Sukses

5 Jenis Obat yang Harus Dibawa Saat Mudik, Selalu Fit di Perjalanan

Beberapa jenis obat yang harus dibawa saat mudik untuk menghindari penyakit

Liputan6.com, Jakarta Obat-obatan merupakan salah satu persiapan yang sangat penting dalam perjalanan mudik. Apalagi saat mudik banyak sekali bertebaran virus dan bakteri yang bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. 

Untuk menjaga kesehatan selama perjalanan mudik, sebaiknya lakukan persiapan dengan benar-benar matang. Jangan sampai perjalanan terhenti di tengah jalan karena kamu mengalami gangguan kesehatan, sehingga waktu perjalanan menjadi semakin lama.  

Oleh karena itu, kamu wajib membawa beberapa jenis obat yang harus dibawa saat mudik untuk menghindari penyakit. Jangan sampai perjalanan mudik menjadi tidak lancar hanya karena persiapan yang kamu lakukan belum begitu matang.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (3/6/2019) tentang jenis obat yang harus dibawa saat mudik

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Obat Mual dan Obat Pusing

1. Obat Mual

Jenis obat pertama yang harus kamu bawa adalah obat mual. Hal ini sangat diperlukan buat kamu yang saat di kendaraan biasanya akan merasakan mual atau mabuk. Apalagi bila jalan yang ditempuh saat perjalanan mudik memiliki medan yang berkelok-kelok dan penuh dengan tanjakan dan turunan.

Selain itu, biasanya kendaraan berjalan dengan cepat bila jalanan sedang sepi. Hal-hal ini merupakan pemicu terjadinya mual atau mabuk kendaraan. Jadi sebaiknya kamu membawa obat mual untuk jaga-jaga atau sekalian meminumnya sebelum berangkat mudik.

2. Obat Pusing

Jenis obat selanjutnya yang harus dibawa adalah obat pusing. Obat pusing mungkin memang harus dibawa kemana saja karena masalah kesehatan satu ini memang sering datang tiba-tiba.

Apalagi saat mudik lebaran yang di perjalanan sangat banyak kendaraan, kemacetan, dan polusi udara, tentunya akan berdampak kepada emosi yang naik turun dan mengakibatkan pusing. Selain itu, mudik lebaran yang juga bertepatan dengan puasa Ramadan membuat orang yang tidak mengatur asupan cairannya mengalami dehidrasi.

Untuk mengatasi pusing, kamu harus beristirahat sejenak dan mengonsumsi obat pusing yang tentunya harus kamu persiapkan sebelum berangkat mudik.

3 dari 3 halaman

Obat Alergi Debu, Obat Diare dan Mag, Minyak Kayu Putih

3. Obat Alergi Debu

Saat mudik lebaran tentunya akan sangat banyak kendaraan berlalu lalang di jalanan. Apalagi yang mudik dengan kendaraan pribadi atau bus. Polusi udara sudah tidak terhindarkan dengan banyaknya asap kendaraan bermotor.

Orang-orang yang memiliki alergi terhadap debu akan merasa sangat tersiksa dengan udara yang begitu panas dan kotor di sekitarnya. Obat alergi debu akan sangat berguna dan wajib dibawa untuk mencegah masalah kesehatan satu ini. Jadi saat kamu sudah merasakan gejala alergi muncul, kamu bisa segera mengonsumsi obat anti alergi debu tersebut untuk mencegah dan mengatasinya.

4. Obat Diare dan Mag

Obat diare atau obat mag juga wajib dibawa saat melakukan perjalanan mudik. Apalagi buat kamu yang tidak membawa bekal dan sering makan di jalan. Bila kamu tidak menjaga asupan makanan selama perjalanan mudik, diare dan mag akan selalu mengintai.

Hal ini menyebabkan perjalanan menjadi terganggu. Menjaga pola makan selama perjalanan mudik sangat penting hukumnya. Bila terlambat makan, terutama saat berbuka atau sahur kamu bisa terserang penyakit mag. Sedangkan bila makan sembarangan atau makan makanan yang tidak higienis, diare bisa menyerang.

Jadi bila sudah terlanjur terkena gangguan kesehatan tersebut, segera konsumsi obat diare atau obat mag untuk mengatasinya. Selalu sediakan obat diare adan obat mag dalam jenis obat yang harus dibawa saat mudik.

5. Minyak Kayu Putih

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tubuh akan sangat rentan terkena berbagai penyakit seperti mual, pusing serta masuk angin saat perjalanan mudik. Selain mengganggu perjalanan mudik, masalah kesehatan tersebut juga bisa membatalkan ibadah puasa yang sedang dijalankan bila kamu langsung mengonsumsi obat.

Oleh karena itu, kamu bisa mencegah berbagai masalah kesehatan tersebut dengan menggunakan minyak kayu putih. Dengan menggunakan minyak kayu putih, kamu bisa terhindari dari mual dan pusing yang disebabkan oleh masuk angin. Minyak kayu putih menjadi salah satu obat yang wajib dibawa saat perjalanan karena serbaguna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini