Sukses

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Air Mawar untuk Kesehatan Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Air mawar merupakan ekstrak cairan yang terbuat dari air dan rendaman kelopak mawar. Penggunaan air mawar sendiri sudah dilakukan sejak zaman dahulu, terutama di negara Timur Tengah seperti Iran dan oleh suku Indian di Amerika. Selain wanginya yang enak dan menenangkan, air mawar juga mampu mendatangkan beragam manfaat sehat untuk kecantikan kulit.

Tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan kulit saja, ternyata air mawar juga baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat air mawar ini biasanya didapatkan dengan mengaplikasikannya secara langsung pada wajah atau sebagai obat luar. Namun tahukah kamu, bahwa air bunga mawar ternyata juga dapat dan aman dikonsumsi sehingga berbagai kandungan baiknya dapat langsung diserap oleh tubuh.

Ada apa saja manfaat air mawar untuk kesehatan tubuh? Berikut ini, Liputan6.com, Senin (10/6/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat air mawar yang ternyata juga baik untuk kesehatan tubuh. 

2 dari 4 halaman

Manfaat Air Mawar untuk Kesehatan Tubuh

Menjaga Kesehatan Otak dan Menghilangkan Stres

Ternyata, dengan menghirup aroma mawar bisa membangkitkan kembali mood yang buruk akibat stres. Beragam penelitian juga menyatakan bahwa air mawar bersifat menenangkan, karena kandungan antidepresan dan atikecemasannya.

Wanginya aroma mawar juga dipercaya memicu rasa kantuk dan memberikan efek rileksasi untuk menenangkan pikiran.

Untuk Kesehatan Pencernaan

Minum teh herbal mawar juga terbukti memiliki efek menguntungkan sistem pencernaan. Air ekstrak mawar bekerja meningkatkan aliran cairan empedu, yang bisa membantu mengatasi gejala keluhan pencernaan umum, termasuk perut kembung dan sakit perut.

Minum air rendaman kelopak mawar juga bisa berfungsi sebagai pencahar untuk memperlancar urusan BAB sekaligus mencegah sembelit. 

Menjaga Kesehatan Kulit

Selain itu, manfaat air mawar lainnya yang sangat terkenal adalah dalam merawat kulit. Ya, kulit yang merupakan bagian terluar dari tubuh ini sangat rentan mengalami kerusakan dan penuaan dini akibat paparan sinar UV, bahan kimia, serta polusi. Disinilah fungsi air mawar untuk menjaga kesehatan kulit kamu.

Ekstrak mawar alami yang memiliki sifat antiperadangan yang bisa menanangkan iritasi kulit, misalnya akibat eksim dan rosacea. Terlebih, air ekstrak mawar bisa mengurangi tampilan garis halus dan keriput di wajah. Maka tak heran, banyak ditemukan air mawar di berbagai produk kecantikan seperti toner dan pembersih wajah.

3 dari 4 halaman

Manfaat Air Mawar untuk Kesehatan Tubuh

Antiradang

Air mawar memiliki sifat antiradang, sehingga baik sekali digunakan untuk mengatasi keluhan iritasi pada kulit. Selain itu, air mawar juga dapat mengurangi kemerahan pada kulit.

Ini membuat air mawar dapat diandalkan oleh orang-orang yang berjerawat dan eksim. Terlebih, air mawar juga memiliki sifat antibakterial sehingga sangat bermanfaat bagi mereka yang mencari solusi mengatasi jerawat dengan bahan alami.

Mengoptimalkan Proses Penyembuhan Luka

Luka pada kulit dapat terbantu untuk sembuh lebih cepat dengan pemakaian air mawar. Hal ini disebabkan kandungan antiseptik pada air mawar, yang melawan infeksi.

Air mawar juga membantu penyembuhan luka bakar, seperti terbakar sinar matahari, karena bersifat melawan peradangan. Air mawar yang disimpan dalam lemari es juga bisa memberikan sensasi dingin yang nyaman bagi kamu yang sedang mengalami terbakar sinar matahari.

4 dari 4 halaman

Sebelum Memakainya, Perhatikan Beberapa Hal Ini

Sebelum menggunakan air mawar, untuk mendapatkan manfaat kesehatannya ada baiknya kamu menguji terlebih dulu apakah kamu memiliki alergi terhadap air wangi ini. Pasalnya, ada beberapa orang yang ternyata memiliki alergi pada tanaman tertentu.

Coba oleskan sedikit air mawar ke punggung tangan atau belakang telinga kamu. Tunggu selama 24 jam dan perhatikan adakah reaksi alergi yang muncul, seperti kulit memerah, sensasi panas, atau kulit gatal. Jika setelah 24 jam kamu merasa baik-baik saja, ini tandanya kamu boleh menggunakan ekstrak mawar ini secara rutin.