Sukses

5 Fakta Masjid Maria Bunda Yesus, Jadi Simbol Toleransi Beragama

Menariknya masjid Maria Bunda Yesus di Uni Emirat Arab.

Liputan6.com, Jakarta Masjid menjadi tempat yang digunakan umat muslim untuk beribadah. Biasanya masjid memiliki nama yang mengartikan sebuah kebaikan dalam Islam. Ada harapan yang ditaruh saat pemberian nama sebuah masjid.

Di Uni Emirat Arab, ada hal menarik terkait pemberian nama masjid. Sebagai negara yang memang terkenal akan toleransinya, ada masjid yang memiliki nama Maria Bunda Yesus.

Pergantian nama tersebut dilakukan pada hari Rabu, 14 Juni 2017 oleh Mohammed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan, pangeran mahkota Abu Dhabi dan Deputi Komandan Tertinggi Pasukan Angkatan Darat UEA. Masjid megah berwarna emas ini dulu bernama Masjid Sheikh Mohammad Bin Zayed.

Penasaran apa saja fakta menarik dari Masjid Maria Bunda Yesus? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang fakta masjid yang melambangkan toleransi beragama, Jumat (31/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Dibangun pada tahun 1996

Masjid Maria Bunda Yesus memiliki nama awal Masjid Sheikh Mohammad Bin Zayed. Masjid ini digagas oleh Sheikh Zayed Al Nahyan pada tahun 1996. Namun pada tahun 2004 Sheikh Mohammad bin Zayed meninggal dunia dan pembangunan masjid ini tetap dilanjutkan.

Diawasi langsung Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, Presiden Uni Emirat Arab, di bawah pengawasan saudaranya Jendral Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan, masjid ini akhirnya dibuka pertama kali tahun 2007.

 

3 dari 6 halaman

2. Miliki 82 Kubah dan 1000 pilar

Masjid Maria Bunda Yesus memiliki 82 kubah dan lebih 1000 pilar. 82 Kubah tersebut bergaya Maroko dan dihias dengan batu pualam putih.

Kubah masjid ini memiliki tinggi hampir 107 meter. Sementara pilar masjid ini lebih dari 1000 dilapisi dengan ribuan lembar batu pualam dan batu alam polesan. 

4 dari 6 halaman

3. Miliki fasilitas perpustakaan yang megah

Jika kamu berkunjung ke Masjid Maria Bunda Yesus, maka disarankan ke sisi utara menara masjid. Di sana ada perpustakaan yang dilengkapi buku-buku klasik dan buku-buku ilmu pengetahuan dalam Islam.

Buku kuno terbitan 200 tahun lalu pun ada di sana. Hebatnya lagi, perpustakaan ini banyak sekali buku terbitan berbagai bahasa. Bahasa Arab, Inggris, Prancis, Italia, Jerman dan Korea adalah bahasa-bahasa yang bukunya dapat ditemukan di perpustakaan Masjid Maria Bunda Yesus.

5 dari 6 halaman

4. Sepuluh masjid terbesar di dunia

Masjid Maria Bunda Yesus termasuk dalam 10 masjid terbesar di dunia. Masjid ini memiliki kapasitas total mencapai 40.000 jamaah.

Besarnya kapastitas masjid ini memang menjadi bukti bahwa proyek pembangunan yang memakan waktu 12 tahun ini tidak sia-sia dan hasilkan masjid besar yang memesona.

 

6 dari 6 halaman

5. Masuk Guiness Book of World Record

Masjid megah ini juga catatkan rekor dunia. Yang menjadi rekor dunia ialah biaya pembangunan masjid. Masjid Maria Bunda Yesus menghabiskan dana mencapai 2,167 miliar dirham UAE atau kalau di konversikan sekitar Rp 8 Triliun.

Catatan dalam Guinness Book of World Records, masjid Maria Bunda Yesus raih tiga rekor yakni sebagai masjid dengan karpet terbesar, lampu gantung terbesar, dan kubah terbesar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini