Sukses

Live Report:PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID II

Unik, Rumah Sakit Ini Gunakan Jersey Bola Untuk Baju Operasi Anak

Liputan6.com, Jakarta Lazimnya, baju operasi di rumah sakit menggunakan kain khusus berwarna hijau yang ditujukan untuk melindungi tubuh saat operasi berlangsung. Selain itu, baju operasi juga harus steril agar tidak terjadi infeksi yang bisa membahayakan jalannya operasi.

Namun, sebuah rumah sakit di Madrid, Spanyol punya cara unik untuk membantu pasiennya lebih santai dan tidak merasa tegang saat operasi.

Ya, Rumah Sakit San Rafael memanfaatkan jersey bola yang tak terpakai untuk digunakan sebagai baju operasi anak. Ketimbang menganggurkan jersey yang tak terpakai, RS San Rafael bekerja sama dengan suatu perusahaan untuk mendaur ulang jersey bola tim di negaranya.

Dalam beberapa jepretan foto, jersey tim Barcelona, Real Madrid and Atletico Madrid terlihat dikenakan sebagai baju operasi pasien anak-anak di rumah sakit tersebut. Melalui proses up-cycling, rumah sakit tersebut membantu melestarikan lingkungan dengan tidak menambah sampah tekstil.

 

2 dari 3 halaman

Pasien anak dapat merasa lebih tenang

Dilansir Liputan6.com dari Daily Mail, Jumat (17/5/2019), RS San Rafael bekerja sama dengan majalah khusus sepakbola bernama Panenka yang juga mengajak We are Xuxa untuk membuat baju operasi anak-anak memanfaatkan jersey bola.

Kampanye tersebut mengusung konsep Las Batas Mas Fuertas atau dalam bahasa Indonesia berarti 'baju operasi paling keren'. Tujuan di balik kampanye tersebut adalah untuk mengganti baju operasi yang identik dengan warna hijau dengan jersey bola agar terlihat lebih sumringah.

Dengan demikian, para pasien anak dapat merasa lebih tenang sehingga mereka tak perlu tinggal terlalu lama di rumah sakit. Dalam sebuah video promosi yang dibagikan RS San Rafael, kampanye tersebut ditujukan untuk membantu anak-anak menghadapi 'pertandingan paling berat'.

"Penyakit adalah musuh yang menakutkan. Tapi kamu bisa mengalahkannya." kutip Liputan6.com dari video promosi tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Jersey bola bisa bantu mempercepat proses penyembuhan pasien anak

Para perawat di rumah sakit juga mendukung adanya kampanye tersebut. Menurut mereka, ide menggunakan jersey bola sebagai baju operasi dapat membuat pasien anak sembuh lebih cepat.

"Kondisi pikiran dapat mempengaruhi perkembangan anak, yang berdampak pada seberapa lama mereka akan dirawat di rumah sakit." Ungkap salah seorang perawat.

"Pakaian punya efek khusus pada tiap individu. Salah satunya jersey bola ini yang bisa mengurangi stres sehingga bisa membuat mereka meninggalkan rumah sakit lebih cepat. Ini karena jersey bola tersebut bisa meningkatkan mood dan pertahanan diri serta membantu tubuh sembuh lebih cepat." Imbuhnya.

Las Batas Mas Fuertas kini sedang mencari lebih banyak rumah sakit untuk menerapkan jersey bola sebagai baju operasi anak. Sementara itu, jersey bola khusus operasi akan segera dipublikasikan mulai bulan Juni mendatang.

Loading
Artikel Selanjutnya
Unik, Para Relawan Ini Pakai Elang untuk Pantau Iklim di Tiga Negara
Artikel Selanjutnya
6 Tata Tertib di Toilet Ini Nyeleneh Banget, Bikin Geleng Kepala