Sukses

5 Langkah Mudah yang Bisa Dilakukan Setelah Konsumsi Makanan Tinggi Kolesterol

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang memiliki kolesterol di dalam tubuhnya. Kolesterol ini terbentuk di dalam hati dan memiliki fungsi penting untuk tubuh. Terdapat dua jenis kolesterol yang terdapat di dalam tubuh manusia. Pertama, kolesterol LDL. Merupakan jenis kolesterol yang berbahaya bagi tubuh. Kedua, kolesterol HDL. Merupakan kolesterol yang dapat melarutkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Untuk itu, sebenarnya kamu masih membutuhkan konsumsi makanan berkolesterol namun tetap dalam batas normal. Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160 – 200 mg saja. Jadi, kamu jangan terburu-buru berpikir negatif soal kolesterol. Menjadi bahaya ketika kadar kolesterol terlalu tinggi, yang dapat menyebabkan penyakit dan juga menyumbat aliran darah.

Tapi, kalau kamu sudah terlanjur mengonsumsi makanan tinggi kolesterol, kamu perlu segera untuk menetralkannya agar kadar kolesterol di dalam tubuh kamu tidak menumpuk. Berikut ini, Liputan6.com, Rabu (29/5/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan agar kolesterol tidak naik.

2 dari 6 halaman

Minum Air Hangat

Saat kamu sudah terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi kolesterol, kamu bisa langsung coba menetralisirnya dengan minum air hangat. Minum air hangat diklaim bisa membantu meluruhkan minyak dan kolesterol, sehingga tak masuk ke pembuluh darah dan disimpan di dalam tubuh.

3 dari 6 halaman

Jangan Langsung Tidur Setelah Makan

Kalau kamu mengonsumsi makanan tinggi kolesterol pada malam hari, usahakan untuk tidak langsung tidur. Kamu dianjurkan untuk melakukan beberapa gerakan kecil seperti jalan-jalan sebentar, melakukan peregangan, melakukan pekerjaan rumah yang ringan. Jika memungkinkan kamu juga bisa melakukan gerakan yoga untuk membakar kalori.

4 dari 6 halaman

Olahraga Sebentar

Untuk membakar kalori dan membuang kolsterol dalam tubuh, kamu perlu olahraga atau menggerakkan tubuh paling tidak selama 20 menit. Namun jangan melakukan gerakan yang terlalu keras. Kamu bisa melakukan gerakan sederhana seperti berjalan, naik turun tangga, bergerak sambil mengikuti alunan music atau bersepeda.

5 dari 6 halaman

Hindari Minum Dingin

Gorengan merupakan salah satu sumber makanan pemicu kolesterol tinggi. Jadi, ketika kamu mengonsumsi gorengan dalam jumlah yang cukup banyak, hindari untuk langsung mengonsumsi minuman yang dingin-dingin.

Air es bisa disebut bisa membekukan minyak dan kolesterol di dalam pencernaan. Hal ini nantinya akan sulit untuk dicerna dan menyusahkan organ liver, usus, dan lambung.

6 dari 6 halaman

Makan yang Asam-asam

Setelah mengonsumsi makanan tinggi kolesterol, kamu bisa mencoba mengonsumsi makanan yang terasa asam seperti belimbing wuluh, lemon, jeruk, tomat, dan buah lainnya yang asam. Kandungan asam ini bisa menetralkan minyak dan membantu menghancurkan kolesterol.

Loading