Sukses

Tak Hanya Lindungi Kulit, Ini Manfaat Sunscreen untuk Pembuluh Darah

Manfaat lain sunscreen untuk kesehatan pembuluh darah.

Liputan6.com, Jakarta Telah diketahui sejak lama bahwa paparan radiasi ultraviolet (UV) dari matahari merupakan salah satu faktor risiko utama dari terjadinya kanker kulit. Untuk itu, salah satu cara mencegahnya adalah dengan mengoleskan sunscreen ke kulit tubuh.

Penggunaan sunscreen pada kulit tubuh ternyata tidak hanya untuk melindungi bagian permukaan terluar kulit, loh. Ya, siapa sangka kalau ternyata sunscreen ini juga bermanfaat untuk kesehatan pembuluh darah.

Bagaimana bisa, sunscreen bisa menjadi sekaligus pelindung pembuluh darah? Berikut ini Liputan6.com, telah mengulasnya dari kanal Klikdokter terkait manfaat lain dari sunscreen yang ternyata baik untuk pembuluh darah kamu, Selasa (11/6/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ini Kaitannya Radiasi dengan Fungsi Pembuluh Darah

Banyak diketahui bahwa, paparan terhadap radiasi UV juga dapat menyebabkan kerusakan kulit. Ya, bila tak segera diatasi, maka akan muncul risiko penyakit lainnya yang bisa terjadi seperti penuaan kulit.

Hal ini bisa terjadi karena, kulit tidak terlindungi dan langsung terkena radiasi. Ini menyebabkan pembuluh darah tidak dapat menjalankan fungsinya untuk mengangkut darah ke seluruh tubuh.

Adapun sebuah penelitian yang melakukan sebuah investigasi kaitan antara radiasi UV dengan fungsi pembuluh darah pada kulit tubuhmu. Ya, penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat kaitannya antara radiasi UV dan fungsi pembuluh darah pada kulit. Secara spesifik, paparan terhadap radiasi UV diketahui dapat menurunkan tingkat pelebaran pembuluh darah yang dimediasi oleh nitric oxide (NO).

Zat NO ini diketahui memegang peranan penting sebagai molekul pemberi sinyal dalam tubuh manusia. Di antara berbagai perannya, NO dapat menyebabkan terjadinya relaksasi pada otot polos di sekitar pembuluh darah, yang kemudian meningkatkan aliran darah di dalam tubuh.

Pelebaran pembuluh darah ini dikenal juga dengan istilah vasodilatasi, yang memiliki peran sangat penting dalam membantu menjaga suhu tubuh agar tetap stabil meski di cuaca panas sekalipun. Nah, di saat suhu tubuh meningkat, NO inilah yang menyebabkan terjadinya vasodilatasi, yang dimana berguna untuk meningkatkan aliran darah dan menyebabkan pelepasan panas dari kulit.

Pada dasarnya, hampir setiap jenis sel kulit mampu memproduksi NO, tetapi proses ini membutuhkan suatu zat kimia yang dikenal dengan nama 5-MTHF atau 5-methyltetrahydrofolate.

Para pakar percaya bahwa paparan terhadap radiasi UV dapat menurunkan kadar 5-MTHF yang tersedia di kulit, sehingga membatasi kemampuan untuk terjadi vasodilatasi. Lalu, bagaimana kaitan sunscreen terhadap pembuluh darah?

3 dari 3 halaman

Manfaat Sunscreen Bagi Pembuluh Darah

Selain memiliki fungsi untuk meningkatkan aliran darah dan menyebabkan pelepasan panas dari kulit, ternyata NO memiliki peranan lainnya. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa vasodilatasi dari pembuluh darah yang terdapat pada kulit dapat memiliki efek terhadap tekanan darah juga.

Penelitian ini dilakukan di Pennsylvania State University oleh para sekelompok ilmuwan ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana sunscreen dapat memengaruhi hubungan antara radiasi UV dan vasodilatasi. Penelitian tersebut membandingkan vasodilatasi yang terjadi akibat paparan radiasi UV pada kulit yang diberikan sunscreen, kulit yang berkeringat, dan kulit yang tidak diberi perlindungan apa-apa.

Penelitian ini menemukan bahwa kulit yang tidak diberi perlindungan apa-apa menunjukkan adanya penurunan vasodilatasi yang terkait dengan NO. Sebaliknya, kulit yang diberi perlindungan dengan sunscreen dan kulit berkeringat tidak menunjukkan penurunan tersebut.

Nah, dari hasil ini para peneliti pun mengatakan bahwa untuk individu yang menghabiskan waktu lama di luar ruangan setiap harinya, penggunaan sunscreen ternyata tidak hanya melindungi tubuh dari risiko kanker kulit, namun juga terhadap penurunan fungsi pembuluh darah pada kulit tubuh.

Salah satu penelitian pun menyimpulkan bahwa penggunaan sunscreen memang memiliki peran dalam menjaga pembuluh darah di kulit tetap berfungsi dengan baik. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi hubungan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini