Sukses

Inovasi Unik Nan Brilian, Pria Ini Ciptakan Kacamata Khusus Orang Pendek

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada mahkluk yang sempurna, termasuk manusia. Walaupun manusia adalah makhluk ciptaan yang paling sempurna dari mahkluk hidup lainnya, bukan berarti secara fisik manusia dapat dikatakan demikian. Manusia dianggap sempurna karena dianugerahi akal dan pikiran. 

Secara fisik, manusia pasti memiliki kelemahannya masing-masing. Salah satunya adalah memiliki tubuh pendek. Bagi yang memiliki tubuh pendek tak jarang melakukan usaha untuk menambahkan tinggi badannya dengan berolahraga atau mengonsumsi suplemen peninggi badan. 

Salah satu permasalahan yang dihadapi orang pendek biasanya adalah ketika berada di kerumunan sehingga tak mampu melihat keadaan sekitar. Contohnya saja seperti sedang menonton konser atau berdesakan di tempat umum dengan kerumunan banyak manusia. Masalah ini mungkin seringkali dialami bagi yang memiliki tubuh pendek. 

2 dari 3 halaman

Inovasi Unik Kacamata

Penemuan inovasi unik dilakukan oleh Dominic Wilcox yang menciptakan sebuah kacamata khusus untuk orang-orang pendek. Dilansir dari Boredpanda oleh Liputan6.com, Rabu (12/6/2019) kacamata unik ini bernama kacamata One Foot Taller Periscope. Kacamata ini memiliki tampilan unik. 

Struktur kacamata ini memiliki dua bagian yang penting. Yaitu kacamata dan sebuah gagang yang tinggi dibagian kepala. perangkat gagang ini memungkinkan pemakainya untuk melihat satu kaki lebih tinggi atau sekitar 30,5 cm dari ketinggian mata normal mereka. 

Awalnya Dominic ditantang oleh pihak Microsoft Surface terkait permasalahan yang kerap kali dialami oleh orang-orang dan diminta untuk memberikan solusi. Dominic pun mencoba mencari ide menarik. Kacamata ini akhirnya dipamerkan dalam pameran di London pada bulan Mei lalu. 

“Itu untuk sebuah pameran di London pada bulan Mei. Beberapa minggu sebelumnya, saya berada di sebuah pertunjukan yang berdiri di dekat belakang dan saya melihat seorang wanita kecil menari di belakang saya yang jelas tidak bisa melihat band karena semua orang jangkung di sekitar. Ini memberi saya ide untuk mencoba menyelesaikan masalah itu. Selain itu, saya pikir kita semua berada di bioskop dan seseorang duduk di depan dan menghalangi pandangan, perangkat ini dapat membantu, selama Anda tidak menghalangi pandangan orang di belakang Anda!" ungkapnya dikutip dari Boredpanda. 

3 dari 3 halaman

Sulitnya Memikirkan Desain

Dalam menciptkaan ide kreatif ini, Dominic mengatakan bahwa ketika dia mengerjakan proyek ini sebagian besar waktu dihabiskan untuk memikirkan ide dan mendesainnya.

Saya memang punya sekitar lima ide untuk membuat kacamata ini. Saya memotong desain jadi. Lalu saya membuat selembar plastik cermin kemudian dipanaskan dengan sangat hati-hati dan membengkokkan bagian-bagian ke sudut yang benar untuk memantulkan cahaya dari atas, ke bawah ke mata," ucapnya.

Dominic juga mengaku butuh beberapa waktu hanya untuk memikirkan desain kacamata ini agar bekerja dengan baik dan dapat dimanfaatkan oleh banyak orang yang mengalami masalah tubuh pendek. 

"Butuh sekitar satu minggu untuk berpikir, menguji, gagal, lebih banyak pengujian dan sebagainya yang kemudian beralih dari coretan sketsa hingga ke bagian akhir," ungkapnya.

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Manfaat Memakai Kacamata Hitam bagi Kesehatan Mata
Artikel Selanjutnya
Susul Kuliah di London, Ini 6 Potret Kekompakan Al Ghazali dan El Rumi