Sukses

BERITA TERKINIPARA MENTERI JOKOWI-MA'RUF DI KABINET INDONESIA MAJU

Begini Aksi Lumba-Lumba Minta Tolong ke Penyelam, Bikin Haru

Liputan6.com, Jakarta Layaknya panjat tebing maupun arung jeram, menyelam atau scuba-diving merupakan termasuk jenis olahraga ekstrem yang menantang adrenalin. Tidak hanya sebagai olahraga yang menarik, menyelam juga termasuk sebagai aktivitas yang dimanfaatkan sebagai ajang rekreasi dewasa ini.

Penggemar menyelam juga tidak hanya dapat melihat kehidupan laut secara dekat. Tetapi mereka juga dapat berinteraksi dengan berbagai jenis ikan. Namun, lain lagi dengan yang dialami oleh salah seorang penyelam di Amerika Serikat. Ketika menyelam di dasar laut Gadren Eel Cove di Kailua-Kona, Hawaii, dia dikejutkan oleh kehadiran lumba-lumba yang menghampirinya dengan sangat dekat.

Saat itu penyelam sedang berenang mengamati pari manta, tiba-tiba saja ada seekor lumba-lumba hidung botol yang datang. Lumba-lumba tersebut berenang berputar di antara penyelam. Rupanya lumba-lumba tersebut berusaha memberi tahu penyelam ada yang salah dengan siripnya, seperti yang Liputan6.com lansir dari The Dodo, Kamis (23/5/2019).

2 dari 3 halaman

Meminta Bantuan

 

Para penyelam pun menyadari bahwa sirip dari lumba-lumba tersebut tidak bisa digerakkan. Para penyelam mengarahkan senter ke badan lumba-lumba tersebut. Mereka mencari tahu apa yang salah dengan lumba-lumba tersebut. Sampai akhirnya para penyelam sadar bahwa sirip lumba-lumba tersebut terlilit dengan kait pancingan.

Melihat kondisi lumba-lumba itu, penyelam terus memberi isyarat agar ikan itu mendekat kepadanya. Sehingga, penyelam dapat membebaskan mamalia laut itu dari tali dan mata pancing yang membebani tubuhnya. Dengan perlahan, seorang penyelam mendekati lumba-lumba.

Si lumba-lumba terlihat dengan sabar berada di dekat si penyelam. Penyelam tersebut mulai membuka lilitan pancingan yang ada di sirip lumba-lumba tersebut dengan pisau. Untungnya, semua proses operasi dadakan itu berjalan dengan baik. Tali dan mata pancing berhasil dilepaskan dari tubuh ikan lumba-lumba tersebut, walau membutuhkan waktu yang cukup lama.

3 dari 3 halaman

Mengucapkan Terima Kasih

Setelah tali terlepas, si penyelam kembali memastikan tidak ada lilitan tali yang tertinggal. Sampai penyelam tersebut melambaikan tangan tanda bahwa lumba-lumba tersebut sudah aman. Lumba-lumba tersebut seolah memberikan tanda ucapan terima kasih dengan suara pelan dan berenang kembali ke kawanannya.

Para penyelam pun merasa lega sudah bisa menolong lumba-lumba tersebut. Video tersebut diambil oleh Sean Grossman dan dibagikan di Media Sosial. Cerita ini kembali mengingatkan kita untuk berhati-hati dengan sampah yang juga dapat melukai hewan-hewan di laut.

Loading