Sukses

7 Sayur dan Buah Ini Bisa Bantu Mencegah Kanker, Wajib Dimakan

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang pasti ingin mendapatkan kondisi tubuh yang selalu sehat, jauh dari penyakit. Berbagai macam cara dilakukan untuk memperoleh atau mendapatkan kondisi sehat itu. Salah satu yang sudah tak asing lagi dilakukan oleh orang-orang adalah dengan mengonsumsi sayur dan buah.

Ya, makan sayur dan buah secara teratur merupakan salah satu yang baik untuk menjaga kesehatan. Sayur dan buah mengandung banyak vitamin dan mineral yang bisa membantu tubuh bekerja secara optimal. Kandungan senyawa tertentu di dalam sayur dan buah memiliki fungsi untuk mencegah penyakit tertentu.

Namun, kamu perlu lebih teliti lagi untuk memilih beberapa jenis sayur dan buah. Ternyata, beberapa jenis sayur dan buah terkadang ada yang memiliki kandungan gula dan tepung yang tinggi dan justru berpotensi mengganggu kesehatan.

Oleh karena itu, agar kamu tak salah dalam mengonsumsi sayur dan buah, berikut ini Liputan6.com, Jumat (7/6/2019) telah merangkum dari Reader’s Digest tentang beberapa sayur dan buah yang wajib dimakan. Sayur dan buah berikut ini memiliki nutrisi yang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh kamu.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Brokoli, Kubis, dan Kale

Brokoli

Brokoli mengandung zat fitronutrien yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Selain itu, ada juga zat sulforaphane yang mampu menurunkan risiko pertumbuhan sel kanker payudara hingga 75 persen. Kandungan dalam brokoli juga efektif untuk mencegah terjadinya kanker prostat dan kanker usus, di samping mengurangi pertumbuhan tumor.

Kubis

Kubis merupakan salah satu sayuran yang bisa menyumbang bahan bakar untuk tubuh kamu. Di mana berguna untuk mempertahankan diri terhadap kanker tertentu. Ahli gizi juga memilih untuk mengonsumsi sayuran hijau ini setiap hari untuk mempertahankan berat badan mereka.

Agar lebih bersemangat mengonsumsi kubis ini, kamu bisa menambahkannya ke dalam menu masakan favorit kmau seperti salad bahkan smoothie untuk mendapatkan manfaat yang berlebih.

Kale

Penelitian terhadap makanan yang digadang-gadang bisa mencegah kanker masih sangat terbatas dan lebih menunjukkan ke arah dampak positif secara tidak langsung. Maksudnya adalah makanan pencegah kanker ini dimaksudkan untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum.

Hal ini dikarenakan kanker merupakan penyakit yang kompleks. Dimana faktor penyebabnya sangatlah banyak. Alangkah baiknya kamu tetap mengatur pola makan dan tetap konsultasikan ke dokter jika terdapat gangguan di dalam tubuh.

3 dari 4 halaman

Kacang Polong dan Ubi Jalar

Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan salah satu sumber serat dan beta-karoten yang sangat baik. Ubi jalar juga mengandung karbohidrat serta memiliki antioksidan yang berperan untuk mencegah sel kanker. Ubi jalar juga termasuk kedalam salah satu pola makan untuk mencegah penyakit kanker.

Kacang Polong

Siapa sangka, ternyata kacang polong memiliki kandungan nutrisi yang sangat melimpah diluar dugaanmu. Di dalam kacang polong terkadnung phytochemical, yang dapat membantu mengurangi risiko kanker.

Oleh karena itu, kacang polong bisa dimasukkan ke dalam menu dietmu. Selain penyajiannya yang cepat dan murah, kandungan nutrisinya juga sangat melimpah. Kamu bisa menambahkan kacang polong ke menu makanan favoritmu seperti sup, pasta, atau bahkan salad.

4 dari 4 halaman

Anggur dan Semangka

Anggur

Anggur dijuluki sebagai ratunya dari buah-buahan, karena anggur merupakan salah satu buah pencegah kanker. Anggur mengandung resveratrol yang merupakan zat antioksidan. Dimana zat ini memiliki peran yang sangat penting untuk melawan radikal bebas yang menjadi cikal bakal berkembangnya sel kanker di dalam tubuh.

Semangka

Di dalam buah semangka terdapat banyak sekali kandungan vitamin A dan vitamin C. Selain itu, semangka juga memiliki lebih banyak kandungan likopen di setiap per sajinya daripada tomat.Wajib banget konsumsi buah ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.