Sukses

Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Jeruk untuk Membersihkan Perabotan di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak mengenal segudang manfaat dari jeruk? Banyak yang mengenal manfaat jeruk untuk mempercantik kulit, kuku, dan kesehatan tubuh lainnya. Tapi, tahu kah kamu soal manfaat jeruk lainnya yang ternyata bisa untuk membersihkan perabotan di rumah?

Ya, ternyata jeruk juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk membersihkan perabotan di rumah. Apalagi pada bagian kulit jeruk. Oleh karena itu, saat memakan jeruk jangan langsung membuang kulit jeruknya.

Soalnya, ada manfaat kulit jeruk yang ternyata bisa digunakan untuk membersihkan perabotan di rumah kamu. Berikut ini, Liputan6.com, Selasa (4/6/2019) telah merangkum beberapa manfaat jeruk bagi perabotan di rumah kamu. Telah dirangkum dari Reader’s Digest, ini manfaat jeruk untuk perabotan rumah.

2 dari 6 halaman

Menghilangkan Bau pada Saluran Pembuangan

Kamu bisa menghilangkan bau yang kurang sedap pada saluran pembuangan. Ya, kamu cukup manaruh sisa kulit jeruk ke saluran pembuangan untuk mengurangi bau yang tidak sedap.

3 dari 6 halaman

Menghilangkan Bau pada Kulkas

Selain mampu menghilangkan bau tidak sedap pada sampah atau saluran pembuangan, kulit jeruk juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau yang menempel di kulkas. Merry Maids, sebuah layanan pembersih rumah, menyarankan untuk menempatkan kulit jeruk yang ditambah dengan garam, kemudian letakkan di dalam kulkas agar tetap segar.

Caranya, potong jeruk menjadi dua bagian. Kemudian ambil daging jeruknya, lalu isi kulitnya dengan garam, dan selipkan saja di setiap rak kulkas kamu.

4 dari 6 halaman

Cairan Pembersih Alami

Kamu bisa membuat cairan pembersih dari bahan alami dengan menggunakan jeruk dan cuka. Caranya, gunakan sebanyak mungkin bagian atau sisi putih pada kulit jeruk. Nate Masterson selaku kepala pengembangan produk alami, mengatakan bahwa cara ini bisa dilakukan untuk membuat pembersih alami.

Setelah mendapatkan bagian kulit putih dari kulit jeruk, masukkan ke dalam toples yang berisikan cuka selama dua minggu. Kocok wadahnya sekali sehari. Setelah dua minggu, saring cairan ke dalam wadah lainnya.

Cairan pembersih alami ini mampu membunuh kuman dengan aman dan efektif. Ini juga merupakan cara hebat untuk tidak menggunakan bahan kimia untuk membersihkan perabotan di rumah.

5 dari 6 halaman

Menjadi Penyegar Ruangan

Kamu juga bisa membuat pengharum atau penyegar ruangan dari bahan alami dengan menggunakan kulit jeruk. Caranya, kamu hanya perlu merebus kulit jeruk dengan mencampurkannya dengan rempah-rempah seperti kayu manis dan cengkeh. Ini merupakan cara terbaik untuk membuat pengharum atau aroma ruangan di rumah kamu menjadi sangat nyaman.

6 dari 6 halaman

Mampu Membersihkan Kotoran yang Membandel

Kamu bisa menggunakan sari dari jeruk untuk membersihkan noda lengket yang membandel. Minyak alami jeruk ini merupakan pembersih yang sangat ampuh. Minyak yang terdapat di dalam jeruk ini mampu memberi kemudahan untuk membersihkan kotoran yang membandel.

Loading
Artikel Selanjutnya
12 Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan, Mulai dari Diet hingga Wajah