Sukses

Berwarna Pelangi, Begini Cantiknya Tupai Raksasa di India yang Hampir Punah

Pernah melihat tupai dengan bulu pelangi?

Liputan6.com, Jakarta Tupai masuk dalam golongan mamalia kecil dan kerap disamakan dengan bajing. Padahal secara ilmiah, tupai tidak sama dan jauh kekerabatannya dari keluarga bajing. Ada sekira 278 spesies tupai di seluruh dunia dan hampir ditemukan di setiap benua. Tupai identik memiliki bulu berwarna abu-abu atau kecoklatan. 

Namun tupai yang satu ini terbilang langka karena mempunyai warna cantik bak pelangi. Tupai raksasa malabar (Ratufa indica) mungkin layak dicap sebagai meraknya hewan pengerat. Berbeda dengan sepupunya, tupai abu-abu Timur (Sciurus carolinensis), tupai malabar memiliki mantel bulu pelangi yang terdiri dari warna burgundi, keemasan, merah marun, hingga ungu.

Tupai jenis ini disebut tupai raksasa karena besarnya yang luar biasa daripada jenis tupai pada umumnya. Rupanya ukuran tubuh tupai raksasa India ini dua kali lipat tupai pada umumnya. Tubuhnya bisa tumbuh sampai sepanjang 36 sentimeter, dan ekornya bisa tumbuh sepanjang 60 sentimeter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tertangkap Kamera

Keelokan tupai malabar bisa Anda lihat di bawah ini berkat jepretan kameran fotografer amatir Kaushik Vijayan. "Sampai saat ini, saya belum pernah melihat tupai secantik ini," ujar Vijayan seperti yang Liputan6.com lansir dari The Independent, Selasa (21/5/2019).

"Mereka (tupai malabar) membuat saya terpesona dan saya sangat bersemangat mengabadikan keindahannya dengan kamera ini," imbuh Vijayan. Vijayan bertemu si cantik tupai malabar ketika dia sedang menuju ke daerah Pathanamthitta di India barat daya.

Setelah melihat makhluk cantik itu, Vijayan tidak membuang waktu dan langsung memotretnya kemudian membagikan ke laman instagramnya. Tupai malabar memang memiliki campuran warna mencolok dengan gradasi dramatis yang sangat cantik.

3 dari 3 halaman

Tentang Tupai Malabar

Tupai malabar memiliki julukan shekru. Dia adalah spesies tupai endemik asli dari India. Di India sendiri, orang lebih sering menemukan tupai malabar berwarna krem, cokelat, atau keemasan dibanding yang berwarna kebiruan atau merah keunguan.

Fungsi warna pada mantel bulu tupai malabar kemungkinan besar sama seperti warna bulu pada burung merak, yakni menarik lawan jenis untuk kawin atau untuk kamuflase pantulan cahaya matahari.

Hewan ini sempat dikategorikan sebagai spesies rentan punah 20 tahun lalu. Namun kini habitat dan populasi tupai malabar di semenanjung India berada dalam kondisi cukup baik.

Mereka adalah hewan yang sangat jarang meninggalkan pohon karena di sanalah mereka membangun sarangnya. Dengan ukuran tubuh yang lumayan panjang, mereka bisa melompat dari satu pohon ke pohon lain sejauh enam meter. Namun aktivitas itu kebanyakan terjadi di malam hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.