Sukses

7 Potret Haru Perjuangan TNI-Polri Amankan Gedung KPU dan Bawaslu

Perjuangan tim gabungan TNI-Polri saat mengamankan KPU 21-22 Mei 2019.

Liputan6.com, Jakarta Menjelang Aksi 22 Mei, sebanyak 34 ribu personel gabungan TNI-Polri diturunkan untuk menjaga gedung KPU. Tindakan ini menyusul pengumuman hasil rekapitulasi nasional Pilpres 2019 yang diumumkan lebih awal dari waktu perkiraan, yakni pada Selasa dini hari (21/5/2019). 

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa aparat keamanan akan menjamin keamanan dan ketertiban di masyarakat. Tak hanya ke KPU, massa juga mendatangi kantor Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu.

Diketahui, sejak Selasa siang hingga Rabu dini hari, massa masih terus memenuhi area gedung KPU dan Bawaslu yang terletak di Tanah Abang. Jumlah massa yang datang tak kalah banyaknya dari personel TNI-Polri yang diturunkan.

Aparat keamaan pun bersiaga dengan perlengkapan senjata anti huru-hara di sepanjang perempatan Sarinah yang diketahui menjadi pusat Aksi 22 Mei semalam. Beberapa personel terlihat kelelahan setelah semalaman suntuk mengamankan gedung KPU dan Bawaslu.

Potret perjuangan mereka pun tersebar di media sosial. Tidak sedikit orang yang memuji pengorbanan para personel TNI-Polri yang harus terjaga semalaman. Terlebih lagi, Aksi 22 Mei digelar di tengah bulan Ramadan.

Tak ayal beberapa personel memanfaatkan waktunya untuk melepas penat, meski dengan bersandar di batang pohon, atau punggung rekannya. Selengkapnya, berikut Liputan6.com sajikan potret haru perjuangan TNI-Polri saat mengamankan gedung KPU dan Bawaslu, seperti yang telah dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (22/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Salah satu personel TNI-Polri menyempatkan diri berbagi kabar dengan keluarganya meski hanya via Video Call.

3 dari 8 halaman

2. Dari ketinggian, tampak potret personel TNI-Polri yang kelelahan setelah hampir seharian terjaga.

4 dari 8 halaman

3. Para personel memanfaatkan punggung satu sama lain untuk bersandar melepas penat.

5 dari 8 halaman

4. Personel Brimob Polri menjalankan ibadah shalat Dzuhur di tengah tugasnya mengamankan massa.

6 dari 8 halaman

5. Saat pagi menjelang, personel pengaman KPU beristirahat sejenak sembari memonitor keadaan sekitar.

7 dari 8 halaman

6. Dua anggota TNI-Polri dengan sigap menyelamatkan massa yang sesak nafas.

8 dari 8 halaman

7. Setelah mengerahkan tenaga semalam suntuk, salah satu anggota brimob tidur bersandarkan batang pohon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.