Sukses

Intip Pesona Lembah Hula Israel, Surganya Para Burung

Di balik itu semua ternyata negara Israel memiliki keindahan alam yang mempesona.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak mengenal Israel, negara ini sendiri memang penuh kontroversial. Dimulai sejak mereka menempati wilayah Palestina sampai yang terakhir adalah melakukan kekejaman terhadap masyarakatnya. Di balik itu semua ternyata negara Israel memiliki keindahan alam yang mempesona.

Terletak di antara dua pegunungan yang megah, Lembah Hula, Israel, menawarkan surga lahan basah untuk beberapa spesies tanaman dan hewan. Tak heran jika lembah Hula disebut dangan surganya para burung karena banyak lembah ini diisi banyak burung, seperti yang Liputan6.com lansir dari From The Grapevine, Jumat (7/6/2019).

Lembah Hula yang lengkap dengan ladang, kebun, jalur air ini menjadi persinggahan sempurna untuk burung-burung yang bermigrasi ke selatan ke Afrika. Ratusan juta burung melakukan perjalanan melalui lembah di Israel ini di musim gugur dan musim semi, bahkan ribuan burung burung ini tinggal di sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Spesies Burung di Lembah Hula

Spesies burung di Lembah Hula, sebut saja, burung bangau, bangau, burung kormoran, dan burung air lainnya. Burung-burung ini, berbaur di antara burung elang, burung kutilang, dan burung asli Israel lainnya. Burung yang paling dikenal sebagai pengunjung di sini adalah burung derek.

Mereka tiba di lembah selama akhir musim gugur untuk melakukan tarian kawin dan burung-burung derek seringnya juga akan tinggal selama musim dingin. Agar burung-burung derek tidak merusak pertanian lokal, staf Agamon Hula Ornithology dan Nature Park memilih memberi burung-burung itu makan.

Mereka akan memberi makan burung menggunaan kendaraan yang berlalu-lalang melintasi ladang. Burung-burung cenderung menghindari manusia, namun saat makan siang mereka justru mendekat dan mendatanginya.

Memiliki lebih dari 400 spesies burung yang mampir setiap tahunnya, Lembah Hula mendatangkan keuntungan tersendiri bagi ahli ekologi dan ornitologi. 

3 dari 6 halaman

1. Menjadi tempat wisata alam di Israel

4 dari 6 halaman

2. Sempat mengering Danau Hula kini dipenuhi dengan air lagi dan berganti nama menjadi Danau Agmon

5 dari 6 halaman

3. Lembah ini menawarkan beberapa jalur yang cocok untuk berjalan serta bersepeda melewati kebun buah dan ladang di kanan kirinya

6 dari 6 halaman

4. Menjadi tempat migrasi para burung dari Afrika

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini