Sukses

Robot Canggih Ini Digerakkan Oleh Pikiran, Begini Simulasinya

Robot canggih yang dikendalikan oleh pikiran manusia.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini, dunia sedang menghadapi era globalisasi. Masyarakat dunia terus berkembang dan menghadapi berbagai tantangan. Salah satunya adalah perkembangan teknologi. 

Ada beragam penemuan terbaru dalam bidang teknologi. Seperti terciptanya robot-robot yang akan membantu pekerjaan manusia. Di beberapa negara, para peniliti berlomba untuk menciptakan robot yang unik dengan berbagai model yang bertujuan untuk membantu pekerjaan manusia. Salah satu negara yang turut mengembangkan teknologi robot adalah Jepang.

Di Jepang ada sebuah penelitian yang menciptakan dan mengembangkan robot yang dapat dikendalikan dengan otak manusia. Penelitian ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan produktivitas bagi setiap orang. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Simulasi Robot Canggih 'Brain-controlled'

 

Dilansir dari Mashable oleh Liputan6.com, Minggu (19/5/2019) seorang peneliti asal Jepang mencoba menciptakan sebuah robot canggih. Tak seperti robot lainnya yang dikendalikan oleh remot, robot ini dikendalikan melalui pikiran manusia. 

Robot yang diberi nama Brain-controlled Robotic Arm ini memiliki model sebuah tangan yang dapat bergerak sesuai dengan pikiran otak manusia. Simulasinya, sebuah pelindung kepala yang mirip helm digunakan oleh manusia. Alat tersebut juga terhubung dengan sebuah robot tangan. 

Cukup dengan memikirkan gerakan, tangan robot itu akan bergerak sesuai dengan apa yang dipikirkan oleh orang tersebut. Tes simulasi ini dilakukan dengan cara seorang wanita yang disibukkan sedang mengetik, lalu menggerakkan tangan robot itu untuk mengulurkan sebotol minuman. 

Tes smilasi robot ini dilakukan oleh 15 orang, di mana 8 orang berhasil menggunakan robot ini untuk menggenggam sebuah botol minuman. Penelitian tersebut dilakukan oleh Advanced Telecommunications Research Institute di Jepang yang dipimpin oleh Dr. Shuichi Nishio.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini