Sukses

Masih Ingat Saras 008? Ini 4 Superhero Wanita dari Indonesia yang Keren Abis

Waktu dengar kata superhero wanita, mungkin langsung terbayang sosok-sosok superhero seperti Wonder Woman atau Supergirl.

Liputan6.com, Jakarta Superhero buatan Marvel Cinematic Universe (MCU) selalu mengundang decak kagum para penggemar. Mungkin kamu sudah banyak mengenali beberapa karakter superhero buatan MCU. Baik superhero yang telah diangkat dalam film maupun yang masih dikisahkan dalam komiknya.

Sadar atau tidak, kalau di setiap film superhero itu karakter utamanya selalu laki-laki berbadan kekar yang bisa mengalahkan para musuh dengan mudah. Padahal, banyak juga karakter superhero wanita yang sebenarnya enggak kalah kuat dari para superhero cowok.

Waktu dengar kata superhero wanita, mungkin langsung terbayang sosok-sosok superhero seperti Wonder Woman atau Supergirl. Ya, mereka semua memang tokoh ikonik yang punya sejarah panjang di dunia komik sampai kartun superhero.

Tapi tahukah kamu Indonesia juga punya banyak karakter superhero wanita yang tidak kalah keren dari superhero luar. Berikut superhero wanita asal Indonesia yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (7/6/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Santini

Karakter Santini diciptakan oleh Gerdi W.K pada tahun 1974, Santini digambarkan sebagai sosok superhero yang punya banyak kemampuan. Bisa terbang, kebal peluru, dan yang paling spesial, punya pendengaran luar biasa peka.

Kemampuan itu penting untuk mengalahkan musuh utamanya, Serigala Hitam dan Gerombolan Kawa-Kawa. Sebelum jadi superhero, Santini awalnya adalah cewek biasa bernama Shanti. Namun hidupnya berubah sejak ia mendapat kekuatan super dari sesosok alien misterius.

3 dari 5 halaman

2. Sri Asih

Karakter Sri Asih dibuat oleh bapak komikus Indonesia, R.A Kosasih. Sri Asih bisa dibilang merupakan Wonder Woman-nya Indonesia. Sebab dalam pembuatannya, R.A Kosasih memang terinspirasi dari tokoh populer karya William Moulton Marston itu. Dan karena udah dibuat sejak tahun 1953, Sri Asih juga menjadi superhero wanita pertama di Indonesia.

Penampilan Sri Asih sendiri kelihatan Indonesia banget dengan balutan kebaya, kain batik dan selendang. Tapi jangan salah, dibalik penampilannya yang sederhana itu, kekuatan-kekuatan super seperti terbang, kebal peluru, sampai mampu menggandakan diri dimiliki oleh sosok yang satu ini.

4 dari 5 halaman

3. Merpati

Muncul dalam komik klasik Indonesia, serial Gundala, Merpati termasuk sosok superhero wanita terhebat yang dimiliki Indonesia. Tokoh ini diciptakan komikus bernama Hasmi, dan muncul pertama kali dalam seri ‘Gundala Sampai Ajal’ di tahun 1976.

Punya kemampuan terbang dan bela diri, Merpati awalnya diceritakan sebagai sosok wartawati biasa bernama Sedah Hesti Wulan. Saat berusaha menyelamatkan ayahnya dari penculikan, dia malah jatuh ke jurang dan diselamatkan oleh segerombolan merpati yang membawanya pada Ratu Doves. Oleh Ratu Doves inilah dia kemudian diberi kekuatan super sekaligus tugas untuk menyelamatkan dunia.

5 dari 5 halaman

4. Saras 008

Nah kalau sosok superhero yang satu ini, pasti akrab di kalangan anak-anak 90-an. Punya slogan, ‘Saras Pahlawan Kebajikan’, serial satu ini emang pernah jadi salah satu acara populer di TV Indonesia.

Saras awalnya adalah seorang wanita pecinta kucing bernama Saraswati. Tapi, setelah kucing kesayangannya mati, dia malah secara ajaib dapat kekuatan super. Dari situ lah ia mulai menemukan sisi jahat dunia dan berusaha memberantasnya dengan bantuan berbagai tokoh-tokoh unik dalam ceritanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini