Sukses

Begini Uniknya Coffinfish, Ikan yang Hobi Tahan Napas di Air

Liputan6.com, Jakarta Laut dalam adalah bagian yang terletak di kedalapan samudera dengan mencapai lebih dari kedalaman 1.800 meter. Bisa dibilang, sinar matahari saja sudah tidak mampu menembus.

Selain itu laut dalam juga terkenal dengan bermacam-macam hewan laut yang aneh-aneh. Tak banyak yang tahu bentuk aneh dari hewan-hewan tersebut karena adaptasi dengan kondisi laut dalam yang juga cukup ekstrem.

Seperti ikan pada umumnya, ikan di laut dalam juga membutuhkan oksigen dalam air untuk bernapas. Ikan dikenal bernapas menggunakan insang. Ikan menyerap oksigen dalam air dan mengeluarkan air yang sudah tidak mengandung oksigen melalui celah insangnya.

Tapi ternyata ada salah satu jenis ikan yang punya kebiasaan yang unik, yaitu menahan napas. Pernah membayangkan bagaimana ikan menahan napas?

2 dari 3 halaman

Tahan Napas di Air

Ikan yang diketahui punya hobi tahan napas ini adalah ikan Coffinfish, seperti yang Liputan6.com lansir dari Azula, Rabu (12/6/2019). Ikan itu adalah coffinfish atau Chaunax endeavouri, ikan yang hidup di dasar lautan seluruh dunia dan jarang dipelajari. Pertama kali ikan ini ditemukan oleh Para ilmuwan dari  National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).

NOAA berhasil merekam sekelompok ikan di Samudera Atlantik dan Pasifik yang ditemukan sering menahan napas itu. Hal ini terlihat saat ikan-ikan coffinfish menahan air di ruang insang tanpa menghirup maupun menghembuskan napas sama sekali. Selain itu, coffinfish juga terlihat menahan napas dalam waktu lama, yaitu sekitar empat menit.

Untuk membuktikan bagaimana ikan-ikan tersebut memang menahan napas hingga bermenit-menit, para ilmuwan tersebut mencoba untuk melakukan CT scan pada spesimen yang ada di museum. Hasilnya, mereka menemukan bahwa ruang insang Coffinfish cukup besar hingga memungkinkan ikan itu menyimpan air selama beberapa menit.

3 dari 3 halaman

Alasan Coffinfish Menahan Nafas di Air

 

Tim ilmuwan pun memiliki dugaan bahwa kebiasaan tersebut membantu Coffinfish untuk menghemat energi. Selain itu, menahan napas membuat si ikan mengembang seperti ikan buntal. Dengan ukuran yang besar, ia dapat terlindung dari pemangsanya.

Coffinfish memiliki panjang kira-kira hanya 10 cm, dan seluruh tubuhnya terlindung oleh duri-duri kecil. Duri kecil tersebut terlihat hanya seperti rambut tapi sangat tajam. Coffinfish biasanya akan menyerang musuh dengan duri-duri tersebut.

Loading