Sukses

5 Tips Sederhana Membuat Kue Kastengel Agar Renyah Sempurna

Tips sederhana membuat kue kastengel yang renyah dengan sempurna.

Liputan6.com, Jakarta Setelah menjalankan ibadah puasa Ramadan, umat Islam di seluruh dunia akan bersiap untuk menyambut hari raya Idul Fitri atau lebaran. Ya, lebaran di Indonesia sendiri menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu. Di mana pada momen ini seluruh sanak saudara dapat berkumpul untuk bersilahturahmi.

 

Baca juga:

 

Bukan hanya momen berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara saja yang sangat dinanti-nantikan, namun hidangan khas hari raya menjadi salah satu alasan untuk menyambut datangnya lebaran ini.

Ya, salah satu hidangan yang sangat identik dengan nuansa lebaran ada kue kastengel. Hampir setiap orang akan menyiapkan atau menyediakan kue ini di rumahnya sebagai hidangan untuk menyambut tamu.

Oleh karena itu, tak sedikit orang yang ingin membuat kue kastengel ini sendiri di rumah agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Kerap kali tak berhasil dalam membuat kue kastengel yang renyah sempurna, membuat kamu menjadi menyerah dan memilih untuk membeli kue kastengel yang sudah jadi.

Namun, kue kastengel yang kamu beli langsung jadi pun tak menjamin kondisi kue yang sempurna. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah. Agar tak gagal lagi dalam membuat kue kastengel, berikut ini Liputan6.com, Jum’at (24/5/2019) telah merangkum beberapa tips sederhana membuat kue kastengel agar tidak keras.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Menggunakan Tepung Protein Rendah

Saat membuat kue kastengel, sebisa mungkin kamu menggunakan tepung serba guna atau tepung protein sedang. Nah, untuk mendapatkan hasil yang tidak keras alias renyah, ada baiknya untuk memakai tepung protein rendah. Ayak terlebih dahulu tepungnya sebelum digunakan untuk membuat adonan kue kastengel.

 

Baca juga:

 

3 dari 6 halaman

Jangan Mengaduk Adonan Terlalu Lama

Hal yang perlu diperhatikan saat membuat kue kastengel adalah jangan mengaduk adonan terlalu lama. Cukup aduk adonan basah dan adonan kering sampai tercampur rata hingga teksturnya padat dan siap dicetak. Tidak harus sampai terlalu kalis.

Kalau adonan diaduk atau diuleni terlalu lama, maka nantinya akan membuat kue kastengel menjadi keras saat dipanggang. Selain itu, sebaiknya juga menggunakan spatula anti lengket saat mengaduk adonan. Hal ini berguna untuk mengaduk adonan agar tidak mudah meleleh saat diaduk. Jangan juga mengaduknya dengan tangan, karena suhu tangan bisa membuat mentega menjadi cepat cair.

 

Baca juga:

  • Susu Kental Manis Frisian Flag Gold Lezatkan Sarapan Harian
  • Fakta Susu Kental Manis yang Sering Jadi Menu Sarapan Sehat
  • 5 Kreasi Susu Kental Manis Frisian Flag untuk Sarapan Pagi

 

4 dari 6 halaman

Gunakan Mentega dan Margarin

Untuk membuat kue kering agar lebih renyah, kamu bisa menggunakan margarin. Tapi kalau ingin mendapatkan aroma kue yang harum dan lembut, kamu perlu memakai mentega juga. Gunakan kombinasi mentega dan margarin dengan rasio 1:2 dalam pembuatan kue kastengel agar rasanya renya dan aromanya harum.

Misalnya untuk membuat adonan kue kastengel, gunakan 100 gram mentega dan 200 gram margarin untuk penggunaan 400 gram tepung terigu.

5 dari 6 halaman

Gunakan Telur yang Cukup

Telur berguna sebagai pengempuk kue. Ya, kalau kamu tak menginginkan kue menjadi terlalu keras, pastikan untuk menggunakan telur yang cukup. Telur perlu dimasukkan satu per satu dalam proses pencampuran dengan mixer. Pastikan telur terkocok dengan baik bersama adonan mentega sebelum kamu memasukkan kuning telur berikutnya.

6 dari 6 halaman

Oles dan Tabur Keju Dilakukan Saat Kastengel Setengah Matang

Nah, untuk mendapatkan hasil kastengel yang cantik dengan taburan keju yang renyah, kamu perlu memperhatikan proses pengolesan kuning telur dan penaburan kejunya. Ya, kamu perlu mengoleskan kuning telur dan menaburkan keju saat kue kastengel setengah matang.

Kue kastengel yang sudah dicetak, dipanggang terlebih dahulu sampai setengah matang. Setelah itu, keluarkan lalu beri olesan dan taburan keju secara cepat. Kemudian panggang kembali hingga matang dengan sempurna.

 

Baca juga:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini