Sukses

Tak Gunakan Binatang, Sirkus Ini Hadirkan Hewan Hologram yang Pukau Penonton

Circus Roncalli di Jerman ganti akrobat hewan dengan tampilan hologram.

Liputan6.com, Jakarta Tentu sudah tak asing dengan istilah sirkus. Sirkus menjadi salah satu hiburan bagi banyak orang, khususnya pada zaman dulu. Banyak orang yang menyukai untuk melihat aksi-aksi hewan yang menunjukkan bakatnya bersama si pawang.

Bagi sebagian orang saat mendengar sirkus, hal pertama yang terlintas dipikiran adalah aksi gajah, singa, monyet, kuda dan sebagainya. Hewan-hewan tersebut dilatih agar mampu menghibur penonton.

Sayangnya kebanyakan pihak sirkus yang menggunakan hewan-hewan dilindungi tersebut justru menyiksa dan tak merawat mereka dengan layak sehingga hanya memaksa untuk dilatih. Banyak pihak yang kemudian melarang adanya pertunjukkan khususnya sirkus hewan.

Hal itulah yang membuat salah satu sirkus di Jerman ini menggunakan ide brilian untuk mengganti hewan-hewan tersebut. daya tarik sebuah sirkus tentunya berasal dari hewan, maka dari itu Circus Roncalli menggantinya dengan hologram.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gunakan Hologram

Dilansir dari Boredpanda oleh Liputan6.com, Senin (10/6/2019) sebuah sirkus bernama Circus Roncalli di Jerman menggantinya dengan hewan hologram, namun pertunjukannya tetap spektakuler dan luar biasa.

Circus Roncalli telah menjadi tontonan yang banyak diminati masyarakat sejak tahun 1976 dengan mempertunjukkan aksi-aksi hewan terlatih. Namun pihak Circus Roncalli akhirnya mengganti kebijakan untuk tak lagi gunakan hewan untuk mendukung perlindungan hewan dari kekerasan dan eksploitasi.

Walaupun sudah tidak gunakan hewan, pertunjukan masih tetap menampilkan akrobat dengan bola api, lingkaran berapi dan sebagaimya. Pertunjukan yang memukau penonton adalah hewan hologram.

Roncalli membuat gambar holografik 3D dari proyektor yang memenuhi arena dengan ukuran 32 meter dan 5 meter serta visibilitas 360 derajat untuk seluruh penonton.

3 dari 3 halaman

Tanggapan Para Netizen

Pihak sirkus Roncalli, Birger Wunderlich mengatakan bahwa mereka telah menggunakan proyektor selama 6 tahun untuk mendapatkan pengalaman.

Kami telah menggunakan proyektor Optoma selama 6 tahun dan secara konsisten memiliki pengalaman yang sangat positif dalam harga, kinerja dan keandalan. Kami membutuhkan proyektor kontras tinggi dengan warna yang bagus untuk efek 3D dan kontras 2.000.000: 1 ZU850 sangat cocok untuk proyek ini,” ungkapnya dikutip dari Boredpanda.

Ide luar biasa ini bahkan menarik perhatian para netizen di media sosial juga turut berkomentar. Mereka terlihat setuju dan memberikan apresiasi karena menggunakan teknologi lain untuk menghindari eksploitasi hewan.

 “Ini sangat luar biasa. Terimakasih sekali @CircusRoncalli kalian memiliki ide cemerlang dan rasa kasih sayang,” tulis @JessicaKnapik.

Mereka juga buat hologram seperti unicorn. BAYANGKAN!” komentar @JennHolton.

Circus Roncalli sangat terkenal di Jerman tetapi aku tak tahu tentang ini. Luar biasa!” timpal @taphobiblio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.