak layak konsumsi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (4/6/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Lakukan Tes Penciuman

Tes mengendus adalah metode tertua, paling sederhana dan paling dapat diandalkan untuk mengetahui apakah telur sudah rusak. Jika Anda menemukan bahwa telur Anda sudah melewati tanggal kedaluwarsa, Anda dapat mengetahui apakah telur masih bagus atau tidak dengan mengendus sederhana.

Telur yang sudah busuk akan mengeluarkan bau busuk yang khas, terlepas dari apakah itu mentah atau dimasak. Jika Anda belum tahu saat telur berada dalam cangkang, pecahkan telur di atas piring atau mangkuk yang bersih dan coba hirup aromanya.

Jika ada yang berbau, aduk telur dan cuci mangkuk atau piring dengan air sabun yang panas sebelum digunakan lagi. Jika semuanya berbau normal, artinya tidak ada bau sama sekali, itu pertanda baik bahwa telur masih aman digunakan.

3 dari 5 halaman

Lengkapi Inspeksi Visual

Selain hidung Anda, mata adalah alat yang berharga untuk mengetahui apakah telur masih layak dikonsumsi. Selagi telur masih dalam cangkangnya, periksa apakah cangkangnya tidak pecah, berlendir, atau bertepung.

Kelengketan atau retakan dapat mengindikasikan adanya bakteri, sementara penampilan berbentuk bubuk atau bertepung pada cangkang dapat mengindikasikan jamur. Jika cangkang tampak kering dan tidak rusak, pecahkan telur ke dalam mangkuk atau piring putih bersih sebelum digunakan.

Carilah perubahan warna merah muda, biru, hijau atau hitam di kuning atau putih telur, karena ini dapat menunjukkan pertumbuhan bakteri. Jika Anda melihat ada tanda-tanda perubahan warna, buang telur dan cuci mangkuk dengan air panas bersabun sebelum menguji telur baru.

4 dari 5 halaman

Lakukan Tes Apung

Tes apung adalah salah satu metode yang paling populer untuk memeriksa apakah telur masih layak dikonsumsi. Ini juga merupakan metode umum untuk menentukan usia sel telur yang dibuahi yang berkembang menjadi anak ayam.

Untuk melakukan uji apung, masukkan telur ke dalam mangkuk atau baskom berisi air. Jika telur tenggelam dan bertumpu pada sisinya, itu adalah telur yang sangat segar.

Jika tenggelam tetapi duduk tegak dan terhentak di bagian bawah mangkuk atau cangkir, telur tersebut masih segar. Jika miring ke atas atau bahkan mengapung, telur tersebut sudah lama. Putih telur, atau albumen, menjadi lebih encer dan lebih berair. Kuning telur kehilangan sebagian daya apungnya.

Kulit telur mudah keropos. Saat telur duduk dan menua, udara bergerak ke dalam telur saat air menguap. Seiring pertambahan usia, kantong udara kecil di dalamnya tumbuh lebih besar saat air dilepaskan dan diganti oleh udara. Jika kantong udara menjadi cukup besar, telur bisa melayang.

5 dari 5 halaman

Cara Menyimpan Telur dengan Benar

Meskipun desainnya cerdas, piring telur keramik atau nampan plastik di pintu kulkas bukanlah lokasi yang ideal untuk menyimpan telur segar Anda. Tinggalkan telur yang Anda beli dalam karton tempat Anda membelinya untuk melindungi mereka dari bakteri dan retak, dan letakkan di rak bagian dalam kulkas.

Di pintu lemari es, mereka lebih cenderung retak dengan semua gerakan. Plus, suhu di pintu kulkas tidak konsisten. Anda mengundang pertumbuhan bakteri jika Anda membiarkan telur dalam suhu hangat dan dingin berulang kali.

Sebelum menyimpan karton di lemari es, luangkan waktu sejenak untuk membalik setiap telur sehingga ujung yang menyempit ada di dalam cangkir dan ujung yang lebih lebar mengarah ke atas.

Setiap telur memiliki kantong udara kecil di ujung telur yang paling luas. Ketika Anda menempatkan ujung yang lebih besar (dengan kantong udara) ke atas, Anda membantu memperlambat hilangnya kelembaban dan pertumbuhan kantong udara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.