Sukses

Intip Kepribadianmu Lewat Jenis Buku yang Sering Dibaca

Liputan6.com, Jakarta Buku adalah jendela dunia. Peribahasa itu memang paling tepat untuk para pencinta buku.

Kamu bisa berkeliling dunia tanpa harus mendatanginya. Membaca buku tak cuma membuat wawasan semakin luas. Menurut studi terbaru, rutin membaca membuat kamu jadi lebih ramah dan berempati.

Namun tak hanya itu, ternyata kamu juga dapat mengetahui kepribadianmu atau seseorang lewat jenis buku yang sering dibaca. Biasanya seseorang akan memilih buku bacaan yang sesuai dengan selera mereka.

Dan buku yang sering dibaca tanpa disadari dapat membangun karakter pembacanya. Berikut melihat kepribadian lewat jenis buku yang sering dibaca yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (5/6/2019).

2 dari 7 halaman

1. Misteri

Buku bertema misteri tidak sama dengan buku bertema horor. Buku dengan tema atau genre misteri biasanya berisikan mengenai kasus beserta kejanggalan yang terjadi, hingga trik untuk menyelesaikannya.

Orang-orang yang menyukai buku bertemakan misteri seperti, Petualangan Lima Sekawan, Sherlock Holmes, dan lainnya, merupakan orang yang menyukai tantangan dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Mereka juga adalah orang-orang yang pandai dalam menganalisa dan kritis akan suatu hal.

3 dari 7 halaman

2. Fiksi Ilmiah atau Sci-Fi

Buku dengan tema Sci-fi atau fiksi ilmiah, biasanya selalu memuat cerita yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, serta berbagai penelitian terbaru. Mereka yang suka membaca buku bergenre Sci-fi adalah termasuk orang-orang yang suka mencoba hal-hal baru dan open minded. Mereka juga tidak akan keberatan dan kesulitan dalam menghadapi sebuah perubahan.

Di dunia kerja, mereka adalah orang yang tekun, tak banyak bicara, namun selalu bertanggung jawab dalam setiap pekerjaannya, bahkan tergolong perfeksionis dalam melakukan setiap hal.

4 dari 7 halaman

3. Fiksi

Buku bertema fiksi atau fantasi seperti buku Harry Potter dan The Lord of the Rings, merupakan buku yang memuat kisah yang tidak terjadi di dunia nyata. Orang-orang yang suka membaca buku dengan genre fiksi cenderung memiliki jiwa petualang, ekspresif, dan kreatif. Namun di sisi lain, mereka suka bersikap kekanak-kanakan.

5 dari 7 halaman

4. Horor

Orang-orang yang sering membaca jenis buku horror adalah seseorang yang tidak gampang takut. Kamu adalah orang yang senang mengambil risiko dibanding teman dalam kelompokmu.

6 dari 7 halaman

5. Novel

Biasanya, pembaca buku ini kebanyakan adalah orang yang punya daya imajinasi tinggi. Dia bisa mengkhayal yang beda dari orang lain. Bisa dibilang, kamu yang suka baca novel ini termasuk golongan orang yang kreatif. Selain itu, pembaca novel juga orangnya berjiwa bebas.

Ini bisa dilihat dari novel yang kamu baca, bebas untuk mengkhayal tentang isi novelnya yang tidak terbatas itu. Tapi, orang pembaca buku fiksi ini cenderung plin-plan. Terbukti dari kebingungan dia waktu cari novel di toko buku.

7 dari 7 halaman

6. Komik

Orang yang suka baca komik juga responsif dengan perubahan. Ini terbukti dengan dia yang selalu update sama perkembangan komik yang tiap minggunya itu muncul seri-seri barunya. Orang yang suka baca buku bergambar banyak ini tidak pernah bermasalah dengan perubahan dan anti ribet.

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Gaya Eyeliner Ini Bisa Ungkap Kepribadianmu
Artikel Selanjutnya
5 Parfum yang Cocok dengan Kepribadianmu