Sukses

9 Manfaat Srikaya Bagi Kesehatan, dari Anti Kanker Hingga Mempertajam Penglihatan

srikaya tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, namun juga bermanfaat dalam merawat kecantikan

Liputan6.com, Jakarta Srikaya merupakan buah yang cukup mudah ditemukan di Indonesia. Dengan kulit luar yang keras, tekstur daging srikaya begitu lembut dan kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. 

Rasa srikaya sangat manis dan ditambah lagi dengan manfaat-manfaat untuk mencegah dan mengatasi berbagai macam penyakit. Tidak heran banyak produk olahan seperti roti yang menjadikan srikaya sebagai salah satu varian rasa.

Bahkan srikaya tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, namun juga bermanfaat dalam merawat kecantikan. Tidak akan rugi rasanya bila kamu mengonsumsi srikaya secara rutin dengan berbagai manfaat yang diberikannya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (8/6/2019) tentang manfaat srikaya bagi kesehatan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anti Kanker, Menyembuhkan Infeksi Kulit, dan Melancarkan Pencernaan

1. Anti kanker

Manfaat srikaya yang pertama adalah sebagai anti kanker. Banyak obat atau ramuan herbal yang mengandung ekstrak srikaya di dalamnya sebab srikaya mengandung asetogenin dan alkaloid yang bisa membunuh sel kanker.  

Senyawa senyawa asetogenin ini memiliki efek sitotoksik terhadap sel sel kanker yang menyebabkan sel kanker tersebut akan mati. Bahkan srikaya juga bisa mencegah dan sekaligus menyembuhkan penyakit kanker.

Kandungan antioksidan yang cukup banyak pada srikaya dapat menangkal berbagai radikal bebas yang bisa memicu kanker.

2. Menyembuhkan Infeksi Kulit

Selain itu, srikaya juga bermanfaat dalam menyembuhkan infeksi yang terjadi pada kulit. Mengonsumsi srikaya secara rutin dapat membantu untuk meregenerasi sel dalam lapisan kulit, membantu dalam pembentukan tulang rawan, tendon, serta ligamen, dan juga mempercepat penyembuhan infeksi di kulit.

Bahkan akar tanaman sriakya bisa mengatasi bisul dan penyakit kudis. Hal ini juga menambah cakupan manfaat srikaya tidak hanay mengatasi penyakit dalam saja, namun juga bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan bagian luar tubuh.

3. Melancarkan Pencernaan

Manfaat srikaya bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat melancarkan pencernaan. Srikaya sangat kaya akan serat dan tembaga yang penting untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

Kandungan serat dalam srikaya dapat mencegah terjadinya sembelit pada tubuh kamu. Dengan mengonsumsi srikaya maka masalah seperti gastritis dan mulas akan berkurang, serta racun dari usus akan dikeluarkan. Bahkan srikaya juga bisa menyembuhkan disentri dan diare. Buah yang menakjubkan ini sangat membantu pencernaan dan juga sangat efektif mengobati gangguan pencernaan.

3 dari 4 halaman

Memperkuat Kekebalan Tubuh, Kesehatan Kehamilan, Dan Penglihatan

4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan kandungan vitamin C yang sangat kuat, srikaya baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh serta menghancurkan radikal bebas yang ada dalam tubuh. Dengan memasukkan buah srikaya pada menu sehari-hari kamu, maka tubuh akan lebih kebal dari berbagai penyakit.

5. Mendukung Kesehatan Kehamilan

Mengonsumsi buah srikaya dengan rutin dapat meminimalkan risiko keguguran, kelahiran bayi prematur, hingga nyeri saat persalinan. Bahkan manfaat srikaya juga bisa untuk meningkatkan kesehatan sistem saraf, otak, dan sistem kekebalan tubuh janin secara efektif

6. Mempertajam Penglihatan

Srikaya bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah yang berkaitan dengan mata dan penglihatan. Buah srikaya yang dikemas dengan vitamin A, B2, C, serta riboflavin membantu untuk menghancurkan radikal bebas dan mata dari beberapa masalah serta alergi.

4 dari 4 halaman

Menjaga Kesehatan Jantung, Anemia, dan Otak

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan magnesium pada srikaya dapat melindungi jantung dari serangan jantung dan vitamin B6 dalam srikaya dapat membantu mencegah koleksi homocystein, yang juga meminimalkan risiko penyakit jantung.

Srikaya juga mengandung natrium dan kalium dengan jumlah yang tepat. Mineral ini membantu untuk mengontrol dan mengatur tekanan darah dalam tubuh manusia. Sementara kandungan magnesium yang telah disebutkan akan membantu mencegah kram sehingga risiko stroke akan menurun.

8. Mengobati Anemia

Zat besi yang tinggi dalam srikaya sangat baik untuk penderita anemia. Tembaga dan zat besi merupakan unsur penting hemoglobin, oleh karena itu buah ini sangat dianjurkan juga bagi wanita hamil. Selain itu buah ini juga berguna dalam mengobati asam urat

9. Meningkatkan Kesehatan Otak

Manfaat srikaya juga bisa untuk mengingkatkan kesehatan otak. kandungan vitamin B kompleks dalam srikaya bisa membantu untuk menurunkan stres, depresi, serta emosi yang ada di dalam otak. Sel otak akan sehat bila kamu secara rutin mengonsumsi buah srikaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini