Sukses

Aksi 22 Mei Ricuh, Ini Deretan Kantor Pemerintah yang Terpaksa Tutup

Sejumlah kantor pemerintah terpaksa tutup akibat aksi 22 Mei.

Liputan6.com, Jakarta Aksi 22 Mei terkait pengumuman hasil rekapitulasi nasional Pemilu 2019 masih terus berlangsung di Jakarta. Seperti diketahui, KPU mengumumkan hasil akhir perhitungan suara lebih awal dari waktu perkiraan, yakni pada Selasa (21/5/2019) dini hari.

Hal ini yang membuat massa mengerubungi gedung KPU dan Bawaslu sejak Selasa siang. Hingga kini, beberapa pertokoan di daerah sekitar gedung terpantau tutup, seperti gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan.

Toko Sarinah sendiri diketahui merugi jutaan rupiah akibat jumlah massa aksi 22 Mei yang tak kunjung mereda. Alhasil, para karyawan pun diliburkan guna mencegah munculnya korban.

Selain gedung di dekat lokasi aksi 22 Mei, beberapa kantor pemerintah yang terletak cukup jauh dari lokasi demo juga terpaksa ditutup. Misalnya, kantor cabang BRI yang tutup di beberapa titik.

Selengkapnya, berikut ini adalah deretan kantor pemerintah yang terpaksa tutup sebagai imbas dari aksi 22 Mei seperti dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (22/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Kantor Pajak

Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan memutuskan untuk menutup layanan di beberapa kantor pajak. Penutupan ini dilakukan karena adanya aksi 22 Mei.

Dikutip dari akun Twitter @DitjenPajakRI, Rabu (22/5/2019), setidaknya terdapat 4 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang tidak membuka layanan pada Rabu ini.

"Info untuk #KawanPajak:KPP Pratama Jakarta Kebon Jeruk DuaKPP Pratama Jakarta Tamansari DuaKPP Pratama Jakarta Tanah Abang DuaKPP Pratama Jakarta Tanah Abang Tigatidak membuka layanan perpajakan ya hari ini karena situasi di sana yang kurang kondusif. #PajakKitaUntukKita," tulis akun tersebut.

Bagi wajib pajak (WP) yang igin mendapatkan layanan, tetap bisa secara online atau menghubungi petugas pajak melalui @kring_pajak.

3 dari 5 halaman

2. Kantor BI

Tak hanya Kantor Pajak, Bank Indonesia juga melaporkan adanya penutupan sementara layanan penukaran uang atau kas keliling. Selain layanan kas keliling Bank Indonesia, layanan penukaran uang di Monas pun juga dihentikan sementara. 

Penutupan layanan kas keliling ini dilakukan Bank Indonesia demi menjaga keyamanan dan kemanan baik pegawai kas keliling ataupun masyarakat yang akan menukarkan uangnya.

Bank Indonesia tidak menegaskan sampai kapan layanan ini dihentikan. Hanya saja penutupan layanan kas keliling ini dilakukan hingga situasi lebih kondusif.

4 dari 5 halaman

3. Kantor Cabang BRI

Sejumlah kantor cabang BRI di sekitar Tanah Abang dilaporkan ditutup sebagai imbas adanya aksi 22 Mei. Corporate Secretary BRI, Bambang Tribaroto menyatakan bahwa terdapat total 12 kantor cabang yang terpaksa tutup hari ini.

Hingga kini, belum ada informasi lebih lanjut mengenai kapan kantor cabang BRI akan dibuka kembali. Pasalnya, situasi di lokasi demo masih terpantau ramai sehingga menyebabkan beberapa jalan terblokir.

5 dari 5 halaman

4. Kantor BCA

Tak hanya BRI, kantor BCA juga menutup sementara layanan perbankan menyusul aksi 22 Mei. Khusus BCA, hanya kantor cabang pembantu yang dilaporkan tutup selama proses unjuk rasa di sekitar Tanah Abang.

Namun, tak menutup kemungkinan bahwa kantor cabang BCA yang tengah beroperasi pun akan ditutup apabila situasi unjuk rasa semakin mencengang. Selain kantor di Tanah Abang, beberapa kantor cabang pembantu BCA di Jalan Thamrin juga terpantau tutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini