Sukses

6 Potret Kedekatan Jokowi dengan Warga, Tampil Sederhana

Jokowi sendiri sebelumnya telah menjabat sebagai presiden ke 7 Indonesia yang dikenal sederhana dan dekat dengan rakyatnya.

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin, sebagai pemenang Pilpres 2019. 

Pengumuman tersebut dikeluarkan KPU pada Selasa, 21 Mei 2019, pukul 01.46 WIB. Dari jumlah suara nasional sebanyak 154.257.601 (100%), Jokowi-Ma'ruf Amin memperoleh 85.607.362 (55,5%), sedangkan pasangan nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengantongi 68.650.239 (44,5%).

Berita kemenangan Jokowi pun mendapat sambutan yang luar biasa. Beberapa tokoh di Indonesia hingga luar negri juga turut mengucapkan kemenangan Jokowi. Jokowi sendiri sebelumnya telah menjabat sebagai presiden ke-7 Indonesia yang dikenal sederhana dan dekat dengan rakyatnya. Kedekatan Jokowi dengan rakyat mematahkan anggap tentang presiden yang kaku, menakutkan, dan berjarak.

Saking dekatnya Jokowi dengan rakyatnya, beliau pun sering berselfie dan berfoto bersama warga. Jokowi pun juga tak enggan turun dari mobil hanya untuk menyapa warganya.

Dari hal ini bisa dilihat bahwa Jokowi bisa membuat seorang Presiden tidak lagi berjarak dengan dengan orang-orang kebanyakan. Berikut 6 potret kedekatan Jokowi dengan warga yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (22/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Makan Bersama Para Perkerja Pabrik

Walau telah menjadi presiden, Jokowi tak enggan untuk makan siang bersama dengan para pekerja pabrik sepatu PT KMK Global Sports di Cikupa, Tangerang. Bahkan menu yang dimakan sama dengan para pekerja.

3 dari 7 halaman

2. Blusukan ke Pasar

Sebelum Ramadan tiba, Jokowi menyempatkan diri blusukan ke pasar di daerah Bogor. Kedatangan Jokowi ini ingin memastikan ketersediaan pasokan bahan-bahan pokok di pasar dan harga yang terkendali, sehingga umat Islam di negeri ini bisa menjalankan ibadah puasa dengan tenang.

4 dari 7 halaman

3. Naik MRT Jakarta

Setelah 1 bulan MRT Jakarta beroperasi, Jokowi menyempatkan diri untuk naik MRT. Saat itu Jokowi naik MRT dari Stasiun Bundaran HI, ke Lebak Bulus.

5 dari 7 halaman

4. Makan Siang di Mall

Beberapa waktu lalu Jokowi menghabiskan akhir pekan untuk makan siang di Grand Indonesia. para pengunjung mal begitu ramai mengajak bersalaman dan berfoto bersama. Masyarakat senang, karena Jokowi sangat ramah.

6 dari 7 halaman

5. Berhenti Hanya untuk Bersalaman

Pada saat perjalanan Jokowi dari Bogor menuju Gelora Bung Karno. Seorang bapak tua tiba-tiba menyeberang jalan dan mendekati mobil yang Jokowi tumpangi. Rupanya ia hanya ingin bersalaman dan Jokowi dengan ramah berhenti dan bersalaman dengan bapak tersebut.

7 dari 7 halaman

6. Mendengarkan pengumuman hasil rekapitulasi suara nasional Pemilihan Umum 2019 bersama warga

Jokowi baru-baru ini menyempatkan diri berkunjung ke Kampung Deret di Johar Baru, Jakarta. Kunjungan Jokowi ini terdengar tidak bisa. Kunjungan kali ini Jokowi dan warga kampung Deret bersama-sama mendengarkan pengumuman hasil rekapitulasi suara nasional Pemilihan Umum 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.