Sukses

Bikin Melongo, Ini 8 Hewan Albino yang Tak Pernah Dilihat Sebelumnya

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal albinisme, tak hanya manusia ternyata hewan pun bisa menjadi albino. Albinisme adalah kekurangan melanin bawaan yang menyebabkan kurangnya warna pada kulit, rambut, bulu, dan iris mata.

Melanin sendiri merupakan pigmen yang memberi warna pada mata, kulit, dan rambut. Bukan hanya memberi warna, melanin juga berfungsi untuk melindungi tubuh dari sinar ultraviolet yang bisa merusak sel-sel dalam tubuh.

Dalam kasus albino, enzim yang terlibat dalam produksi melanin tidak ada atau rusak. Kondisi ini sebagian besar diturunkan oleh kedua orang tua, namun dalam beberapa kasus dapat diwariskan dari orang tua tunggal. Selain itu, orang tua non albino tetap punya peluang menurunkan anak albino. Hal ini terjadi karena orang tua adalah pembawa gen yang menyebabkan kondisi ini.

Hampir sama dengan manusia, albinisme pada hewan ini bisa membuat kulit, bulu atau rambut mereka menjadi putih dan mata menjadi kemerahan. Hewan yang terlahir sebagai albino tergolong langka. Berdasarkan data statistik, kemungkinan seekor mamalia terlahir sebagai albino adalah satu dari 10 ribu kelahiran.

Berikut 8 hewan albino yang hampir tak pernah dilihat sebelumnya yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (10/6/2019).

2 dari 5 halaman

Hewan Albino Langka

1. Zebra

Zebra adalah hewan yang identik dengan warnanya yang unik yaitu hitam dan putih. Tapi apa kamu bisa membanyangkan bagaimana jika hewan yang satu ini mengalami albinisme? Ternyata Zebra albino masih punya corak belang. Warna belang hitamnya kini menjadi warna krem.

 

2. Jerapah

Biasanya warna bulu jerapah digunakan untuk berkamuflase dari musuh. Tapi gimana kalau warnanya putih? Jerapah albino ini sangat mencolok, ditambah lagi dengan posturnya yang tinggi.

3 dari 5 halaman

Jarang Terlihat Sebelumnya

3. Rusa Salju

Bisanya rusa salju atau moose memiliki warna kecoklatan dan terkenal banyak membantu manusia menarik kereta salju. Lucu ya jika warnanya putih dan justru berbaur dengan saljunya.

 

4. Merak

Bulu burung merak memang sudah terkenal indah dengan beragam warnanya. Namun bulu putih dari merak albino ini, malah membuatnya terlihat lebih menawan layaknya dalam dongeng.

4 dari 5 halaman

Tak Banyak yang Tahu

5. Lumba-lumba

Pada tahun 2007 Erik Rue, seorang kapten kapal, merekam penampakan hewan yang sangat tidak biasa, yaitu lumba-lumba yang berwarna merah muda di sungai Calcasieu, Lousiana, Amerika Serikat. Lumba-lumba yang diberi nama Pinky tersebut memiliki tubuh berwarna pink akibat mengalami albinisme. Selain itu, mata Pinky juga terlihat kemerahan.

 

6. Kanguru

Kanguru albino sangatlah langka. Hanya ada satu kangguru albino dari setiap 50 ribu hingga 100 ribu ekor kanguru. Pada 2017, Jeanette dan Trevor De Landgrafft yang merupakan petani menemukan kanguru albino di peternakan mereka.

5 dari 5 halaman

Hewan Albino Langka

7. Paus

Seekor anak paus bungkuk ditemukan pada 2011 di Pulau Whitsunday, Australia. Paus-paus albino berjuang untuk bertahan hidup di alam liar karena warna mereka yang mencolok.

 

8. Tupai

Tupai Amerika Utara albino sangat langka. Beruntung bagi seseorang yang bisa melihatnya di alam liar.

Loading
Artikel Selanjutnya
Dianggap Punah 30 Tahun Lalu, Rusa Tikus Kembali Ditemukan