Sukses

6 Makanan yang Biasa Dikonsumsi saat Lebaran Ini Bisa Sebabkan Wajah Cepat Tua

Liputan6.com, Jakarta Makanan lebaran biasanya terdiri dari makanan-makanan yang sangat kamu sukai. Mulai dari makanan berat sampai makanan ringan atau camilan tersedia baik di rumah sendiri, maupun rumah keluarga lainnya. Membuat siapapun sulit untuk menahan diri untuk makan. 

Namun, banyak juga dari makanan lebaran tersebut yang tidak menyehatkan bagi tubuh. Sebagian makanan bila dikonsumsi terlalu berlebihan malah akan menimbulkan berbagai macam masalah dan penyakit.

Beberapa makanan lebaran dapat menyebabkan wajah cepat tua. Tentunya kamu tidak ingin terlihat lebih tua padahal secara usia kamu masih muda. Oleh karena itu, hindarilah makanan lebaran yang menyebabkan wajah menjadi cepat tua.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (30/5/2019) tentang makanan lebaran yang menyebabkan wajah cepat tua

2 dari 4 halaman

Daging dan Makanan yang Digoreng

1. Daging

Makanan lebaran pertama yang bisa menyebabkan wajah cepat tua adalah segala jenis daging, terutama yang banyak lemak. Daging tentunya menjadi salah satu makanan lebaran yang jarang sekali absen disajikan di meja makan.

Namun olahan daging yang nikmat ini tidak baik bila terlalu banyak dikonsumsi. Daging yang mengandung lemak dapat menimbulkan terjadinya penimbunan lemak pada tubuh. Penimbunan lemak ini bisa mengakibatkan kulit di area wajah lebih terasa lembap.

Jadi bila kamu tidak ingin wajah cepat tua, maka konsumsi daging yang mengandung banyak lemak saat lebaran harus dihindari, atau setidaknya dikurangi porsinya.

2. Makanan yang Digoreng

Makanan lebaran kedua yang bisa menyebabkan wajah cepat tua adalah segala jenis makanan yang digoreng. Hal ini kembali berkaitan dengan kandungan lemak yang terkandung dalam kanan yang digoreng tersebut.

Bahkan kandungan lemak pada makanan yang digoreng lebih berbahaya daripada lemak pada daging biasa. Kamu disarankan memperbanyak konsumsi buah dan sayur saat lebaran untuk menjaga kesehatan, khususnya kesehatan pencernaan. Jadi, kamu bisa mengurangi konsumsi makanan yang digoreng saat lebaran agar wajah tidak cepat tua.

3 dari 4 halaman

Makanan Manis dan Asin

3. Makanan Manis

Makanan manis merupakan salah satu sajian khas saat lebaran. Makanan manis seperti kue lebaran tentunya adalah menu wajib yang selalu disajikan di ruang tamu saat lebaran.

Saat berkunjung ke rumah keluarga maupun teman, hal pertama yang akan tersaji di meja tamu adalah kue lebaran yang manis. Tentunya akan sangat sulit untuk tidak mengonsumsi makanan manis ini. Namun, mengonsumsi makanan manis, khususnya kue lebaran yang terlalu banyak dapat menyebabkan timbulnya berbagai masalah kesehatan bagi tubuh.

Konsumsi berlebihan menyebabkan terjadinya peningkatan timbunan gula dalam tubuh yang menimbulkan penimbunan lemak. Hal inilah yang bisa mengakibatkan wajah cepat tua. Selain itu, makanan manis juga bisa mengakibatkan kerusakan pada gigi kamu.

4. Makanan Asin

Makanan lebaran selanjutnya yang menyebabkan wajah cepat tua adalah makanan asin. Makanan lebaran seperti kacang asin hingga keripik asin merupakan salah satu hidangan yang hampir selalu ada saat lebaran.

Padahal makanan asin ini bisa membuat tubuh mengikat terlalu banyak air yang menimbulkan efek sembap pada kulit dan membuat kamu terlihat lebih tua. Oleh karena itu, kamu wajib mengontrol diri dalam menyantap camilan-camilan asin saat lebaran.

Jangan terlalu banyak makan makanan asin agar menjaga wajahmu tida terlihat cepat tua.

4 dari 4 halaman

Makanan Kemasan dan Kafein Berlebihan

5. Makanan Kemasan

Makanan kemasan merupakan salah satu makanan lebaran yang menyebabkan wajah cepat tua. Hal ini disebabkan oleh faktor kandungan garam dan bahan kimia yang ada pada makanan kemasan sebagai pengawet.

Kandungan tersebut dapat membuat wajah terlihat tua. Sebaiknya kamu memilih makanan dengan bahan alami dan diolah langsung daripada makanan yang berbahan pengawet untuk menjaga kesehatan.

6. Kafein Berlebihan

Minuman yang mengandung kafein juga dapat menyebabkan wajah cepat tua bila dikonsumsi secara berlebihan. Minuman berkafein seperti kopi dapat menyebabkan penurunan cairan dialami oleh tubuh karena kandungan kafein yang tinggi.

Penurunan cairan inilah yang menyebabkan kulit menjadi terlihat kusam. Selain itu, soda juga merupakan salah satu minuman yang sering disajikan saat lebaran. Namun, mengonsumsi soda secara berlebihan dapat membuat tubuh mengalami penumpukan gula dan memicu diabetes karena kandungan gula yang cukup banyak.