Sukses

7 Manfaat Tidur Miring Ke Kanan Bagi Kesehatan, Sesuai Anjuran Nabi Muhammad

Liputan6.com, Jakarta Tidur miring ke kanan sesuai dengan Anjuran Nabi Muhammad SAW ternyata memiliki berbagai macam manfaat kesehatan. Oleh karena itu, kamu bisa memulai tidur miring ke kanan dari sekarang untuk menjaga kesehatan. 

Orang memiliki berbagai gaya tidur yang disenanginya dan paling nyaman untuknya. Namun tidak semua posisi tidur yang memiliki dampak kesehatan. Malah beberapa posisi tidur dapat mengakibatkan penyakit.

Manfaat tidur miring ke kanan sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW ternyata berdampak sangat baik terhadap kesehatan. Ini juga sudah dikaji dengan berbagai penelitian medis.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (8/6/2019) tentang manfaat tidur miring ke kanan sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW

2 dari 5 halaman

Tidur Miring ke Kanan Dalam Hadits

Tidur miring ke kanan pernah disebutkan dalam sebuah riwayat Al-Bara′ bin Azib yang menyampaikan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Apabila kamu hendak berangkat ke tempat tidurmu maka berwudhulah seperti wudhumu untuk shalat, kemudian berbaringlah pada sisi badan sebelah kanan…,” (HR. Bukhari-Muslim)

Dari hadits tersebut telah jelaslah tidur miring ke kanan merupakan anjuran dari Nabu Muhammad SAW sendiri. Memang syariat islam selalu membawa umatnya pada kebaikan, baik kebaikan rohani dan juga jasmani. Tidur miring ke kanan juga memiliki berbagai manfaat medis yang luar biasa.

3 dari 5 halaman

Mengurangi Beban Jantung dan Menjaga Kesehatan Paru-Paru

1. Mengurangi Beban Jantung

Manfaat pertama tidur miring ke kanan bagi kesehatan adalah mengurangi beban jantung. Saat tubuh miring ke kanan saat tidur, maka darah akan mengalir lebih merata dan terkonsentrasi pada tubuh bagian kanan.

Denyut jantung akan lebih lambat dan tekanan darah akan menurun karena aliran darah yang masuk dan keluar dari jantung juga lebih melambat. Dengan menerapkan posisi tidur miring ka kanan, maka jantung tidak akan tertimpa oleh organ lain karena posisi jantung akan condong ke sebelah kanan.

Jadi dengan manfaat tidur miring ke kanan yang sangat baik ini, kamu harus menerapkannya untuk menjaga kesehatan.

2. Menjaga Kesehatan Paru-Paru dan Pernapasan

Karena paru paru kiri lebih kecil daripada paru-paru sebelah kanan, maka posisi tidur miring ke kanan lebih baik diterapkan untuk lebih meringankan beban jantung. Hal ini karena jantung juga akan condong ke kanan, dan menekan paru-paru kanan yang ukurannya lebih besar.

Hal ini tidak akan menimbulkan masalah pernapasan. Akan berbeda bila jantung menekan paru-paru sebelah kiri yang lebih kecil. Selain itu, tidur miring ke kanan juga akan menjaga saluran pernapasan dari berbagai masalah, seperti mencegah jatuhnya pangkal lidah yang akan menyebabkan gangguan pada saluran pernapasan.

4 dari 5 halaman

Mengistirahatkan Otak Kiri, Kaki Kiri, dan Lambung

3. Mengistirahatkan Otak Kiri

Manfaat tidur miring ke kanan selanjutnya adalah mengistirahatkan otak kiri. Manusia memang memiliki dua bagian otak yaitu, otak bagian kanan dan bagian kiri.

Otak kanan berfungsi sebagai pusat saraf organ tubuh bagian kiri, sedangkan otak kiri merupakan pusat saraf organ tubuh bagian kanan. Kebanyakan orang lebih aktif menggunakan bagian kanan organ tubuhnya saat beraktivitas, yang berarti otak kiri yang sering bekerja seharian.

Dengan tidur miring ke kanan, maka otak kiri akan dibiarkan untuk beristirahat dan otak kanan yang akan menggantikan perannya. Penyakit penyakit seperti penyempitan pembuluh darah dan pengendapan pembekuan darah tidak akan terjadi.

4. Mengistirahatkan Kaki Kiri

Banyak orang menggunakan kaki kananya secara aktif daripada kaki kiri. Hal ini mengakibatkan kaki kiri lebih sering menjadi penahan atau penyeimbang yang bebannya juga berat.

Dengan begitu, kaki kiri sering lebih cepat pegal. Selain itu, kaki juga merupakan bagian terbawah yang membaut peredaran darah akan memakan waktu lebih lama untuk kembali. Dengan tidur miring ke kanan maka akan membantu pengosongan vena kaki kiri sehingga pegal akan cepat hilang.

5. Mengistirahatkan Lambung 

Tidur miring ke kanan memang bisa membuat berbagai organ tubuh yang penting beristirahat. Lambung juga bisa beristirahat saat tidur miring ke kanan sehingga proses pengosongan lambung akan berjalan lebih cepat.

5 dari 5 halaman

Menyerap Nutrisi dan Merangsang Buang Air Besar

6. Penyerapan Nutrisi Lebih Maksimal

Penyerapan nutrisi dari makanan akan berjalan lebih maksimal bila tidur miring ke kanan. Pergerakan usus akan meningkat saat tidur dan bila kamu tidur dengan posisi miring ke kanan, maka secara otomatis perjalanan makanan dalam proses pencernaan dan proses penyerapan dalam tubuh akan memakan waktu lebih lama, sehingga penyerapan nutrisi dan gizi menjadi lebih maksimal.

7. Merangsang Buang Air Besar

Tidur miring ke kanan akan membantu penderita sembelit. Hal ini disebabkan karena tidur miring ke kanan akan merangsang buang air besar. Sehingga buang air besar akan menjadi lebih lancar. Hal ini terjadi karena aktivitas usus yang berjalan dengan lebih lancar.