Sukses

6 Kesalahan Saat Membersihkan Layar Handphone Ini Jarang Diperhatikan

Hindari kesalahan membersihkan layar handphone agar gadgetmu awet.

Liputan6.com, Jakarta Di zaman serba modern ini, hampir semua orang telah menggunakan alat komunikasi telepon genggam untuk memudahkan berkomunikasi. Telepon genggam atau handphone, kerap kali dijadikan senyata utama dalam melakukan segala hal. Ya, segala aktivitas dapat terselesaikan dengan baik berkat kehadiran handphone ini.

Sering digunakan dalam berbagai kegiatan, kerap membuat handphone terkena paparan noda atau kotoran. Apalagi bagi kamu yang memiliki handphone dengan layar yang super besar atau tanpa ada tombol keyword di sana. Membuat layar handphone menjadi mudah kotor karena sering dipegang atau digunakan.

Saat layar handphone kamu kotor, lazimnya orang-orang akan menggunakan benda-benda di sekitar untuk membersihkannya. Dalam membersihkan layar handphone yang kotor ini, sebagian orang biasanya tidak memperhatikan benda apa mereka gunakan untuk membersihkannya. Padahal kamu tidak bisa sembarangan untuk membersihkan layar handphone-mu ini.

Soalnya, benda-benda yang biasa kamu gunakan untuk membersihkan layar handphone tersebut dapat menimbulkan kerusakan. Nah, agar kamu tak mengulangi kesalahan yang sama, berikut ini Liputan6.com, sabtu (18/5/2019) telah mengulas dari berbagai sumber beberapa kesalahan kamu saat membersihkan layar handphone.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alkohol dan Tisu Basah

Alkohol

Saat ingin membersihkan sesuatu, alkohol kerap menjadi satu pilihan yang paling sering digunakan. Tapi, jangan pernah lakukan hal ini untuk membersihkan layar handphone-mu. Ternyata, cairan tersebut sangat berbahaya bagi layar handphone karena bisa mempercepat pengikisan pelindung layar handphone. Selain itu, alkohol juga bisa meninggalkan bekas noda di layar.

Tisu Basah

Di dalam tisu basah terdapat zat disinfektan berupa alkohol yang berfungsi untuk membunuh kuman. Efeknya sama dengan alkohol dalam botol, bisa merusak lapisan layar handphone kamu.

3 dari 4 halaman

Tisu Toilet dan Cairan Pembersih Makeup

Tisu Toilet

Banyak yang mengira kalau membersihkan layar handphone dengan tisu toilet adalah cara terbaik. Padahal, tekstur dari tisu toilet ini umumnya sedikit kasar. Memang, teksturnya tidak terlalu terasa di kulit kamu, namun kasarnya dari tisu toilet ini bisa memberikan goresan-goresan tipis di layar handphone kamu.

Pembersih Makeup

Pembersih makeup memang ramah untuk kulit kita. Tapi bukan berarti cairan dari pembersih makeup ini baik digunakan untuk membersihkan layar handphone kamu, ya. Tak jarang pemilik handphone kerap membersihkan layar handphone-nya dengan cairan pembersih makeup. Padahal cara ini kurang baik untuk kondisi layar handphone mu. Cairan pembersih makeup pada umumnya memiliki kandungan zat yang bisa merusak layar elektronik.

4 dari 4 halaman

Cuka dan Sabun Cuci Tangan

Sabun Cuci Tangan atau Pakaian

Penggunaan sabun cuci tangan atau pakaian kerap menggunakan air, bukan? Nah, oleh karena itu kamu jangan pernah sekali-kali untuk mencoba membersihkan layar smartphone yang kotor dengan cara ini. Apalagi jika handphone kamu tak anti air.

Selain airnya, busa yang keluar dari sabun ini juga bisa menyebabkan kerak pada layar. Hal ini bisa merusak material pada handphone kamu. Nah, busa dari sabun inilah yang membuat bagian dalam handphone kamu menjadi berkarat.

Cuka

Cuka kerap dijadikan bahan pembersih elektronik yang ampuh. Salah satunya adalah efektif untuk membuat menjadikan layar handphone menjadi lebih bersih dan mengkilap. Tenyata hal itu salah. Cuka bisa menghilangkan lapisan anti-minyak yang terdapat di layar handphone kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini