Sukses

Potret Bahagia Bocah di Daerah Kekeringan Saat Dimandikan dengan Air Bersih, Bikin Haru

Liputan6.com, Jakarta Air adalah sumber kehidupan yang sangat vital. Air bersih sangat dibutuhkan oleh umat manusia dan segala penghuni yang ada di seluruh dunia. Baik itu untuk minum, memasak, mandi hingga mencuci. Tidak hanya sebatas dibutuhkan oleh manusia, namun hewan dan tumbuhan pun memerlukan air untuk menunjang kelangsungan hidup mereka.

 

Tanpa air, maka manusia akan sulit bertahan hidup, dan tanpa air pun hewan dan tumbuhan akan mati. Indonesia sendiri adalah salah satu negara yang juga mengalami masalah air bersih di sejumlah daerah.

Namun, ada sejumlah negara di dunia yang sudah dalam kondisi sangat memprihatinkan. Mereka mengalami kekeringan dan kesulitan mendapatkan air bersih. Maka ketika ada air bersih perasaan bahagia tentu tak bisa disembunyikan. Seperti yang dialami oleh bocah satu ini.

Berikut potret bahagia bocah di daerah kekeringan air saat dimandikan yang Liputan6.com kutip dari Twitter @_SJPeace_, Selasa (28/5/2019).

2 dari 3 halaman

Video bocah bahagia saat dimandikan dengan air yang melimpah

Dalam video yang dibagikan oleh @_SJPeace_ di media sosial Twitternya tersebut sangat menyentuh hati bagi para penontonnya. Apalagi para penonton video tersebut memiliki akses yang sangat mudah untuk air besih.

Dalam video berdurasi 9 detik itu, terlihat bocah itu tinggal di daerah yang kekeringan. Bahkan mungkin untuk sekedar meneguk air saja sulit, sehingga ketika datang air dengan mudah, perasaan bahagianya tak tertahankan.

Dirinya pun memberikan cuitan dalam video tersebut, "Saya sangat beruntung memiliki air hangat dan area khusus untuk mandi. Sangat mudah untuk melupakan ada orang di dunia yang sama ini yang tidak memiliki akses ke sana. Tidak memiliki akses ke sesuatu yang sederhana seperti air bersih. Lihatlah betapa bahagianya" ungkapnya dalam Twitter pada Senin (27/5/2019).

3 dari 3 halaman

Negara yang alami krisis air terparah

Negara yang alami krisis air terparah ada Libya, negara ini mengalami pergolakan politik, kondisi di negara yang terletak di Benua Afrika ini juga mengalami krisis air bersih. Negara ini dikenal tandus dan membutuhkan pasokan air untuk kehidupan. Sumber air di Libya sulit diakses. Ditambah perubahan rezim yang bertindak semaunya dan memutus aliran air di sejumlah wilayah, termasuk ibu kota Tripoli.

Sahara Barat, sering digambarkan sebagai gurun karena namanya, negara ini sebenarnya adalah rumah bagi ribuan pengungsi yang mengalami penderitaan. Hal ini terjadi karena mereka mengalami kekurangan makanan dan air secara terus menerus. Konflik yang terjadi di negara ini juga jadi pelopor permasalahan.

Yordania berada dalam posisi yang tidak menguntungkan karena berada di Timur Tengah yang gersang dan terpecah secara politik. Negara ini harus sangat bergantung pada sumber daya air alami sendiri, yaitu Laut Mati dan Sungai Yordan. Karena peningkatan desertifikasi dan populasi yang meningkat, sumber air kian menipis.