Sukses

Tidak Hanya Lezat, Ternyata ini 4 Manfaat Telur Ikan Bagi Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Telur ikan mungkin bukanlah hidangan yang umum disajikan di Indonesia. Padahal daging ikan merupakan salah satu makanan kegemaran yang mungkin telah dicicipi seluruh orang Indonesia, terutama yang bertempat tinggal di dekat laut atau sungai.

Telur ikan memiliki berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan. Berbagai macam telur ikan memiliki berbagai khasiat yang berbeda-beda pula. Namun, secara umum ada beberapa kandungan telur ikan yang sama.

Telur ikan salmon, gurame, dan ikan mas berbentuk bulat dan kecil-kecil yang berkerumun menjadi sebuah kelompok besar. Pada sushi, biasanya telur ikan yang digunakan adalah telur salmon yang berwarna jingga.

Nah penasaran kan apa saja manfaat telur ikan? Berikut Liputan6.com rangkum tentang manfaat telur ikan dari berbagai sumber, Selasa (11/6/2019).

2 dari 5 halaman

Protein

Salah satu kandungan yang tentunya dimiliki oleh telur ikan adalah protein. Apalagi ikan merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak sekali protein.

Hal ini ternyata juga menyebabkan telur ikan mengandung protein yang tinggi layaknya daging ikan tersebut. Dalam 100 gram telur ikan kakap, kamu bisa mendapatkan sebanyak 24-30 gram protein. Dengan kandungan protein tersebut, kamu bisa menjadikan telur ikan sebagai alternatif untuk pemenuhan protein harian.

Bahkan sebuah penelitian dari IPB menyebutkan bahwa telur ikan cakalang memiliki beragam protein jenis asam amino yang bermanfaat untuk membantu penyerapan kalsium, meningkatkan antibodi, serta membantu memperbaiki berbagai jaringan dalam tubuh.

3 dari 5 halaman

Vitamin

Tidak hanya kaya akan protein, telur ikan juga memiliki kandungan vitamin yang tak kalah bermanfaat untuk tubuh. Telur ikan mengandung vitamin B12 serta vitamin D. Vitamin B12 memiliki manfaat untuk kesehatan otak.

Dalam pembentukan sel darah merah dan memaksimalkan fungsi asam lemak dengan baik juga diperlukan kandungan vitamin B12 dalam telur ikan ini. Sedangkan vitamin D bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang agar lebih kuat, dan juga mengandung nutrisi untuk kesehatan tulang lainnya seperti magnesium, kalsium dan zat besi.

4 dari 5 halaman

Mineral Selenium

Telur ikan mengandung cukup banyak mineral selenium yang juga sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit. Selenium dapat membantu mengobati berbagai penyakit kanker dan mencegah kerusakan sel. Mineral selenium ini akan bekerja sama dengan vitamin E dalam melindungi sel dari bahaya radikal bebas.

Dengan mengonsumsi telur ikan, kamu bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mendukung pertumbuhan sel dengan lebih baik. Bahkan, kamu bisa mencegah peningkatan risiko penyakit jantung dengan mengonsumsi telur ikan.

5 dari 5 halaman

Lemak

Selain itu telur ikan juga mengandung lemak. Tentunya lemak yang diakndung oleh telur ikan ini merupakan lemak baik yang sangat bagus untuk kesehatan. Telur ikan memiliki kandungan lemak tidak jenuh dan asam lemak omega 3.

Hal ini didapatkan dari kandungan daging ikan yang memiliki lemak baik tersebut juga yang diturunkan pada telur ikan. Kandungan asam lemak omega 3 pada telur ikan dapat mencegah pembentukan radikal bebas serta membantu menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh.

Selain itu, pada anak-anak telur ikan juga memiliki fungsi untuk membantu mendukung proses tumbuh kembang anak. Pada 85 gram telur ikan kakap terdapat sekitar 3,5 jenis lemak tidak jenuh.

Hal ini membuat telur ikan kakap sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Jadi dengan berbagai manfaat kesehatan yang terkandung dalam telur ikan, tidak ada salahnya mengonsumsinya secara teratur.

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Wisata Murah Jakarta yang Penuh Edukasi, Cocok untuk Keluarga
Artikel Selanjutnya
7 Tempat Wisata Ancol yang Seru, Alternatif Liburan di Kawasan Jakarta