Sukses

7 Kebiasaan Buruk Ini Tak Disadari Bisa Membuat Laptop Cepat Rusak

Liputan6.com, Jakarta Pada zaman yang serba digital ini laptop sudah menjadi kebutuhan utama selain smartphone. Peran buku catatan dan pulpen seakan sudah digantikan. Laptop sangat penting fungsinya untuk pelajar ataupun pekerja.

Semua pekerjaan atau pelajaran sudah menggunakan laptop sekarang ini. Bahkan mungkin semua pekerja dan sebagian pelajar sudah memiliki laptop pribadi masing-masing untuk berbagai keperluannya.

Oleh karena itu, laptop yang memiliki kegunaanya yang begitu penting dalam kehidupan harus dijaga agar selalu berfungsi sebagaimana mestinya. Jangan sampai kamu menelantarkannya hingga akhirnya rusak hanya karena kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan.

Nah, tanpa kamu sadari ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa membuat laptop cepat rusak lho. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (18/5/2019) tentang kebiasaan buruk yang membuat laptop cepat rusak

2 dari 4 halaman

Menutup Laptop Dalam Keadaan Hidup dan Tidak Memasang Baterai

1. Menutup Laptop dalam Keadaan Hidup

Kebiasaan satu ini sangat sering ditemui dimana-mana. Tanpa melakukan shut down terlebih dahulu, laptop langsung ditutup dalam keadaan masih hidup. Hal ini bila jadi kebiasaaan buruk yang dapat membuat laptop menjadi cepat rusak. Oleh karena itu, hindarilah langsung menutup laptop saat sudah selesai menggunakannya. Lakukan shut down terlebih dahulu dan tunggu beberapa saat sampai hawa panas laptop agak berkurang. Dengan begini laptop kamu bisa awet dan tetap terjaga.

2. Tidak Memasang Baterai Laptop

Hal ini juga sangat sering dilakukan kebanyakan pengguna laptop. Laptop langsung disambungkan ke listrik dengan chargernya tanpa memasang baterai. Hal ini dapat merusak mainboard laptop dan bahkan bisa menyebabkan loncatan daya listrik tidak teratur sehingga bisa terjadi korsleting. Mungkin kamu bermaksud supaya baterai laptop tetap tahan lama, namun hal ini hanyalah salah kaprah. Laptop akan semakin cepat rusak karena kamu melakukan hal ini.

3 dari 4 halaman

Memangku Laptop dan Menyambungkan Kabel Charge

3. Meletakkan Laptop di Pangkuan atau di Kasur

Satu lagi kebiasaan yang sering ditemui dari pengguna laptop adalah meletakkan laptop di pangkuan atau kasur. Memangku laptop di paha tidak hanya menyebabkan masalah kesehatan terjadi pada kamu, bahkan laptop juga bisa semakin cepat rusak karenanya. Hal ini karena aliran udara di bawah laptop terhambat yang membuat panasnya mengendap. Bahkan panas laptop juga bisa membuat paha kamu terbakar.

Menaruh laptop di kasur atau sofa yang merupakan tempat yang lembut juga bisa menyebabkan laptop cepat rusak. Hal ini disebabkan karena kasur maupun sofa bukanlah benda yang bisa menyerap panas, sehingga juga bisa menyebabkan udara di bawah laptop mengendap. Laptop menjadi cepat panas saat digunakan, bahkan bisa menyebabkan terjadinya overheat pada komponen-komponen laptop. Kerusakan akan cepat terjadi bila kamu terus melakukan kebiasaan buruk ini.

4. Menyambung Kabel Charge ke Laptop Sebelum ke Listrik

Memang masih banyak orang yang bingung manakah yang harus didahulukan, memasang kabel charger ke laptop atau ke listrik dulu. Ternyata kamu harus memasang kabel charger ke listrik terlebih dahulu sebelum menambungkannya ke laptop. Hal ini disebabkan oleh loncatan daya pertama pada colokan listrik tidak stabil, dan bisa menyebabkan motherboard laptop menjadi cepat rusak bila dilakukan secara berulang-ulang kali.

4 dari 4 halaman

Mengangkat Layarnya, Mengisi Daya Sebelum 10%, dan Jarang Membersihkan Laptop

5. Mengangkat Laptop dengan Memegang Layarnya

Kadang kamu juga bisa melihat orang yang sedang terburu-buru mengangkat laptopnya dengan memagang layar. Kebiasaan ini sangat buruk dan membuat laptop menjadi cepat rusak. Walaupun laptop ringan, mengangkat dengan memegang layarnya dapat membuat kondisi engsel dan LCD laptop rusak. Jadi jangan sampai melakukan hal ini.

6. Mengisi Daya Laptop Meski Baterai Tidak Habis

Mengisi daya laptop meski baterai belum habis ternyata bisa membuat laptop cepat rusak juga. Kamu dianjurkan untuk mengisi daya laptop saat baterai mencapai 10 persen, atau saat pemeberitahuan untuk mengisi daya sudah muncul. Jangan biarkan baterai laptop kosong atau langsung mati seketika, namun jangan pula mengisi daya laptop saat baterai masih di atas 30 persen. Hal ini dapat membuat kemampuan baterai dalam menyimpan daya menjadi semakin bekurang dan menjadi lebih cepat rusak. Mengisi daya saat baterai sudah mencapai 10 persen adalah cara yang paling aman agar laptop tidak cepat rusak.

7. Jarang Membersihkan Laptop

Kebersihan laptop ternyata juga sangat penting dalam rangka menjaganya agar tidak cepat rusak. Debu yang menempel pada komponen-komponen laptop dapat mengganggu kinerja laptop jika tidak segera dibersihkan. Jadi sebaiknya kamu rutin membersihkan bagian luar laptop setidaknya seminggu sekali dan membersihkan bagian dalamnya 3 bulan sekali.