Sukses

6 Tips Agar Terhindar Penularan Flu Saat Mudik dengan Transportasi Umum

Tips agar terhindar penularan flu saat mudik untuk menjaga kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Waktu mudik merupakan saat banyaknya bertebaran virus flu karena begitu banyak orang berlalu lalang. Selain itu udara juga sudah terkontaminasi oleh berbagai polusi dari kendaraan bermotor.

Udara yang telah kotor tentunya lebih memudahkan virus menyerang tubuh seseorang. Apalagi bila mudik dengan menggunakan transportasi umum. Interaksi dengan banyak orang dapat meningkatkan risiko penularan flu.

Oleh karena itu, kamu wajib tahu beberapa tips agar terhindar penularan flu saat mudik untuk menjaga kesehatan. Dengan melakukan tips ini, maka mudik akan berjalan lebih lancar dan terhindar dari penyakit.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (2/6/2019) bebeberapa tips agar terhindar penularan flu saat mudik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menggunakan Masker dan Mengonsumsi Makanan Bergizi

1. Menggunakan Masker Kesehatan

Tips agar terhindari penularan flu saat mudik yang pertama adalah menggunakan masker kesehatan. Baik saat mudik dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, masker akan sangat bermanfaat dalam menangkal penularan virus. Bakteri dapat menyebar dimana saja seperti di terminal bus, stasiun kereta api, di bandara, maupun di rest area atau pom bensin. Bahkan bakteri dapat menyebar ke dalam makanan sehingga kamu juga harus berhati-hati dalam mengonsumsi makanan. Apalagi makanan yang dijual di jalanan dan terbuka. Dengan menggunakan masker, maka dapat melindungi diri dari serangan bakteri secara langsung.

2. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi menjadi salah satu hal wajib yang harus kamu lakukan selama perjalanan mudik. Bahkan, hal ini tidak hanya berlaku untuk menghindari penularan flu saja, namun buat semua orang yang mudik. Karena mudik tentunya membutuhkan energi dan kesehatan yang maksimal agar tetap lancar. Jadi sebelum melaksanakan perjalanan mudik kamu harus memastikan perut sudah terisi. Selain itu, lebih baik kamu membawa bekal makanan bergizi seperti buah-buahan selama mudik.

3 dari 4 halaman

Memenuhi Kebutuhan Cairan dan Istirahat

3. Memenuhi Kebutuhan Cairan

Tips agar terhindar penularan flu saat mudik yang selanjutnya adalah memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Minum air putih akan sangat bermanfaat agar tubuh tidak mengalami dehidrasi selama mudik, apalagi saat perjalanan mudik yang ditempuh cukup jauh. Tentunya membutuhkan energi dan asupan cairan yang lebih banyak agar tidak mengalami berbagai masalah kesehatan nantinya. Jadi, selalu penuhi asupan air putih 8 gelas setiap harinya agar terhindar dari penularan berbagai macam penyakit saat mudik lebaran.

4. Istirahat

Istirahat menjadi salah satu tips agar terhindari penularan flu saat mudik yang cukup penting. Beristirahat dapat menurunkan tingkat stres dan kelelahan selama mudik. Apalagi buat kamu yang melakukan perjalanan mudik cukup jauh. Kamu perlu mengatur waktu istirahat agar tetap lancar dalam melaksanakan perjalanan mudik. Hal ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan emmbuat tubuh tidak lemas. Apalagi mudik juga bertepatan dengan bulan Ramadan dimana umat Islam menjalankan ibadah puasa. Kondisi tubuh harus benar-benar dijaga dengan istirahat yang teratur agar bakteri dan virus tidak menyerang tubuh.

4 dari 4 halaman

Bergerak dan Konsumsi Suplemen

5. Aktif Bergerak

Tips terhindar penularan flu saat mudik selanjutnya adalah aktif bergerak. Biasanya mudik membuat seseorang bertahan pada posisi yang sama pada waktu yang cukup lama. Hal ini bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas dan terasa letih. Oleh karena itu, sempatkan waktu untuk berjalan-jalan santai di rest area saat berhenti atau melakukan peregangan ringan. Dengan begitu, tubuh akan menjadi lebih nyaman dan lega.

6. Konsumsi Suplemen

Bila perlu, kamu bisa terhindar dari penularan flu saat mudik dengan mengonsumsi suplemen atau vitamin. Mengonsumsi vitamin C selama perjalanan mudik dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai penularan penyakit. Jadi, agar perjalanan mudik lancar, jagalah dirimu dari penularan penyakit yang ada di sekitar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.