Sukses

5 Manfaat Nanas untuk Kesehatan Rambut, Bisa Basmi Ketombe

Liputan6.com, Jakarta Nanas merupakan buah-buahan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dengan berbagai kandungan mineral, nanas memiliki beragam manfaat dari daging buahnya maupun dari kulitnya.

Salah satu manfaat nanas adalah sebagai bahan untuk perawatan rambut agar tetap sehat. Manfaat nanas untuk kesehatan rambut ini bahkan sudah dipercaya sejak zaman dahulu.

Manfaat nanas untuk kesehatan rambut bisa kamu gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai salah satu buah-buahan yang tumbuh di daerah tropis, nanas tentunya tidak akan sulit kamu temukan di Indonesia.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (24/5/2019) ragam manfaat nanas untuk kesehatan rambut

2 dari 3 halaman

Membasmi Ketombe dan Mengatasi Rambut Kering

1. Membasmi Ketombe

Manfaat nanas untuk kesehatan rambut yang pertama adalah dapat membasmi ketombe. Dengan sering mengonsumsi nanas yang kaya dengan vitamin B6 dan B1, maka ketombe dapat dibasmi. Dengan begitu masalah rambut terasa gatal dan menyebabkan kamu kurang percaya diri karena rambut tampak kotor tidak akan ada lagi. Dengan mengonsumsi nanas, kamu bisa lebih percaya diri lagi dengan rambutmu.

2. Mengatasi Rambut Kering

Selain itu, nanas juga bisa mengatasi rambut kering. Masalah rambut satu ini merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Rambut kering biasanya terjadi karena penggunaan minyak rambut atau penggunan produk perawatan rambut yang berlebihan. Selain itu, paparan sinar matahari juga bisa menyebabkan rambut menjadi kering. Dengan mengonsumsi nanas atau menggunakannya sebagai masker, kamu bisa mengatasi masalah rambut kering ini karena nanas dapat menutrisi rambut sampai ke akar dengan kandungan vitaminnya. Perlu diketahui, rambut kering juga bisa terjadi karena kamu terlalu sering keramas menggunakan sampo dan kondisioner dan mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Oleh karena itu, kamu wajib memperhatikan konsumsi makanan kamu serta perawatan rambut yang berlebihan malah bisa membuat rambut menjadi rusak.

3 dari 3 halaman

Mencegah Rontok, Menyehatkan Kulit Kepala, dan Menebalkan

3. Mencegah Kerontokan

Manfaat nanas untuk kesehatan rambut yang selanjutnya adalah dapat mencegah kerontokan. Masalah rambut rontok ini cukup menyebalkan dan bisa berakibat pada kebotakan. Dengan mengoleskan nanas yang sudah dihaluskan pada rambut secara rutin sebagai terapi alami, maka kamu bisa mencegah terjadinya kerontokan pada rambut.

Kamu juga busa mengonsumsi nanas segar untuk mendapatkan manfaat dari kandungan vitamin C nanas agar mencegah rambut rontok. Nanas bahkan mengandung antioksidan yang mampu membantu tubuh memulihkan diri dan memperbaiki jaringan, sekaligus menyerap zat besi. Dengan berbagai vitamin yang terdapat dalam buah nanas, maka kamu bisa menjaga kesehatan rambut.

4.  Menyehatkan kulit kepala

Kandungan bromelain pada nanas sebagai enzim antioksidatif memiliki manfaat untuk melawan berbagai peradanagn pada kulit, seperti jerawat, dermatitis, psoriasis, rosacea, dan eczema. Mengonsumsi nanas akan membantu mengatasi jamur yang menjadi penyebab ketombe dan infeksi pada kulit kepala yang memicu rontoknya rambut seseorang. Kandungan vitamin A dari nanas juga bisa menjaga agar rambut tetap lembut dan bersinar. Jadi permasalah kulit kepala dapat dicegah dengan konsumsi nanas.

5. Menebalkan rambut

Selanjtunya, nanas juga bermanfaat dan berperan dalam menebalkan rambut. konsentrat dari nanas memiliki kemampuan dalam menebalkan rambut dan senyawa kimia yang terdapat dalam nanas mampu memperkaya folikel rambur dengan memberikan suplemen penting. Dengan manfaat nanas satu ini, elastisitas dan ketebalan rambut akan semakin meningkat dan membuat rambut tidak mudah patah maupun rontok.

Loading