Sukses

Tips Memilih Warna Jilbab yang Cocok Sesuai Warna Kulit

Liputan6.com, Jakarta Mengenakan jilbab bagi seorang Muslimah sudah menjadi sebuah kewajiban yang harus dilakukan. Namun kini mengenakan jilbab tidak hanya sekedar sebagai syarat untuk menutup aurat pada perempuan, melainkan sudah menjadi salah satu pelengkap penampilan yang perlu diperhatikan. Ya, salah satu yang perlu diperhatikan saat mengenakan jilbab adalah pemilihan warna.

Kerap kali memilih warna jilbab yang sesuai dengan warna kulit tidaklah mudah. Kamu perlu cermat dalam memilih warna jilbab yang tepat, agar wajah terlihat cerah dan tidak terkesan kusam. Karena tidak semua warna jilbab cocok dengan warna kulit wajah.

Oleh karena itu, hal yang perlu kamu pahami pertama kali adalah mengenali warna kulit. Cara ini akan membantu kamu untuk memilih warna jilbab yang sesuai dengan warna kulit wajah.

Nah, setelah memahami warna kulit wajah sendiri, selanjutnya kamu perlu mencari tahu warna jilbab apa saja yang perlu digunakan dan dihindari dari masaning-masing warna kulit.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber tips memilih warna jilbab yang cocok sesuai warna kulit, Rabu (5/6/2019).

2 dari 5 halaman

Kulit Kuning Langsat

Kuning langsat merupakan salah satu warna kulit yang banyak dimiliki oleh orang Indonesia. Warna kulit ini sebenarnya tidak terlalu bermasalah untuk memilih warna jilbab.

Ya, kulit kuning langsat cukup netral karena tidak terlalu kusam dan tidak terlalu pucat. Namun, si pemilik kulit kuning langsat ini tetap tidak boleh sembarangan dalam memilih warna jilbab.

Agar kamu tetap tampil netral, kamu bisa mengenakan warna-warna cerah seperti merah, biru, kuning, dan pink terang. Warna-warna ini bakal membuat kulit kuning langsat kamu terlihat cerah dan segar.

Adapun warna yang perlu dihindari untuk si kulit kuning langsat ini adalah warna caramel, emas, coklat, dan oranye. Jika kamu mengenakan warna ini, maka akan terkesan mati atau pucat, sehingga membuat kulit justru terlihat lebih kusam.

3 dari 5 halaman

Kulit Putih

Begitu juga dengan si pemilik kulit putih. Bukan sebuah masalah besar bagi kamu yang memiliki kulit putih ini untuk memilih warna jilbab. Pada dasarnya hampir seluruh warna cocok untuk digunakan bagi kamu yang memilki kulit putih. Namun, tetap saja ada beberapa warna yang perlu digunakan bahkan dihindari oleh kamu pemilik kulit putih.

Kamu sangat cocok untuk menggunakan warna jilbab yang cenderung tegas dan gelap, agar dapat menonjolkan kecerahan kulit wajah. Warna-warna ini adalah hitam, merah marun, biru tua, dan ungu. Kalau kamu ingin sesekali mengenakan warna jilbab yang terang, kamu bisa menggunakan warna yang sedikit terang seperti kuning, merah, dan merah muda.

Sedangkan untuk warna yang perlu dihindari untuk kamu pemilik kulit putih adalah warna yang cenderung lembut seperti putih, nude, dan warna pastel. Warna yang kalem ini akan cenderung mati di kulit wajah kamu. Hal ini membuat tampilan wajah menjadi terlihat lebih pucat.

4 dari 5 halaman

Kulit Sawo Matang

Nah, kulit sawo matang merupakan salah satu warna kulit yang cukup sulit untuk menentukan warna pakaian bahkan jilbab. Kamu perlu sedikit keahlian memilih warna agar tidak terlihat kusam dan menjadi gelap saat mengenakan jilbab.

Sama halnya dengan pemilik warna kulit putih dan kuning langsat. Pemilik warna kulit sawo matang juga memiliki warna yang perlu dihindari dan wajib dipakai.

Nah, untuk warna yang boleh digunakan si pemilik warna kulit sawo matang ini adalah warna pastel, warna gading, dan warna yang cenderung gelap. Warna pastel yang bisa kamu gunakan adalah dusty pink, lavender, sky blue, dan lain sebagainya yang memiliki warna terang namun lembut agar kulit wajah kamu terlihat lebih cerah.

Selain itu, untuk warna gading kamu bisa menggunakan warna putih tulang. Hindari untuk menganakan warna putih, karena terlalu kontras.

Sedangkan warna gelap yang bisa kamu gunakan adalah navy, merah marun, ungu tua, dan hitam. Jangan menggunakan warna gelap sejenis dengan warna kulit seperti coklat atau olive. Hal ini akan membuat warna kulit wajah menjadi terlihat kusam.

5 dari 5 halaman

Kulit Gelap

Bagi kamu pemilik warna kulit yang gelap, tidak perlu khawatir dalam memilih warna jilbab. Ternyata, kulit gelap lebih mudah untuk memilih warna jilbab maupun pakaian. Ya, kulit gelap sama halnya dengan kulit putih. Di mana si pemilik kulit gelap ini cocok menggunakan hampir seluruh warna jilbab.

Warna jilbab yang dianjurkan untuk kamu dengan kulit gelap adalah warna yang menyala seperti kuning terang, hijau stabilo, atau biru elektrik. Ya, warna ini memang terlihat kontras namun akan memberikan kesan wajah menjadi lebih bersinar dan segar.

Bagi kamu yang kurang percaya diri untuk menganakan warna menyala, kamu bisa menggunakan warna silver, emas, dan warna pastel. Untuk warna pastel sendiri, kamu bisa menggunakan warna lavender yang bisa membuat kulit wajah nampak cerah.

Jangan sesekali untuk mengenakan jilbab dengan warna coklat tua, coklat muda, dan warna lainnya yang mirip dengan warna kulit kamu. Karena hal ini hanya akan membuat kulit wajah mu terlihat kusam.

Loading