Sukses

Konsumsi 5 Buah Ini Saat Sahur, Agar Kenyang Lebih Lama

Liputan6.com, Jakarta Saat menjalankan puasa, salah satu cara untuk mendapatkan sumber energi adalah ketika santap sahur. Soalnya, selama menjalankan puasa kamu harus mencoba untuk menahan rasa lapar, haus, dan juga hawa nafsu lainnya.

Dikarenakan biasanya kamu mengonsumsi makanan tiga kali sehari, maka frekuensi makan kamu saat puasa menjadi berkurang menjadi dua kali saja, yaitu saat buka puasa dan sahur.

Untuk itu, memilih asupan yang tepat saat santap sahur menjadi hal yang perlu diperhatikan. Nah, salah satu sajian yang banyak diminati dan cocok untuk sajian sahur kamu adalah buah-buahan.

Ya, tak hanya nasi berserta lauk-pauknya. Buah dipilih sebagai menu sahur karena bisa membantu kamu untuk merasakan kenyang lebih banyak.

Tapi tidak sembarang buah yang bisa dikonsumsi saat sahur untuk bisa mendapatkan rasa kenyang yang tahan lama. Agar kamu tak salah pilih dan makan buah saat sahur, berikut ini Liputan6.com, Minggu (26/5/2019) telah merangkum lima buah yang bisa kamu konsumsi saat sahur untuk mendapatkan kenyang yang lebih lama.

2 dari 7 halaman

Manfaat Makan Buah Saat Sahur

Memasukkan buah-buahan menjadi salah satu menu santap sahur sangat disarankan, karena pada buah-buahan mengandung gula sederhana, serat, mineral, dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh.

Serat yang terkandung di dalam buah dapat membantu kamu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Serta mengurangi risiko sembelit. Oleh karena itu, mengonsumsi buah setiap hari sangat disarankan.

3 dari 7 halaman

Pisang

Buah pisang memiliki kandungan serat yang tinggi. Satu buah pisang saja mengandung 3,1 gram serat. Oleh karena itu, mengonsumsi pisang saat sahur sangat dianjurkan untuk mendapatkan rasa kenyang yang lebih lama.

Selain mengenyangkan, buah pisang juga sangat praktis sehingga banyak yang menyukai buah ini.

4 dari 7 halaman

Apel

Buah apel juga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, jadi tak heran kalau apel bisa membuat kamu menjadi kenyang lebih lama. Saat mengonsumsi apel, jangan membuang kulitnya. Soalnya, kulit pada apel kaya akan fitokimia yang baik untuk kesehatan tubuh.

5 dari 7 halaman

Pir

Selain apel, buah pir juga sangat disarankan sebagai menu santap sahur. Buah pir juga kaya akan serat dan banyak mengandung air yang baik untuk mencegah dehidrasi.

6 dari 7 halaman

Alpukat

Alpukat juga memberikan rasa kenyang lebih lama setelah mengonsumsinya. Pada alpukat, memiliki kandungan serat sebanayk 13,5 gram. Maka dari itu, menginsumsi alpukat saat sahur sangat dianjurkan untuk mendapatkan rasa kenyang yang lebih lama, karena tingginya kandungan serat. Serat yang sangat lama dicerna inilah yang membuat kenyang kamu lebih lama.

7 dari 7 halaman

Jeruk

Selain itu, jeruk juga bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Kandungan vitamin C pada jeruk sangat baik untuk tubuh kamu. Jeruk membuat kamu menjadi lebih segar dan pastinya lebih sehat.

 

Loading