Sukses

Stroberi Putih dari Jepang Ini Harganya Fantastis, Satu Buah Rp 140 Ribu

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak tahu buah strawberry? Rasa dan aromanya yang khas serta nutrisinya yang begitu mengagumkan buat kesehatan maupun kecantikan menjadikan strawberry sebagai salah satu buah terfavorit di dunia. Bicara mengenai buah strawberry, secara umum buah strawberry berwarna merah.

Namun, beberapa tahun terakhir di Jepang telah berkembang buah strawberry warna putih. Tak hanya warnanya yang unik, rasanya pun juga jauh lebih enak. Buah strawberry putih saat ini bahkan telah menjadi salah satu buah mewah di negeri sakura tersebut.

Strawberry White Jewel pertama kali dikembangkan oleh Yasuhito Teshima empat tahun lalu di kebunnya yang ada di Prefektur Saga, Jepang, seperti yang Liputan6.com lansir dari Oddity Central, Minggu (5/6/2019). Kebun ini menjadi satu-satunya kebun yang menghasilkan varietes buah strawberry unik tersebut.

2 dari 3 halaman

Strawberry Putih

Sebelum berhasil mengembangkan Strawberry White Jewel tersebut, Yasuhito menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mengembangbiakkan berbagai jenis strawberry yang mempunyai warna putih di bagian luar maupun dalam. Setelah berhasil mengembangkan stroberi putih buatannya, Yasuhito mengatakan kalau stroberi yang dikembangkannya merupakan stroberi yang langka, karena strawberry ini hanya bisa didapatkan di kebunnya saja.

Buah ini memiliki ukuran yang sangat besar, rasa yang begitu manis dan segar serta memiliki warna putih bersih. Soal harga, tentunya buah satu ini memiliki harga yang super fantastis. Per bijinya dijual hingga $10 atau setara dengan Rp 140 ribu.

Hanya 10% strawberry di kebun Yashito yang menjadi putih. Tidak heran jika buah ini akhirnya menjadi buah yang sangat langka dan mahal harganya. Berat satu buah strawberry putih ini pun bisa mencapai sekitar 50 gram dengan ukuran yang berkali-kali lipat lebih besar dari strawberry biasa.

3 dari 3 halaman

Cara Pengembang Biakan Strawberry Putih

 

Untuk menghasilkan strawberry yang bagian luar maupun dalamnya berwarna putih, tentu cara yang dilakukan juga berbeda dengan strawberry pada umumnya. Strawberry White Jewel merupakan persilangan dari beberapa jenis strawberry lainnya sehingga menghasilkan stroberi yang berwarna putih.

Selain persilangan antara beberapa jenis strawberry, penanaman strawberry ini hingga menghasilkan warna putih juga dengan cara membatasi paparan sinar matahari langsung terhadap strawberry. Pembatasan paparan sinar matahari akan membuat strawberry memiliki lebih sedikit kandungan antosianin dibandingkan stroberi lainnya.

Sebelum berhasil membuat strawberry White Jewel berwarna putih sepenuhnya, strawberry yang dihasilkan oleh Yasuhito ada yang memiliki warna putih dengan bercak merah atau memiliki warna merah di bagian atasnya saja.

Beberapa orang yang sudah merasakan strawberry ini mengatakan bahwa strawberry White Jewel memiliki rasa yang manis dengan kulit yang lembut. Sedangkan saat digigit, rasa pertama yang dominan adalah rasa nanas, walaupun hanya terasa selama beberapa detik saja.