Sukses

Prabowo ke Dubai Selasa Pagi Bareng Kolega, Ini Fakta-Faktanya

Mengulik fakta terkait kunjungan Prabowo ke Dubai pada Selasa pagi.

Liputan6.com, Jakarta Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto dikabarkan bertandang ke Dubai pada Selasa pagi, (28/5/2019). Kabar tersebut dikonfirmasi oleh Juru Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Ahmad Riza Patria. 

Berdasarkan keterangan yang didapat, Prabowo terbang menggunakan pesawat jet pribadi dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur. Kasubag Humas Ditjen Imigrasi Kemenkumham, Sam Fernando juga membenarkan kepergian Prabowo ke negara penghasil minyak bumi tersebut.

Diketahui, Prabowo meninggalkan Jakarta pada pukul 08.14 WIB ditemani oleh beberapa warga negara asing. Hingga kini, pasangan Sandiaga Uno itu belum memberikan pernyataan resmi terkait kepergiannya ke Dubai.

Namun, sejauh ini telah diperoleh beberapa fakta menyusul agenda Prabowo di luar negeri. Selengkapnya, berikut deretan fakta terkait kepergian Prabowo ke Dubai yang telah Liputan6.com himpun dari berbagai sumber, Rabu (29/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Identitas WNA yang Temani Prabowo ke Dubai

Menurut Ahmad Riza Patria, Prabowo bersama tujuh orang yang di antaranya adalah warga negara Rusia, Amerika, dan Jerman. Data manifes menyebut, dua WN Rusia yang masuk dalam manifes perjalanan Prabowo Subianto ke Dubai adalah Mikhail Davzdov dan Anzhelika Butaeva.

"Betul ke Dubai tadi pagi. Naik private jet bersama teman-temannya," kata Ahmad Riza Patria, seperti dikutip Liputan6.com dari Merdeka.com, Rabu (29/5/2019).

Prabowo juga ditemani Justin Darrel Flores Howard asal Amerika serta Mischa Gemermann asal Jerman. Selain ke-empat WNA tersebut, Prabowo juga turut mengajak tiga kolega asal Indonesia. Mereka adalah, Edy Arman, Yoriko Fransisko Karapang, dan Gibrael Habel Karapang.

3 dari 5 halaman

2. Maksud Kunjungan Prabowo ke Dubai

Ahmad Riza menyatakan bahwa Prabowo bertolak ke Dubai untuk membahas urusan bersama koleganya. Ia tak menjelaskan secara rinci mengenai jenis kepentingan yang dihadiri mantan Danjen Kopassus itu.

Selain kepentingan politik, Prabowo juga dikabarkan sekaligus mengecek kesehatannya. Meski demikian, Ahmad Riza mengimbuhkan bahwa Prabowo dalam kondisi prima dan tidak mengidap penyakit kronis tertentu.

"Prabowo itu orang yg rutin periksa kesehatan rajin, olahraga rajin. Berenang dan naik kuda rajin. Dia itu disiplin tertib teratur." Imbuh Ahmad Riza.

4 dari 5 halaman

3. Rencana Kunjungan Selanjutnya

Hingga kini, belum ada informasi lebih lanjut mengenai durasi kunjungan Prabowo di Dubai. Namun, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon ikut angkat bicara mengenai kunjungan capres 02 itu.

Juru Debat BPN hanya menginformasikan bahwa Prabowo akan tinggal lebih dari dua hari di sana. Ia juga menambahkan bahwa setelah menyelesaikan urusannya di Dubai, Prabowo akan bertandang ke Austria.

5 dari 5 halaman

4. Naik Pesawat Pribadi

Prabowo Subianto terbang ke Dubai, Uni Emirate Arab berangkat Selasa pagi menaiki pesawat pribadi dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur. Data imigrasi mencatat, Prabowo terbang dengan Pesawat Charter Private Jet Ambraer 190/ Lineage 1000 noreg: 9HNYC

"Pada 28 Mei 2019 pukul 06.16 WIB, di Bandara Halim PK Jakarta Timur Prabowo dan rombongan dalam rangka keberangkatan ke Dubai Uni Emirat Arab," kata Sam Fernando, Kasubag Humas Ditjen Imigrasi Kemenkumham Sam Fernando, Selasa (28/5/2019).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini