Sukses

6 Tanda Kamu Kurang Makan Sayur, Salah Satunya Jadi Pelupa

Liputan6.com, Jakarta Mungkin kamu selama ini sudah merasa cukup dalam mengonsumsi sayur. Namun jangan merasa puas terlebih dahulu jika kamu telah mengonsumsi sayur. Sebenarnya ada takaran tersendiri untuk jumlah konsumsi sayur yang tubuh kamu butuhkan. Menurut pedoman diet dari USDA, merekomendasikan bahwa untuk orang dewasa sebaiknya mengonsumsi lima dari 13 buah dan sayuran per harinya.

Tentunya hal ini juga disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, aktivitas fisik, dan kesehatan secara keseluruhan yang kamu miliki. Kamu harus memenuhi kebutuhan sayur secara cukup. Jika tidak, maka akan mempengaruhi kesehatan tubuh kamu. Berikut ini ada beberapa tanda saat tubuh kamu tidak mendapatkan asupan sayur secara cukup.

Kali ini Liputan6.com, Selasa (4/6/2019) telah merangkumnya dari Reader’s Digest, beberapa tanda yang bakal kamu alami saat tubuhmu kekurangan nutrisi dari sayur.

2 dari 6 halaman

Mudah Merasakan Memar Pada Tubuh

Saat tubuh kamu kekurangan nutrisi dari sayur, maka salah satu tanda yang terjadi adalah mudah mendapatkan atau terjadi memar pada tubuh kamu. Ya, kalau kamu hanya mengonsumsi vitamin C terlau sedikit, maka memar dapat dengan mudah muncul pada tubuh.

Selain itu, meningkatnya pendarahan di sekitar gusi dan juga sulit dalam proses penyembuhannya. Untuk itu, cukupi konsumsi nutrsi dari sayur khususnya untuk kebutuhan vitamin C pada paprika merah, kangkung, cabai merah, sayur dengan warna gelap, brokoli, kecambah, dan tomat.

3 dari 6 halaman

Merasa Lelah Setiap Saat

Selain kekurangan vitamin C, kekurangan folat juga bisa menyebabkan kamu mudah kelelahan dan anemia. Kamu bisa memenuhi asupan vitamin B ini pada sayuran yang memiliki daun berwarna gelap. Selain itu bisa juga ditemukan pada aneka kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang merah, asparagus, dan lentil.

4 dari 6 halaman

Mudah Merasakan Dingin

Saat kamu kekurangan nutrisi dari sayur-sayuran, maka tubuh kamu juga akan kekurangan dalam mendapatkan pertahanan untuk melepaskan radikal bebas yang berguna untuk melawan virus. Oleh karena itu, jika kamu sudah mendapati salah satu tanda ini, sebaiknya kamu mulai isi kulkas dengan sayuran yang memiliki warna hijau tua.

Selain itu, kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mempersingkat penyembuhan sakit yang kamu derita.

5 dari 6 halaman

Pelupa hingga Sulit Mengendalikan Stress

Pelupa

Menjadi lupa bisa disebabkan salah satunya oleh bertambahnya usia. Selain itu, penyebab lainnya kamu menjadi cepat lupa karena kurangnya nutrisi. Nah, untuk meningkatkan daya ingat otak, kamu bisa mengonsumsi aneka sayuran seperti wortel, brokoli, jagung, dan tomat.

Kamu bisa menambahkan beberapa atau semua pilihan sayuran tersebut ke dalam menu makanan kamu setiap harinya. Hal ini dapat membantu menjaga kondisi otak kamu secara alami, agar tidak mudah lupa.

Sulit Mengendalikan Stress

Kondisi Stress pada tubuh memang tidak dapat dihindari dalam kehidupan. Salah satu penyebab munculnya stress ternyata bisa dari konsumsi makanan yang dimana secara langsung mempengaruhi respon pada tubuh. Oleh karena itu, jika kamu tidak mengatur pola konsumsi makanan sehat dan mengatur stress, maka kamu akan mengalami peradangan pada tubuh kamu.

Ketika kondisi ini sudah muncul, maka kamu memerlukan makanan yang kaya akan senyawa antiinflamasi seperti asam lemak tak jenuh yang bisa didapatkan dari salmon dan tuna. Selain itu, antioksidan, polifenol, dan karotenoid yang bisa kamu dapatkan dari aneka sayuran hijau dan paprika berwarna cerah. Ini bisa membantu kamu menurunkan tingkat peradangan dalam tubuh dan meningkatkan mental.

6 dari 6 halaman

Rentan Mengalami Kram Otot

Salah satu tanda kalau kamu kekurangan sayur adalah mudah mengalami kram otot. Kram otot biasanya sering terjadi saat kamu melakukan olahraga atau kegiatan lainnya di luar ruangan. Kram otot menandakan kamu kekurangan kalium. Oleh karena itu, untuk mengatasi kondisi seperti ini kamu bisa mengonsumsi satu pisang berukuran sedang.