Sukses

Tertinggi di Dunia, Begini Indahnya Istana Pasir di Pulau Reugen

Liputan6.com, Jakarta Pantai merupakan destinasi wisata keluarga yang paling sering dikunjungi. Selain bermain air, aktivitas yang biasa dilakukan saat sedang berada di pantai adalah bermain pasir

Permainan pasir paling populer adalah membuat istana pasir. Tak hanya sekedar mencentak pasir di ember, ternyata membuat istana pasir juga punya cara khusus.

Seni pahatan pasir adalah suatu seni memahat dengan medium pasir yang umumnya berbentuk bangunan misalnya istana. Bahan utama yang digunakan adalah pasir dan air, sehingga umumnya kegiatan ini dilakukan di pantai. Biasanya, berapa tinggi istana pasir yang sering kamu liat atau buat dari pasir pantai?

Pada umumnya orang-orang membuat istana pasir dengan tinggi rata-rata 50-70 centimeter. Perlu perjuangan jika ingin membuat istana pasir dengan tinggi lebih dari 1 meter. Tapi apakah kamu pernah melihat istana pasir dengan tinggi 17 meter?

2 dari 3 halaman

Istana Pasir Tertinggi di Dunia

Sebuah istana pasir yang ada di Jerman berhasil memecahkan rekor sebagai istana pasir tertinggi di dunia. Di Binz, Jerman, tepatnya di Pulau Reugen di Laut Baltik, ada kompetisi tahunan membuat istana dari pasir pantai. Acara tahunan ini bertajuk "Sand Sculptures Festival".

Untuk tahun ini, salah satu istana pasir karya seniman pasir bernama Thomas van Dungen didaulat menjadi istana pasir tertinggi yang pernah dibuat dengan rincian ketinggian 17,66 meter atau sekitar 57,94 kaki.

Tingkat kedetailannya pun bisa terbilang luar biasa. Istana pasir buatan Thomas van Dungen ini dibuat persis seperti istana yang ada di serial film Game of Thrones. Thomas juga memahat seekor naga di kaki dan dinding kastil persis pada film.

Istana yang telah dibuat sejak bulan Mei tersebut menumbangkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh kastil pasir di Duisburg, Jerman pada tahun 2017 dengan ketinggian 16,88 meter.

Seperti istana pasir pada umumnya, bangunan ini tidak akan bertahan lama. Tapi pihak penyelenggara memberi kesempatan untuk para pelancong untuk melihat keindahan istana pasir tertinggi di dunia ini hingga bulan November.

Tiket masuk untuk dapat melihat istana ini sebesar 8,50 euro atau sekitar Rp 137.000. Sementara untuk anak-anak, satu tiket dibanderol 5,50 euro atau sekitar Rp 88.500.

3 dari 3 halaman

Proses Pembuatan

Proses pembuatan istana pasir ini cukup mengesankan. Awalnya Thomas dan timnya yang terdiri dari para seniman dari Belanda, Rusia, Hungaria, Latvia, dan Polandia ini terlebih dulu membat kerucut pasir setinggi 27 meter.

Setelah membuat pondasi berupa kerucut pasir, Thomas dan timnya mulai memahat kerucut pasir tadi menjadi istana pasir yang megah.

Kompetisi sandcastle ini sendiri telah menjadi agenda tahunan pada kalender sosial Binz sejak tahun 2010. Ketika penyelenggaraan akan mulai, para wisatawan berbondong-bondong menyaksikan kesenian pasir kreatif yang tersebar di sekitar pantai Binz.

Jerman memang terkenal dengan pantainya yang memiliki pasir pantai melimpah. Namun untuk kompetisi ini, penyelenggara menggunakan pasir pantai impor dari Belanda karena memiliki struktur yang mudah untuk dipahat.

Loading
Artikel Selanjutnya
Tak Gunakan Binatang, Sirkus Ini Hadirkan Hewan Hologram yang Pukau Penonton
Artikel Selanjutnya
Lolos Uji, Perusahaan Ini Siap Luncurkan Taksi Terbang Pertama di Dunia