Sukses

7 Pemimpin Negara yang Ucapkan Selamat Atas Kemenangan Jokowi di Pilpres 2019

Liputan6.com, Jakarta Berdasarkan hasil rekapitulasi suara yang selesai pada Senin 20 Mei 2019 malam, dan diumumkan oleh KPU pada Selasa (21/5/2019) dini hari, pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin dinyatakan unggul dari rivalnya, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Hal ini juga disampaikan oleh Komisioner KPU, Evi Novita Ginting "Pasangan nomor urut satu Joko Widodo dan Ma'ruf Amin 85.607.362 atau 55,50 persen dari total suara sah nasional. Pasangan nomor urut dua, 68.650.239 atau 44,50 persen dari total suara sah nasional." tuturnya pada Selasa (21/5/2019)

Berita kemenangan Jokowi pun mendapat sambutan yang luar biasa. Sejumlah artis, tokoh masyarakat juga mengucapkan selamat atas kemenangan Jokowi-Ma'ruf.  Kabar kemenangan ini juga sampai ke negara lainnya. Sejumlah pemimpin negara-negara pun juga turut mengucapkan selamat ke Jokowi. Berikut Liputan6.com rangkum pimpinan negara yang mengucapkan selamat pada Jokowi, Selasa (22/5/2019).

2 dari 8 halaman

1. Presiden China, Xi Jinping

Dalam situs resmi Kedutaan Besar China di Indonesia, Presiden Xi Jinping mengirim ucapan selamat kepada Presiden Jokowi atas kemenangannya pada Selasa 21 Mei 2019. 

Presiden China Xi Jinping , mengucapkan selamat kepada Jokowi atas terpilihnya kembali untuk masa jabatan kedua yakni 2019-2024. Dalam pernyataannya, Xi Jinping juga berharap agar adanya kemitraan strategis komprehensif antara kedua negara.

Dilansir dari keterangan pers di situs id.china-embassy.org, Presiden Xi Jinping mengungkapkan "Saya sangat mementingkan hubungan antara Tiongkok dan Indonesia dan bersedia terus bekerja sama dengan Presiden Jokowi untuk memimpin kemitraan strategis komprehensif Tiongkok-Indonesia melangkah ke tingkat lebih tinggi dari capaian dalam lima tahun berlalu dalam rangka memberi manfaat kepada kedua negara kita dan rakyatnya."  tuturnya pada Rabu (22/5/2019).

 

3 dari 8 halaman

2. Perdana Menteri India, Narendra Modi

berita kemenangan Jokowi juga sampai ke negara India, Perdana Menteri India,  Narendra Modi pun mengucapkan selamat kepada Jokowi dalam unggahannya di twitter pada Selasa (21/5/2019).

"Selamat kepada @jokowi atas kembali terpilihnya Anda! Sebagai dua negara demokrasi terbesar dunia, kita merasa bangga atas kesuksesan perayaan demokrasi. Kami mengharapkan Anda dan warga Indonesia meraih kesuksesan di bawah kepemimpinan Anda yang dinamis." tuturnya dengan akun twitter @narendramodi. 

 

4 dari 8 halaman

3. Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad

Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad juga turut mengucapkan lewat akun twitter resminya @chedeofficial.

"Saya ucap tahniah kepada Bapak @jokowi atas kemenangan secara rasmi sebagai Presiden Republik Indonesia. Saya berharap kerja sama antara dua negara akan semakin erat selepas ini," tulis Mahathir dalam unggahannya pada Selasa (21/5/2019) 

5 dari 8 halaman

4. Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe

Berita kemenangan ini juga sampai ke Negeri Sakura. Dalam sebuah keterangan resmi yang disampaikan melalui Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe memberikan ucapan selamat kepada Jokowi dan Ma'ruf Amin.

"Berdasarkan pengumuman tersebut, Y.M. Bapak Shinzo Abe, Perdana Menteri Jepang telah mengirimkan pesan ucapan selamat kepada Y.M. Bapak Ir. H Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia. Perdana Menteri Abe juga menyampaikan harapan beliau untuk bekerja sama dengan Presiden Joko Widodo guna memperkokoh hubungan antara kedua negara " tutur pernyataan beliau dalam surat keterangan resmi tersebut. 

6 dari 8 halaman

5. Presiden Singapura - Halimah Yacob

Negeri tetangga Singapura juga turut membanjiri ucapan untuk Jokowi. Presiden Singapura,  Halimah Yacob mengucapkan selamat atas kemenangan Jokowi untuk masa jabatan yang kedua melalui sebuah surat pada Selasa (21/5/2019). 

Dalam suratnya Halimah mengatakan "Kemenangan yang meyakinkan adalah bukti kepercayaan dan keyakinan rakyat Indonesia atas kepemimpinan Anda." tuturnya."Saya yakin hubungan kedua negara akan terus menguat di tahun-tahun mendatang"  tulis Halimah sebagai sebagai penutup surat.  

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, juga mengucapkan selamat pada Jokwoi. "Selamat dari saya atas terpilihnya kembali Anda sebagai PresidenRepublik Indonesia! Mandat kuat yang Anda terima mencerminkan kepercayaan yang telah ditunjukkan oleh orang Indonesia dalam kepemimpinan berkelanjutan Anda, dan visi Anda untuk mengangkat kehidupan semua orang Indonesia." tuturnya pada Selasa 21 Mei 2019. 

7 dari 8 halaman

6. Perdana Menteri Australia, Scott Morrison

Dalam akun twitter pribadinya, Perdana Menteri Autralia Scoot Morrison mengucapkan selamat atas terpilihnya Joko Widodo dalam pemilihan presiden 2019.

"Selamat @jokowi atas terpilihnya kembali sebagai Presiden Indonesia, Indonesia adalah salah satu (mitra) hubungan strategis paling penting Australia. Kami berharap dapat memperdalam ikatan antara Australia dan Indonesia di semua kepentingan bersama," tulis Morrison seraya menyebut akun Twitter Jokowi pada Selasa (21/5/2019). 

8 dari 8 halaman

7. Presiden AS, Donald Trump

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menyampaikan ucapan selamat kepada Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia atas suksesnya pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 melalui sebuah surat. 

Dalam surat tertanggal 21 Mei 2019 tersebut, Presiden Trump juga menyampaikan rasa bangganya atas Kemitraan Strategis yang telah terjalin antara kedua negara, yang merupakan negara demokrasi terdepan di dunia.

"Saya ucapkan selamat kepada Anda dan rakyat Indonesia atas pelaksanaan Pemilu yang berlangsung bebas, adil dan damai, serta untuk pertama kalinya, pelaksanaan pemilihan legislatif dan presiden dilaksanakan pada saat bersamaan," kata Presiden Trump mengawali suratnya seperti dikutip dari rilis resmi KBRI Washington DC, Rabu (22/5/2019).

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Akhirnya Lulus Kuliah, Ini 5 Momen Kaesang Wisuda di Singapura
Artikel Selanjutnya
Potret 7 Presiden Indonesia Kenakan Baju Batik, dari Soekarno Hingga Jokowi