Sukses

5 Jus Buah yang Ampuh Mengatasi Asam Urat, Alami dan Mudah Ditemukan

Liputan6.com, Jakarta Asam urat sudah menjadi momok bagi sebagian masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, penyakit yang ditandai dengan peningkatan kadar asam dalam darah dan mengkristal yang akhirnya menimbulkan peradangan di area tubuh tertentu ini semakin sering ditemui.

Padahal penyebab dari penyakit ini adalah gaya hidup yang tidak sehat. Seperti kebiasaan makan yang tidak teratur serta kurang aktif bergerak. Penumpukan asam urat ini biasanya terjadi pada bagian sendi kaki ataupun jari kaki.

Ada banyak cara mengatasi masalah asam urat pada tubuh, salah satunya dengan mengonsumsi jus buah. Sebagai minuman yang digemari banyak orang, jus buah ampuh mengatasi asam urat dengan bahan alami dan mudah ditemukan.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang jus buah yang ampuh mengatasi asam urat dari berbagai sumber, Rabu (12/6/2019).

2 dari 4 halaman

Ceri dan Lemon

Jus Ceri

Jus buah pertama yang ampuh mengatasi asam urat adalah ceri. Buah ceri telah terbukti ampuh mengatasi rasa nyeri karena asam urat tinggi. Buah ceri bisa dikonsumsi dengan cara dijadikan jus dan diminum setidaknya dua kali sehari, dan bisa juga dikonsumsi secara langsung sebanyak 15-20 buah ceri.

Dengan sifat anti inflamasi dan kandungan zat anthocyanin, buah ceri sangat bagus untuk sesorang dnegan keluhan kadar asam urat yang tinggi. Bahkan, buah ceri juga bisa bekerja secara langsung untuk mengatasi peradangan yang terjadi dan menghilangkan tumpukan-tumpukan asam urat pada sendi.

Jus Lemon

Lemon sebagai buah-buahan yang mengandung vitamin C terbak merupakan salah satu jus buah yang ampuh mengatasi asam urat. Vitamin C adalah zat antioksidan yang kuat dalam membantu menetralisir kadar asam urat.

Buah lemon bisa diperas dan dicampur dengan air hangat untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak pada penderita asam urat. Kamu juga bisa mengonsumsi jus lemon dengan menambah kunyit dan cuka sari apel secukupnya. Dengan mengonsumsinya 2 atau 3 kali sehari, asam urat dapat teratasi.

3 dari 4 halaman

Tomat dan Beri

Jus tomat

Hampir mirip dengan lemon, tomat juga kaya akan kaya vitamin C dan antioksidan dari golongan likopen, serta memiliki sifat basa atau alkali. Kandungan-kandungan ini dipercaya dapat menetralkan suasana tubuh yang terlalu asam, terutama asam urat. Oleh karena itu, kamu bisa mengonsumsi jus tomat secara rutin untuk mengatasi asam urat.

Jus Beri

Buah Beri, baik Stroberi maupun bluberi kaya akan sifat anti inflamasi. Oleh karena itu, makanan yang satu ini tidak kalah ampuh untuk mengurangi kadar asam urat yang ada pada tubuh dan tentunya tidak menyebabkan efek samping.

Mengonsumsi buah ini dapat bermanfaat untuk mencegah kadar asam urat yang tinggi dalam darah. Kamu bisa mengonsumsi jus stroberi atau bluberi secara rutin agar asam urat cepat reda.

4 dari 4 halaman

Jahe

Jahe sebenarnya bukan salah satu buah, namun sangat bermanfaat untuk meringankan nyeri akibat penumpukan asam urat. Jahe juga bisa dikonsumsi dengan cara dijadikan jus, seperti buah-buahan dengan ditambahkan air bersih.

Selain itu, dengan air rebusan jahe, kamu juga bisa menyembuhkan nyeri akibat asam urat. Hal ini disebabkan karena berbagai kandungan senyawa anti inflamasi yang terkandung dalam jahe dapat juga mengurangi pembengkakan yang dialami penderita asam urat, disamping meredakan peradangan. Kamu bisa mengonsumsi jahe setiap pagi untuk mengobati asam urat.

Asam urat bisa diatasi sebelum kamu menderita penyakit tersebut. Untuk itu, kamu harus menjaga pola makan sehat dan menjaga tubuh agar selalu aktif bergerak terutama dengan berolahraga.

Loading