Sukses

Benda-benda Berbahaya Temuan Polisi di Demo Aksi 22 Mei 2019

Polisi temukan beberapa barang bukti terkait aksi 22 Mei di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Kerusuhan mulai terjadi saat massa aksi 22 Mei selesai melakukan unjuk rasa di depan Gedung Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU). Massa aksi 22 Mei tersebut mulai membubarkan diri sekitar pukul 21.00 WIB pada Selasa (21/5/2019). Akan tetapi tak berselang lama setelah massa aksi 22 mei yang membubarkan diri, ada massa yang datang dan berulah anarkis dan juga provokatif.

Bahkan aksi kerusuhan tersebut mulai pecah pada dini hari tadi (22/5/2019). Aksi kerusuhan tersebut terjadi di beberapa titik di Jakarta. Bahkan demo aksi 22 Mei tersebut sempat pecah di sekitar Gedung BAWASLU dan juga sekitar Asrama Brimob. Bahkan dalam aksi kerusuhan yang terjadi pada dini hari tersebut terdapat pula pembakaran mobil di depan Asrama Brimob.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (22/5/2019) pihak kepolisian pun berhasil mengamankan beberpa orang yang disinyalir sebagai provokator kerusuhan yang terjadi di daerah Petamburan tersebut. Tak hanya mengamankan massa yang terlibat dalam kerusuhan di aksi 22 Mei saja. Akan tetapi pihak polisi menemukan beberapa barang bukti yang diduga akan digunakan saat aksi massa 22 Mei.

Berikut ini beberapa barang temuan polisi yang berhasil diamankan saat aksi 22 Mei 2019.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Mobil Ambulans berisi batu dan uang.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal mengatakan jika pihaknya telah menemukan sebuah mobil ambulans dengan logo sebuah partai politik. Mobil tersebut diduga disiapkan untuk mobilisasi para peserta massa aksi 22 mei.

Bukan temuan mobil ambulans saja yang ditemukan oleh pihak kepolisian. Akan tetapi didalam mobil tersebut terdapat batu dan juga beberapa peralatan lainnya. Mobil ambulans tersbeut ditemukan di Asrama Brimob, Tanah Abang.

"Ada bukti-bukti ada satu ambulans, saya nggak sebut ambulans itu ada lambang partainya, itu penuh batu dan alat-alat," ujar Iqbal di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019).

Bukan hanya berisi batu saja, akan tetapi didalam mobil ambulans tersebut juga ditemukan sejumlah uang dan juga amplop. Pihak kepolisian pun menduga, jika uang dan amplop tersebut disiapkan untuk massa bayaran di aksi 22 Mei.

3 dari 3 halaman

2. Busur dan bahan bakar

Bukan hanya menemukan mobil ambulans yang berisi uang dan juga batu. Akan tetapi pihak kepolisian pun berhasil mengamankan beberapa senjata tajam dari massa yang melakukan kerusuhan di flyover Slipi, Jakarta Barat. Barang yang diamankan oleh pihak kepolisan ialah busur dan juga bahan bakar. Hal ini diungkapkan langsung oleh Kapolres Metro Jakarta Barat.

"Yang jelas pelaku-pelaku ini sudah mempersiapkan untuk melakukan kerusuhan, membawa busur, dan bahan bakar untuk membakar," ujar Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi di Slipi, Jakarta Barat, Rabu (22/5/2019).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini