Sukses

Bersahabat dengan Petir, Pria Ini Dijuluki Superhero Thor di Dunia Nyata

Apakah kamu pernah membayangkan Thor ada di dunia nyata?

Liputan6.com, Jakarta Petir umumnya terjadi pada saat hujan turun atau ketika awan tengah mendung. Menurut batasan fisika, petir adalah lompatan bunga api raksasa antara dua massa dengan medan listrik berbeda. Prinsip dasarnya kira-kira sama dengan lompatan api pada busi. Petir adalah hasil pelepasan muatan listrik di awan.

Untuk para pencinta superhero marvel pasti masih ingat adegan Thor, Groot dan Rocket Raccoon mendarat di Wakanda? Apalagi kedatangan mereka menjadi sangat keren karena ada petir dari palu barunya Thor. Tapi pada kenyataannya petir di dunia nyata adalah peristiwa alam yang sangat ditakuti oleh banyak orang.

Selain karena kilatannya, petir juga memiliki suara yang dahsyat. Di sisi lain, petir juga sangat berbahaya karena jika seseorang tersambar petir, maka badannya akan terbakar. Tapi apakah kamu pernah membayangkan Thor ada di dunia nyata? Hal itu pasti sangatlah mustahil. Tapi tidak dengan pria asal Virgina yang disebut-sebut bersahabat dengan petir seperti Thor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bersahabat dengan Petir

Roy Cleveland Sullivan adalah petugas hutan di Virginia yang disebut ‘berteman’ dengan petir. Roy Cleveland Sullivan lahir 7 februari 1912 dan meninggal 28 September 1983.

Roy adalah seorang pengawal hutan lindung di Shenandoah National Park di Virginia Amerika Serikat. Antara tahun 1942-1977 Roy disambar petir sebanyak 7 kali dan nyawanya selamat. Karena keajaibannya yang dialaminya dia dijuluki sebagai “Human Lightning Conductor” atau “Human Lightning Rod”.

Lebih dari 36 tahun kariernya, Sullivan telah disambar petir tujuh kali dan selamat dalam setiap sambaran. Ketika tersambar untuk pertama kalinya terjadi pada tahun 1942, ia cuma kehilangan kuku di jempol kakinya dan tidak hangus sama sekali. Dua puluh tujuh tahun berlalu, ia tersambar lagi, kali ini oleh sebuah petir hanya menghanguskan alisnya.

Tahun berikutnya, pada tahun 1970, sambaran lain membakar bahu kirinya. Setelah sambaran iru orang-orang mulai memanggilnya Manusia Petir.

Tahun demi tahun berlalu, berkat kilat ia pun masuk Guinness World Record, seperti yang Liputan6.com lansir dari Mental Floss, Jumat (17/5/2019). Dia disebut-sebut bersahabat dengan petir sama seperti superhero Marvel, Thor. Bahkan ini memiliki tanda di tubuhnya seperti petir yang muncul secara alami.

3 dari 3 halaman

Dijadikan Film

Semua kisah Roy yang disambar petir tujuh kali telah didokumentasikan oleh Inspektor hutan lindung Shenandoah National Park, R. Taylor Hoskins dan disahkan oleh beberapa doktor. Roy sendiri menyatakan bahwa pertama kali, dia disambar petir sebenarnya bukan tahun 1942 tetapi jauh sebelumnya.

Ketika dia masih anak kecil, pada saat itu ia membantu ayahnya untuk memotong gandum di lapangan, ketika petir menyambar dan mencederakan dirinya. Tapi karena tidak ada bukti yang menguatkan ceritanya, dia tidak pernah membahas peristiwa itu.

Bagi yang pernah menonton film Curious Case Of Benjamin Button mungkin masih ingat ada adegan 1 watak yang berulangkali bercerita pada Benjamin bahwa dia pernah disambar petir sebanyak 7 kali. Ternyata kisah tentang orang yang disambar petir 7 kali dan tetap hidup itu bukan rekaan semata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.