Sukses

Awas, 5 Cara Menghilangkan Komedo yang Sering Dilakukan Ini Ternyata Salah

Jangan lakukan hal ini lagi saat membersihkan komedo di wajah.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki wajah yang bersih menjadi hal yang diidam-idamkan setiap orang. Apalagi buat para perempuan. Mereka sangat memperhatikan persoalan ini. Maka tak heran, kalau banyak ditemui kaum perempuan di klinik kecantikan untuk melakukan perawatan khususnya wajah.

Salah satu yang menjadi masalah pada bagian wajah adalah munculnya komedo. Komedo pada dasarnya terbentuk akibat sumbatan pori-pori kulit. Sumbatan ini terjadi akibat penumpukan minyak dan sel kulit mati.

Komedo umumnya berbentuk bintik kecil atau terkadang benjolan sangat kecil. Pada dasarnya, bintik ini tidak berbahaya. Namun hal ini cukup mengganggu penampilan kalau jumlahnya terlalu banyak. Komedo juga bisa sampai menurunkan rasa percaya diri bagi yang mengalaminya.

Maka tak heran, kalau banyak orang yang ingin melakukan pembersihan langsung pada komedo yang ada pada wajah. Selain pergi ke klinik kecantikan, membersihkan komedo sendiri di rumah ternyata sangat mudah dan praktis. Maka tak heran banyak orang yang memilih alternatif ini untuk dilakukan. Namun, kalau kamu tidak memperhatikan kehigienisan dan kondisi kulit dengan cermat dan tepat, justru akan memperparah komedo.

Alih-alih ingin membersihkan komedo dari wajah, namun cara yang dilakukan salah, justru akan memperparah kondisi komedo. Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan kesalahan-kesalahan yang ternyata sering kamu lakukan saat membersihkan komedo sendiri di rumah. Berikut ini Liputan6.com, telah mengulas beberapa kesalahannya, Jum’at (31/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Terlalu Sering Eksfoliasi

Eksfoliasi yang dilakukan pada wajah sebenarnya sangat penting. Eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati adalah salah satu perawatan wajah yang dilakukan untuk menghilangkan kotoran seperti debu, sisa makeup, dan sel-sel kulit mati yang membuat kulit nampak kusam.

Namun, kalau melakukan eksfoliasi terlalu sering justru akan memberikan efek tidak baik bagi kulit. Selain kulit menjadi sensitif, memerah, tekturnya pun akan menjadi lebih kering dan sensitif. Alhasil produksi minyak akan semakin aktif, sehingga jumlah komedo pun akan terus bertambah.

Oleh karena itu, agar terhindar dari hal ini, idelanya kamu hanya perlu melakukan eksfoliasi 2 kali dalam seminggu.

 

3 dari 6 halaman

Tidak Membersihkan Wajah dengan Baik

Kebanyakan dari orang melakukan proses mengeluarkan komedo tanpa membersihkan kulit wajah dengan tepat, bahkan tidak mencuci wajah terlebih dahulu. Kalau kamu terbiasa melakukan hal seperti ini, segera hentikan.

Ternyata kebiasaan buruk dengan tidak membersihkan wajah dengan benar sebelum mengeluarkan komedo adalah cara yang salah. Sebaiknya, sebelum mengeluarkan komedo, kamu perlu melakukan beberapa langkah yang harus dilakukan agar komedo dapat dengan mudah dikeluarkan.

Cara tepat yang bisa kamu lakukan adalah, mencuci wajah dengan tahapan double cleansing. Kemudian hangatkan wajah dengan menggunakan uap air panas sehingga pori-pori terbuka dan setelah itu kamu baru bisa mengeluarkan komedo.

4 dari 6 halaman

Mengeluarkan Komedo dengan Tangan

Kebiasaan ini juga sering kali dilakukan oleh beberapa orang untuk mengeluarkan komedo di wajahnya, yaitu mengeluarkannya dengan tangan. Siapa sangka, kalau ternyata cara ini justru membuat trauma pada kulit dan menyebabkan infeksi serta bekas luka pada kulit.

Selain kondisi tangan yang belum pasti steril, kebiasaan ini juga dapat memicu timbulnya jerawat karena kotoran yang ada pada tangan dapat dengan mudah berpindah pada kulit wajah.

5 dari 6 halaman

Alat yang Digunakan Tidak Steril

Kalau kamu sudah menggunakan alat khusus mengeluarkan komedo, kamu sudah selangkah lebih benar. Namun, kamu perlu memperhatikan juga, nih. Apa alat yang digunakan tersebut sudah steril atau belum? Nah, kalau belum, hal ini justru akan memperbanyak komedo.

Karena pada dasarnya, terdapat banyak bakteri yang tidak terlihat pada alat tersebut. Ketika menggunakan alat untuk mengeluarkan komedoa, alat ini justru akan mentransfer banyak bakteri dalam jumlah besar, yang bisa memicu timbulnya jerawat.

Oleh karena itu, kamu juga perlu selalu membersihkan dan sterilkan alat ekstrasi kamu dengan menggunakan alkohol 70% atau air panas. Sebelum menggunakan produk ini, pastikan kamu sudah membersihkannya.

6 dari 6 halaman

Tidak Menggunakan Moisturizer

Banyak yang berpikir kalau menggunakan pelembap bisa menyebabkan kulit kamu berminyak. Ternyata, pemikiran ini salah. Padahal untuk kulit berminyak sekalipun tetap membutuhkan pelembap. Selain menjaga kelembapan alami kulit, kehadiran pelembap juga bisa membantu mengontrol produksi minyak di wajah.

Karena ketika kulit kekurangan kelembapan, justru akan memproduksi minyak menjadi lebih aktif. Hal ini merupakan faktor utama penyebab munculnya komedo baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini