Sukses

Media Sosial Bikin Mental Terganggu, Ini 7 Cara Mengatasinya

Media sosial terkadang menimbulkan ketidakbahagiaan

Liputan6.com, Jakarta Jika kamu pernah merasa tidak bahagia setelah menelusuri Instagram, Snapchat, atau Facebook, kamu tidak sendirian. Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Social and Clinical Psychology edisi 2018 mengaitkan penggunaan media sosial dan meningkatnya perasaan depresi dan kesepian. 

Ketidakbahagiaan yang dirasakan orang ketika mereka menghabiskan waktu di media sosial sebagian besar berkaitan dengan perbandingan sosial, kata psikolog Melissa G. Hunt, penulis penelitian tersebut.

“Ketika kamu melihat kehidupan orang lain, khususnya di Instagram, mudah untuk menyimpulkan bahwa kehidupan orang lain lebih keren atau lebih baik dari kehidupan kamu,” katanya.

Perbandingan sosial yang dihasilkan dari media sosial ini membuat berbagai gangguan mental bermunculan. Karena perbandingan terprogram, tidak ada cara mudah untuk menghindarinya sepenuhnya.

Namun, ada beberapa cara untuk menghindari dampak negatif mental dari penggunaan media sosial. Berikut cara melindungi mental dari dampak negatif media sosial, dilansir Liputan6.com dari Live Strong, Selasa(21/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Tentukan Pemicu dalam Media Sosial

Langkah pertama untuk menjaga kewarasanmu di media sosial adalah mengetahui apa yang membuat kamu marah atau memicu perbandingan sosial. Saat kamu menggulir, apakah tipe postingan tertentu atau orang tertentu selalu membuatmu merasa minder atau tertekan?

Untuk menunjukkan pengalaman media sosial mana yang paling cocok, cobalah melakukan eksperimen pribadi, kata Sonja Lyubomirsky, Ph.D., seorang profesor psikologi di UC Riverside dan penulis The Myths of Happiness. "Lacak penggunaan dan suasana media sosialmu, dengan fokus khusus pada perasaan harga diri, delapan atau 12 kali per hari."

Menurut rangkaian pemikiran ini, kamu lebih cenderung mengidamkan kehidupan orang lain jika rasanya dapat dicapai. "Ketika kita melihat seorang teman atau kenalan yang tampaknya melakukan jauh lebih baik daripada kita, sulit untuk tidak membiarkan itu mempengaruhi kita secara negatif," ulas Erin Vogel, Ph.D., seorang rekan pascadoktoral di departemen psikiatri di University of California, San Francisco.

3 dari 8 halaman

Berlatih Mindfulness

Setelah kamu mengidentifikasi media sosial mana yang membangkitkan perasaan iri dan minder, kamu dapat menerapkan mindfulness dalam pikiranmu. "Mindfulness adalah teknik hebat untuk menempatkan segala sesuatu ke dalam perspektif dan membantu kita mengatasi efek negatif dari media sosial," kata Vogel.

Dengan latihan ini, kamu dapat belajar untuk mengamati emosi-emosi dengan sadar tanpa tersesat atau terjebak di dalamnya.

Bagaimana melakukannya? Sebagai permulaan, jangan melawan atau menghindari perasaan tidak nyaman. Perhatikan bagaimana perasaan iri di tubuhmu. Apakah rahangmu mengencang? Pipimu memerah? Selain mempelajari tanda-tanda fisik, perhatikan pikiranmu. Apa suara batinmu? Akui pikiran-pikiran ini dari kejauhan seperti penonton yang tidak menghakimi.

Setelah mengenali respons refleks, pikiran dan perasaan negatif yang muncul secara spontan di kepala saat kamu menggulir media sosial, kamu dapat memutus siklus yang tidak disadari. Alih-alih secara pasif mengalami perasaan iri pada suatu hal di media sosial, kamu dapat membuat pilihan sadar untuk melepaskan diri dari itu.

Cobalah bernapas dalam-dalam dan berkata, "Aku mengakui rasa iri ini (tarik napas); Aku melepaskan rasa iri ini (menghembuskan napas)."

4 dari 8 halaman

Pemeriksaan Realitas

Kebanyakan orang tidak berbagi kehidupan epik mereka yang gagal di media sosial. “Orang-orang cenderung menyajikan‘ highlight ’dalam hidup mereka,” kata Vogel. "Jadi, ketika kita membandingkan diri kita dengan orang lain di media sosial, itu bukan perbandingan yang adil."

Bahkan untuk orang yang paling berkepala dingin, sangat mudah untuk melupakan bahwa media sosial adalah versi kehidupan yang menyimpang dan tersaring.

"Untuk pemeriksaan nyata, pertimbangkan umpan Instagrammu sendiri, Apakah itu mencerminkan hidupmu dengan sempurna? Mungkin tidak." kata Mai-Ly Nguyen Steers, Ph.D., seorang mahasiswa pascadoktoral di University of Houston.

Jika postinganmu tidak mewakili gambaran yang benar-benar akurat tentang perjuanganmu sendiri, kemungkinan orang lain juga tidak memberi umpan, katanya.

5 dari 8 halaman

Bingkai ulang perspektif

Sama seperti media sosial menggambarkan realitas yang terdistorsi, pikiranmu yang dihasilkan dari pengguliran juga bisa terdistorsi. Misalnya, ketika temanmu memposting foto anak-anak prasekolahnya yang sopan dan patuh, kamu mungkin langsung menyimpulkan bahwa kamu adalah orangtua yang buruk karena anak-anakmu tidak berperilaku seperti malaikat sepanjang waktu.

Ini adalah apa yang disebut distorsi kognitif yaitu pemikiran atau kepercayaan yang tidak rasional, salah, atau tidak akurat dan itu dapat mengganggu pikiran jika kamu membiarkannya.

Untuk mengatasi pola-pola berpikir korosif ini, Steer menyarankan restrukturisasi kognitif, yaitu mencoba memandang suatu situasi secara berbeda.

6 dari 8 halaman

Fokus pada Apa yang Baik dalam Hidup

Merefleksikan dan berterima kasih atas apa yang positif dalam hidup penting ketika datang untuk menangkal dampak negatif dari media sosial. Sedikit rasa terima kasih banyak membantu, kata Lyubomirsky.

Faktanya, sebuah studi yang ditulis bersama Lyubomirsky tahun 2017 menunjukkan bahwa bersyukur mengurangi stres dan perasaan depresi sambil meningkatkan kepuasan, kesejahteraan, dan motivasi untuk meningkatkan diri secara keseluruhan.

Itu sebabnya kamu harus menghitung berkah yang didapat setiap hari, katanya. Cobalah menulis surat terima kasih kepada teman yang mendukungmu atau membuat jurnal ucapan terima kasih setiap hari.

7 dari 8 halaman

Ubah Kecemburuan Menjadi Motivasi

Pembandingan mungkin merupakan pencuri kegembiraan ketika kamu menilai dirimu sendiri tidak layak untuk dihabisi, tetapi tidak harus begitu. Bahkan, sedikit iri mungkin sesuatu yang kamu butuhkan untuk menendang sasaran peningkatan diri.

Menurut Vogel, "perbandingan sosial paling bermanfaat ketika digunakan sebagai inspirasi." Steer menambahkan: "Dalam beberapa kasus, dapat memotivasi untuk membandingkan dirimu dengan seseorang.

Misalnya, kamu mungkin berada di tim trek dan membandingkan waktu balapan dengan rekan setim lainnya. Dengan melakukannya, kamu termotivasi untuk meningkatkan kinerjamu sendiri. "

Jadi saat kamu merasa iri atau minder, salurkan energi itu ke dalam getaran positif yang akan memacumu menjadi lebih baik.

8 dari 8 halaman

Kembangkan Koneksi Offline dan Online

Terlepas dari bukti yang bertentangan, sangat mungkin untuk membuat interaksi otentik dengan orang lain di media sosial. Terkadang, membiarkanmu lengah dan berbagi ketidaksempurnaanmu bisa menjadi penangkal bagi semua kerusakan mental.

"Jika kamu mengalami sesuatu yang sulit, tidak apa-apa untuk meminta dukungan di media sosial," kata Vogel. “Orang sering menghargai melihat kejujuran dan kerentanan dari jejaring sosial mereka.” Dengan kata lain, ketika kamu menampilkan dirimu dengan cara yang tulus, kamu mendorong orang lain untuk mengikuti dan membuka jalan bagi dialog yang tulus untuk terjadi.

Membentuk hubungan yang lebih bermakna sangat penting untuk mengimbangi efek negatif dari media sosial. "Ketika kamu menghabiskan waktu berbicara dengan orang secara langsung, kamu belajar tentang tantangan dan masalah mereka, serta kabar baik mereka," kata Lyubomirsky.

Menjalin koneksi yang tulus tidak hanya mengingatkan betapa rumitnya kehidupan bagi semua orang, tetapi juga menegaskan kembali betapa pentingnya dukungan, empati, dan kasih sayang bagi semua interaksi, baik online maupun offline.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini