Sukses

Ini 5 Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Liputan6.com, Jakarta Diabetes merupakan penyakit metabolik yang menyebabkan kadar gula darah cenderung tinggi. Kondisi ini menuntut penderitanya untuk tidak sembarangan dalam mengonsumsi makanan. 

Walaupun begitu, bukan berarti penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi camilan manis sama sekali. Penderita diabetes tetap bisa mengonsumsi camilan manis, selagi memilih jenis camilan yang tidak menyebabkan meningkatnya gula darah.

Ya, peningkatan gula darah ini dapat terjadi akibat mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat (salah satunya yang memiliki rasa manis). Namun, penderita diabetes tetap bisa mengonsumsi makanan manis asal tidak sembarangan dalam memilihnya.

Nah, berikut ini ada beberapa makanan yang bisa kamu pilih dan makan tanpa perlu takut kadar gula darah menjadi naik. Telah Liputan6.com rangkum dari kanal Klikdokter, ini camilan yang bisa dikonsumsi penderita diabetes, Jum’at (31/5/2019).

2 dari 6 halaman

Buah-buahan

Buah merupakan sumber makanan manis alami yang tidak berbahaya. Kamu bisa menghidangkan buah-buahan sesuai selera. Agar lebih menarik, kamu bisa mengkreasikannya dengan membuat salad buah atau smoothies.

Agar lebih aman, pilihlah buah dengan indeks glikemik rendah seperti pisang, apel, dan kiwi. Hindari untuk mengonsumsi buah-buahan yang sudah diproses seperti buah kalengan atau manisan, karena kandungan pemanis di dalamnya sangat tinggi.

3 dari 6 halaman

Granola

Granola merupakan makanan yang terdiri dari berbagai komponen seperti oat, kacang-kacangan, buah-buahan kering, dan juga bisa ditambahkan dengan madu. Selain itu, makanan ini juga dapat dinikmati dengan yogurt atau potogan buah.

Ya, bagi kamu penderita diabetes, bisa memuaskan keinginan untuk menyantap makanan manis dengan mengonsumsi granola ini. Gandum dan kacang-kacangan pada granola memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga tak hanya mengenyangkan, tapi kamu juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tergolong camilan yang aman, namun kamu tetap perlu memperhatikan kandungan pada granola. Pilih granola yang memiliki kandungan gula dan lemak yang rendah.

4 dari 6 halaman

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga sangat baik bagi penderita diabetes. American Diabetes Association (ADA) bahkan memasukkan kacang-kacangan ke dalam daftar superfood untuk penderita diabetes.

Kacang-kacangan mengandung serat dan mineral yang tinggi. Kandungan protein dalam kacang-kacangan pun tak kalah dengan daging.

Beberapa pilihan kacang yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes adalah kacang merah yang dipanggang, kacang tanah, atau kacang almond.

5 dari 6 halaman

Biskuit Gandum

Bagi penderita diabetes, tetap bisa mengonsumsi biskuit untuk dijadikan camilan. Namun, biskuit yang bisa dimakan untuk penderita diabetes adalah yang berbahan dasar gandum. Soalnya, gandum akan membuat kamu kenyang dan memiliki manfaat bagi kesehatan, karena mengandung serat alami.

Ya, serat alami dari gandum ini dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung, diabetes tipe 2, kelebihan berat badan, dan penyumbatan pada saluran darah. Salain pada gandum, serat alami ini juga bisa didapatkan lewat bahan makanan seperti beras merah, roti gandum sereal, oatmeal, dan bubur yang terbuat dari kacang-kacangan.

6 dari 6 halaman

Yogurt Rendah Lemak

Yogurt rendah lemak merupakan sumber kalsium dan protein yang baik bagi tubuh. Asupan yang satu ini bisa kamu jadikan sebagai camilan untuk menunda lapar, sekaligus menambah energi.

Meski aman, penderita diabetes harus tetap memerhatikan jumlah camilan yang dikonsumsi, agar tidak berlebihan. Selama dikonsumsi dalam jumlah dan takaran yang tepat, penderita diabetes tetap dapat menikmati camilan sehat dan enak, tanpa khawatir gula darah akan meningkat.