Sukses

5 Buah yang Harus Dihindari Saat Sarapan, Bisa Bikin Gangguan Pencernaan

Liputan6.com, Jakarta Buah-buahan terkenal memiliki berbagai macam nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan. Tidak hanya langsung dikonsumsi, buah juga bisa dijadikan berbagai macam olahan seperti jus. Dengan memperhatikan kandungan nutrisinya, kamu bisa mencegah berbagai macam penyakit.

Namun ada beberapa buah yang meskipun memiliki manfaat kesehatan, tetapi tidak bisa dikonsumsi pada waktu tertentu. Salah satu waktu yang rentan adalah saat sarapan.

Kebanyakan orang tidak berpikir lagi untuk menyantap buah karena menganggap buah baik dikonsumsi kapan saja. Padahal ada beberapa buah yang harus dihindari pada waktu sarapan.

Walaupun memiliki berbagai nutrisi, buah-buahan tersebut hanya akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan bila dikonsumsi pada pagi hari saat sarapan. Berikut Liputan6.com rangkum tentang buah yang harus dihindari saat sarapan dari berbagai sumber, Selasa (11/6/2019).

2 dari 6 halaman

Semangka

Semangka merupakan buah yang sangat enak dan menyegarkan. Kandungan airnya dapat menyegarkan saat kamu sedang beraktivitas di siang hari, apalagi saat terik matahari.

Namun semangka ternyata tidak begitu baik dikonsumsi pada saat sarapan di pagi hari. Mengonsumsi semangka pada saat sarapan dapat menimbulkan berbagai masalah pencernaan seperti perut kembung, diare, serta gas berlebih.

Hal ini terjadi karena kandungan fruktosa yang merupakan sumber rasa manis buah semangka. Fruktosa yang tidak bisa diserap seluruhnya oleh tubuh akan menyebabkan terjadinya berbagai masalah pencernaan tersebut.

3 dari 6 halaman

Salak

Salak merupakan salah satu buah-buahan yang mengandung banyak sekali nutrisi untuk kesehatan. Sebut saja vitamin C, beta karoten, zat besi, kalsium, dan tanin bisa kamu dapatkan dari buah salak ini.

Salak sebenarnya tidak harus dihindari oleh semua orang pada pagi hari, namun lebih kepada penderita ulkus lambung. Berbagai gejala seperti mual, muntah, iritasi lambung dan masalah pada organ hati dapat muncul bila mengonsumsi salak karena kandungan tanin.

Sebaiknya kamu menghindari salah pada saat sarapan untuk menghindari terjadinya masalah pencernaan.  

 

4 dari 6 halaman

Mangga

Buah mangga merupakan salah satu buah yang harus dihindari saat sarapan. Sama seperti semangka, kandungan fruktosa yang dikandung oleh mangga memiliki porsi yang lebih besar dari glukosa. Sehingga hal ini juga bisa menyebabkan timbulnya gas serta perut kembung pada tubuh.

Padahal rasanya yang enak dan begitu manis sangat sulit untuk ditolak oleh siapapun. Apalagi dengan fakta buah mangga yang memiliki waktu tertentu untuk berbuah, atau merupakan buah musiman. Untuk menghindari terjadinya masalah pencernaan kamu bisa mengonsumsi mangga pada siang hari saja.

5 dari 6 halaman

Jeruk

Jeruk merupakan salah satu buah yang harus kamu hindari saat sarapan. Mengonsumsi jeruk dalam jumlah yang berlebihan dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan, terutama pada perut atau pencernaan.

Walaupun jeruk terkenal memiliki manfaat yang begitu banyak untuk tubuh, terutama dengan kandungan vitamin C yang berguna untuk kekebalan tubuh dan menyahatkan kulit, mengonsumsinya pada pagi hari tidak dianjurkan. Hal ini hanya akan menyebabkan diare dan kram pada perut dengan kandungan seratnya.

Selain itu, kandungan vitamin C pada jeruk dapat mengakibatkan mual, mulas, kembung, muntah, serta sakit kepala bila dikonsumsi secara berlebihan pada saat sarapan. Jeruk merupakan buah yang memiliki tingkat asam tinggi yang bisa menyebabkan panas di lambung. Jadi, saat sarapan hindarilah untuk mengonsumsi jeruk, apalagi secara berlebihan.

6 dari 6 halaman

Persik

Buah persik merupakan buah selanjutnya yang harus dihindari saat sarapan. Hal ini disebabkan oleh kandungan sorbitol pada buah persik yang sulit dicerna sehingga menyebabkan produksi gas.

Mengonsumsi buah persik dapat menyebabkan perut kembung serta meningkatkan ketergantungan terhadap obat pencahar bila dimakan secara berlebihan. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya kerusakan otot.

Padahal buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi dan dapat mengurangi kolesterol dan sembelit. Jadi hindarilah konsumsi buah persik saat sarapan.